Tetra Pak, perusahaan solusi pemrosesan dan pengemasan makanan, secara resmi membuka Customer Innovation Center (CIC), pusat inovasi pelanggan di Bangkok, Thailand. Fasilitas ini dibangun untuk membantu pelaku usaha industri makanan dan minuman (F&B) dalam mengubah ide mereka menjadi suatu produk dan bersolusi inovatif demi memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Berlokasi di kantor Tetra Pak, Bhiraj Tower di EmQuartier, CIC Bangkok dirancang menjadi pusat kolaborasi dan inovasi yang memungkinkan pelaku usaha untuk meningkatkan efisiensi pengembangan produk dan mempercepat waktu peluncuran ke pasar melalui solusi mutakhir. Acara peresmian yang diadakan pada 14 Mei 2025 ini dihadiri para tamu kehormatan dan pemangku kepentingan industri, termasuk Mr. Per Linnér, Deputi Perwakilan Misi, Duta Besar Swedia untuk Thailand, perwakilan dari Business Sweden dan Kamar Dagang Swedia-Thailand serta pelanggan juga mitra Tetra Pak.

Baca Juga: Inovasi Jadi Senjata MILKLAB Gaet Konsumen Kopi Indonesia

CIC Bangkok dirancang sebagai lingkungan kondusif yang mendukung inovasi dan eksplorasi peluang pertumbuhan baru. CIC menawarkan rangkaian layanan lengkap bagi para pelaku usaha, mulai dari penciptaan konsep hingga peluncuran produk. Layanan tersebut dibuat untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dengan menerapkan 5 (lima) langkah komprehensif, seperti:

  • Penemuan Wawasan (Insight Discovery): Melakukan riset mendalam untuk memahami dinamika pasar dan kebutuhan konsumen;
  • Pendalaman Kategori (Category Immersion): Mengidentifikasi peluang pasar dan tren global untuk merancang strategi bisnis yang relevan dan terarah;
  • Ajang Inovasi (Innovation Showcase): Menampilkan solusi inspiratif dari seluruh dunia untuk memicu kreativitas dan kemungkinan pengembangan produk baru;
  • Ruang Ko-Kreasi (Co-Creation Space): Menyediakan lingkungan kolaboratif untuk menghasilkan dan menyempurnakan ide-ide inovatif;
  • Pembuatan Prototipe (Prototyping): Mengembangkan prototipe nyata secara cepat untuk pengujian, mendapatkan respons balik, dan penyempurnaan sebelum diluncurkan ke pasar.

"Seiring dengan adanya perubahan prioritas, kebutuhan akan pendekatan produksi pangan yang berkelanjutan dan inovatif juga meningkat. Di Tetra Pak, kami percaya bahwa inovasi adalah kunci untuk tetap kompetitif. Peluncuran CIC Bangkok menegaskan komitmen kami dalam membantu industri menghadapi perubahan dan menggali potensi pertumbuhan baru," ujar Julia Luscher, Vice President Marketing, Market Operations Tetra Pak, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (16/5/2025). 

Dengan penjualan makanan dan minuman kemasan di Indonesia yang mencapai angka sebesar US$40,11 miliar (Rp601,65 triliun) pada 2023, sektor ini terus menunjukkan ketahanan yang kuat dan potensi pertumbuhan yang besar, apalagi didukung oleh jumlah penduduk yang melebihi 275 juta jiwa. Peluncuran CIC Bangkok menghadirkan peluang tepat bagi pelaku usaha F&B Indonesia dalam mempercepat inovasi; mengembangkan solusi yang relevan bersama-sama; dan memperoleh akses lebih cepat terhadap produk siap pasar.

CIC Bangkok telah menjadi bagian dari jaringan global Tetra Pak, bersama dengan fasilitas serupa di Amerika Serikat, Swedia, Italia, Dubai, dan Brasil. Pada 2026, Tetra Pak berencana membuka Pusat Pengembangan Produk di Rayong, Thailand, di mana para pelaku usaha dapat menguji produk terbaru dan mengidentifikasi peralatan pemrosesan yang tepat untuk  produksi dalam skala besar.