ADGI Design Week 2024 resmi dibuka, kalo ini bertempat di Urban Forest Cipete, Jakarta. Dengan mengusung tema "Katalis", acara ini mengangkat peran desain grafis sebagai pemicu perubahan yang mendorong inovasi, memperkuat koneksi sosial, dan memajukan berbagai industri.
Ritchie Ned Hansel, Chairman of ADGI Indonesia mengungkapkan bahwa yang melatar belakangi pemilihan tema “Katalis” adalah karena adanya medium perubahan bagi sejumlah desain grafis di Indonesia pada era ini.
“Kenapa katalis? Katalis itu artinya medium over, perubahan. Kalau kita melihat desain grafis sejauh ini, apa yang kita rasakan, apa yang kita berikan manfaatnya ke masyarakat dan industri. Kita itu jadi medium perubahan. Kalau kita melihat kita hari ini di packaging, di logo menjual prodak, yang tadinya hanya ada dua komoditas, itu bisa jadi brand, dengan nilai tambah. Dan yang sudah kita komunikasikan, ini menjadi nilai ekonomi grafis,” ujar Ritchie Ned Hansel, Chairman of ADGI Indonesia dalam konferensi pers ADGI Design Week 2024, pada Rabu (11/12/2024).
Menunjang tema yang ada, ADGI menampilkan beberapa program unggulan yang ada, yaitu mencakup pameran-pameran inspiratif seperti GRAFIS'24, Museum Desain Grafis Indonesia, Peeling D&AD, dan COMPASS X ADGI, yang masing-masing menawarkan perspektif unik tentang kekuatan dan dampak desain grafis.
Selain itu, yang menjadi titik pusat pameran utama adalah GRAFIS'24. ADGI Design Week 2024 pada pameran GRAFIS'24 kali ini menampilkan karya dari 66 studio desain grafis terbaik di Indonesia, menunjukkan bagaimana desain grafis menjadi lokomotif ekonomi kreatif.
“Hari ini Asosiasi Desain Grafis Indonesia yang kita harap bisa beri kemajuan ke depannya ingin memperkenalkan industri kita hari ini, kita luncurkan Grafis 24, pameran desain grafis Indonesia, ada 66 desain studio yang terkurasi selama satu minggu dan telah di kurasi oleh para kurator. Kita sudah bekerja cukup panjang untuk kurasi ini dan akhirnya terseleksi dan sekarang telah disertakan di pameran yang bisa dilihat,” ucap Ritchie.
Melengkapi ADGI Design Week 2024, Museum Desain Grafis Indonesia mengangkat sejarah dan evolusi desain grafis di tanah air dengan menampilkan arsip desain grafis dari masa ke masa.
Pameran Peeling D&AD juga hadir dan telah bekerjasama dengan organisasi desain internasional D&AD, membawa perspektif global ke ADGI Design Week dengan menampilkan karya-karya pemenang penghargaan D&AD 2024 dari komunitas kreatif terkemuka dunia, termasuk karya desainer grafis Jordan Marzuki yang memenangkan penghargaan kategori Book Design.
Dalam hal ini, selain menampilkan karya-karya inovatif dari desainer ternama, ADGI Design Week 2024 juga memberikan ruang bagi desainer muda untuk menunjukkan kreativitas mereka. Dengan berbagai kegiatan yang dirancang untuk memperdalam pemahaman tentang peran desain dalam masyarakat modern.
“Ya, tanpa adanya dukungan teman-teman yang terlibat di production mungkin hari ini tidak akan terjadi. Harapannya, hari ini Asosiasi Desainer Grafis Indonesia dari para profesional desainer grafis, kita berbasiskan merit dan ethics. Dan visi untuk Indonesia tahun 2045, semoga bisa maju lebih jauh lagi dan mohon dukungannya support-nya karena hasil pencapaiannya ini untuk kita semua Indonesia, terimakasih,” ungkap Ritchie.
Untuk diketahui, ADGI Design Week 2024 berlangsung dari 11-15 Desember 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta. Pengunjung dapat menjelajahi pameran, mengikuti diskusi inspiratif dengan pembicara dalam dan luar negeri, dan berpartisipasi dalam workshop interaktif yang merayakan peran dinamis desain grafis dalam membentuk masyarakat dan industri.