Whisky Live, acara premier yang merayakan dunia whisky dengan mempertemukan para pecinta, profesional industri, dan brand ternama dari seluruh dunia, kembali hadir di Jakarta untuk kedua kalinya.
Sebagai bagian dari rangkaian acara internasional yang telah sukses diadakan di di 32 kota besar di dunia seperti Paris, Manila, London, dan Singapura. Whisky Live Jakarta menawarkan pengalaman yang tak tertandingi dalam memahami, mencicipi, dan merayakan whisky.
Mengusung tema “Whisky for Everyone’, Whisky Live Jakarta 2025 berlangsung selama dua hari, yaitu 1 & 2 Februari 2025 di Grand Ballroom Four Seasons Hotel Jakarta.
Acara ini juga akan dihadiri para Brand Ambassador dari berbagai brand ternama seperti Rob Gray sebagai Brand Ambassador Arran Single Malt, Stuart Fear sebagai Brand Ambassador Regional Brown-Forman’s, dan masih banyak lagi yang datang dari negara asal mereka untuk berbagi cerita, menjelaskan karakteristik produk, dan menjamu tamu yang hadir.
Acara ini menghadirkan berbagai program menarik yang telah menjadi ciri khas Whisky Live di seluruh dunia. Whisky Live Jakarta menghadirkan berbagai aktivitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti:
- Whisky Tasting, kesempatan untuk mencicipi ratusan whisky dari berbagai negara, termasuk rilisan eksklusif yang jarang ditemukan di pasaran.
- Masterclasses, sesi edukasi dari para pakar yang membahas teknik mencicipi, proses pembuatan, hingga sejarah unik dari whisky ikonik dunia.
- Brand Exhibitions, menampilkan berbagai merek whisky terkemuka seperti Glenfiddich, The Glenlivet, Jura, dan Tamnavulin.
- Networking Opportunities, ruang bagi para pecinta whisky, profesional industri, dan ahli whisky untuk berbagi pengalaman dalam suasana santai.
Tak hanya itu, pengunjung juga dapat membeli botol whisky secara langsung melalui partner resmi, seperti W-Shop Whisky & Wine Jakarta, Kontener Mart, dan Winestop yang hadir di lokasi.
Beberapa brand whisky yang berpartisipasi juga memberikan fokus pada pengalaman eksklusif mencicipi berbagai varian dan memperkenalkan keunikan produk mereka secara lebih mendalam.
Agung Sentosa, Director of Whisky Live Indonesia, menyampaikan, pihaknya ingin menghadirkan sebuah pengalaman yang tidak hanya merayakan whisky sebagai sebuah produk, tetapi juga sebagai budaya yang menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang.
“Whisky Live Jakarta 2025 adalah wadah untuk berbagi, belajar, dan menemukan hal baru tentang whisky.” Selain itu, Whisky LIve Jakarta 2025 juga menjadi panggung bagi berbagai brand whisky ternama, baik internasional maupun local,” tutur Agung, saat ditemui di Four Season Hotel, Jakarta, Sabtu (1/2/2025).
Dikatakan Agung, tdak hanya mencicipi whisky, pengunjung juga dapat menikmati pengalaman food pairing eksklusif. Hidangan yang disajikan oleh Four Seasons Hotel Jakarta juga melengkapi pengalaman bersantap yang santai namun berkesan, sekaligus memperkenalkan cara baru menikmati whisky dengan paduan makanan yang menarik.
Di sesi ini, para ahli whisky akan berbagi wawasan mendalam tentang karakteristik whisky dan teknik mencicipi yang optimal. Whisky Live Jakarta 2025 juga diramaikan dengan sambutan dari tokoh-tokoh penting, termasuk Ainsley Mann perwakilan Scotland Trade Envoy to Indonesia, dan Hideo Yamaoka, seorang ahli whisky internasional.
Selain sesi utama, Whisky Live Jakarta 2025 juga menghadirkan momen menarik yang membahas perkembangan dunia whisky, tren industri, dan pandangan global tentang masa depan minuman beralkohol premium ini.
Dalam sesi ini, pengunjung juga diajak mengenal lebih dekat dengan sejarah dan kisah menarik yang menjadi bagian dari perjalanan panjang whisky, mulai dari teknik pembuatannya, nilai tradisional yang dijaga, hingga inovasi yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Diskusi ini diharapkan dapat memperkaya perspektif pengunjung tentang bagaimana whisky dapat dinikmati dalam konteks yang lebih luas.
Di kesempatan yang sama, Andrew Sutiono, Technical Adviser Whisky Live Indonesia, menambahkan, Whisky Live Jakarta 2025 bukan hanya soal mencicipi whisky.
“Ini adalah tentang perjalanan mengenal lebih dalam sejarah, tradisi, dan inovasi yang membentuk dunia whisky hari ini,” ujar Andrew.
Andrew juga menekankan bahwa acara ini dirancang untuk menciptakan kenangan bagi setiap pengunjung, baik yang baru pertama kali mencoba whisky maupun mereka yang sudah menjadi penikmat setia.
“Whisky Live Jakarta 2025 tidak hanya merayakan untuk para penggemar whisky, tetapi juga menampilkan kolaborasi antara berbagai bidang dan seni keahlian,” ujar Andrew.
Adapun, salah satu bentuk kolaborasi tersebut adalah dukungan dari SEIKO sebagai sponsor utama. SEIKO menghadirkan koleksi jam tangan eksklusif yang hanya tersedia di booth selama acara berlangsung, memberikan sentuhan elegan yang melengkapi pengalaman para pengunjung.
“Hal yang paling penting dari whisky adalah tentang waktu. Oleh karena itu, Whisky Live Jakarta memilih SEIKO sebagai mitra utama untuk acara ini,” ungkap Andrew Sutiono.
Pernyataan ini merefleksikan sinergi nilai antara whisky dan SEIKO yang memberikan dimensi baru dalam apresiasi terhadap whisky.
Sebagai informasi, Whisky Live merupakan festival whisky terbesar di dunia, menghubungkan pecinta whisky, professional industri, serta produsen whisky ternama dari seluruh dunia.
Whisky Live Jakarta 2025 menawarkan pengalaman eksklusif bagi para pengunjung untuk mencicipi berbagai jenis whisky premium, mengikuti sesi edukasi tentang pembuatan whisky, serta berinteraksi langsung dengan brand dan ahli whisky internasional.
Pada Whisky Live Jakarta 2025, para pengunjung berkesempatan untuk mencicipi lebih dari 200 jenis whisky dan minuman beralkohol lainnya, termasuk brand internasional dan pilihan whisky tertua dan langka.
Whisky Live Jakarta bertujuan untuk memperkaya pengalaman para pecinta whisky dan menjadi wadah bagi pengembangan komunitas whisky di Indonesia.