Sebagai brand kecantikan kenamaan di Tanah Air, Wardah semakin memperkuat posisinya sebagai The Color Expert. Melalui event transformatif pertama di Indonesia yang mengintegrasikan sains, seni, teknologi, serta kolaborasi dengan pakar kecantikan dan warna global, Wardah menghadirkan Wardah Colourverse.
Dalam event ini, Wardah turut memperkenalkan Beauty AI Personal Colour, teknologi pertama di Asia Tenggara yang dirancang untuk membantu para perempuan, khususnya, menentukan warna personal secara lebih presisi.
Beauty AI Personal Colour ini mengadopsi pendekatan ilmiah dalam menganalisis tiga parameter utama. Di antaranya adalah hue (warm atau cool undertones), saturation (vivid atau muted), dan brightness (light atau deep), untuk menciptakan lima kelompok warna bibir unik dan profil warna musiman.
Berbasis riset mendalam terhadap perempuan Indonesia dan Asia Tenggara, Wardah Color Intelligence™ dirancang secara presisi untuk menyesuaikan warna kosmetik dengan berbagai tone kulit dan warna bibir, menciptakan pengalaman kecantikan yang lebih personal dan akurat.
“Pertama membuat ide Beauty AI Personal Colour ini kita punya ide gimana caranya wanita Indonesia bisa screening dulu at home dan bisa tahu cara memilih warna makeup yang tepat, gimana caranya mendatangkan hal tersebut di dalam rumah masing-masing? Karena itu kita coba membuat idea untuk membuat AI Personal Colour,” ujar Tim Research & Development Wardah, Sheila, dalam peluncuran Wardah Colourverse di Mall Senayan City Jakarta, Jumat (7/2/2025).
Baca Juga: Wardah Perkenalkan Rangkaian 1% Microcapsule Retinol & 3% Ceramide untuk Kulit Lebih Kenyal
“Kita harapkan goals-nya bisa membantu teman-teman untuk screening di rumah. Meskipun tetap harus ke expert, tapi screening ini sangat helpfull untuk setidaknya kita sudah tahu undertone kulit kita,” tambahnya.
Seiring dengan berkembangnya tren personal colour secara global, konsumen semakin menyadari pentingnya memilih warna yang lebih personal dan inklusif, selaras dengan skintone dan undertone mereka.
Di berbagai negara, teknologi dan pendekatan berbasis sains telah diterapkan untuk memastikan akurasi dalam pemilihan warna. Adapun di Asia Tenggara, tren ini semakin berkembang, mendorong inovasi yang memungkinkan hasil lebih presisi dan sesuai dengan karakter individu.
“Tren Global Color membantu individu menemukan produk kecantikan yang selaras dengan warna kulit dan kepribadiannya. Namun, perbedaan genetik dan undertone di setiap wilayah membuat pendekatan ini tidak bisa disamaratakan. Melalui Wardah Color Intelligence, kami menghadirkan solusi personal color test berbasis teknologi untuk hasil lebih akurat, memastikan perempuan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, dapat memilih warna yang benar-benar sesuai dengan karakter dan preferensi mereka,” tutur Thalia Nghiem, Application Lab Senior Scientist at Kobo Products Asia Pacific.
Wardah Colourverse merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam membangun ekosistem kecantikan yang lebih inklusif dan transformatif bagi perempuan Asia, khususnya Indonesia. Event ini dirancang untuk membantu perempuan Indonesia maupun Asia Tenggara, menemukan personal colour-nya sesuai dengan skintone dan undertone masing-masing, sehingga mereka dapat mengekspresikan diri dengan lebih percaya diri.
Baca Juga: Berdasarkan Hasil Riset Skin-tone Perempuan Indonesia, Wardah Luncurkan The New Era Cushion
“Kami percaya bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan alami yang mencerminkan keunikan diri mereka. Untuk itu, melalui ajang ini, kami tidak hanya ingin memberikan solusi tepat bagi mereka untuk menemukan warna yang sesuai dengan karakter dan kepribadian mereka, namun juga memberdayakan mereka agar dapat mengekspresikan diri dengan lebih autentik dan percaya diri,” ujar Findi Novia Lusintasari, Halal Beauty Decorative Marketing Group Head of ParagonCorp, dalam kesempatan yang sama.
Wardah Colourverse membuka babak baru dalam industri kecantikan yang terus berkembang dengan menghadirkan ragam inisiatif yang dapat menjawab kebutuhan konsumen yang semakin beragam.
Saat ini, Wardah juga tengah mengembangkan Wardah Personal Colour System yang dirancang untuk membantu konsumen menemukan personal colour yang sesuai dengan skin tone dan undertone perempuan di Asia Tenggara khususnya di Indonesia, sehingga memungkinkan mereka dapat mengekspresikan keunikan diri mereka dengan warna yang paling sesuai, dan memberikan solusi kecantikan yang lebih terpersonalisasi serta relevan dengan tren yang terus berkembang.
Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 16 Februari ini juga akan menghadirkan serangkaian kegiatan menarik yang dapat diikuti oleh pengunjung, seperti ragam talkshow seputar kecantikan, serta enam zona interaktif berbasis teknologi ColorIQ yang dapat membantu pengunjung untuk menyelami lebih dalam tentang dunia warna dan makeup sekaligus menemukan warna yang tepat, sesuai dengan karakter mereka, seperti Tunnel of Harmony yang menyajikan eksplorasi warna secara immersive, sementara Virtual Colourverse Studio dan Colourverse Studio menawarkan konsultasi dengan ahli personal colour Wardah untuk membantu pengunjung menemukan warna yang paling sesuai dengan karakteristik mereka.
Baca Juga: Eks Menlu Retno Marsudi Resmi Jadi Board of Council Paragon Wardah Stewardship for Global Change
Adapun teknologi interaktif di Colour Intelligence, seperti Cushion Matic dan Automatic Lip Machine, memungkinkan pengunjung mengidentifikasi personal colour mereka secara akurat dan memungkinkan mereka untuk menciptakan cushion serta lipstik yang dipersonalisasi.
Selain itu, Seasons of Wonders menghadirkan area estetik yang ideal untuk berfoto, sedangkan Colour Innovation Technology memungkinkan pengunjung mengeksplorasi produk Wardah yang dirancang sesuai dengan berbagai personal colour. Menutup pengalaman ini, Colourverse Cafe and Store menawarkan suasana belanja yang nyaman dan menyenangkan.
Melalui kehadiran Wardah Colourverse, Wardah berharap dapat terus memperkaya pengalaman kecantikan bagi perempuan Indonesia dan Asia Tenggara, serta membawa dampak positif melalui inovasi yang berkelanjutan. Melalui inovasi dalam personal color, Wardah berharap dapat memperkuat posisinya sebagai Color Expert sekaligus mempertahankan statusnya sebagai brand kecantikan halal nomor 1 di Indonesia.