Memasuki satu dekade kiprahnya sebagai pionir omni-channel beauty retailer di Indonesia, Sociolla kembali menghadirkan Sociolla Award 2025.

Tahun ini, penghargaan tahunan tersebut dikemas lebih istimewa melalui kurasi eksklusif “100 Hotlist”, daftar 100 produk kecantikan dari 58 brand ternama, yang dipilih secara komprehensif berdasarkan real user reviews, performa penjualan, serta analisis tren dari Soco Insight Factory.

Ghea Yantra, selaku SVP Marketing Operations Social Bella, menegaskan bahwa Sociolla sejak awal berkomitmen membangun ekosistem kecantikan yang kredibel dan transparan.

“Selama 10 tahun, kami tidak hanya hadir sebagai omni-channel retailer terpercaya, tapi juga menciptakan ekosistem kecantikan yang lengkap. Hingga kini, kami punya lebih dari 7,6 juta pengguna dan lebih dari 3,5 juta ulasan di Soco App, serta lebih dari 125 toko di 55 kota Indonesia. Semua produk yang kami hadirkan pasti autentik, aman, dan relevan bagi para beauty enthusiast,” papar Ghea, saat Press Conference Kick-Off Sociolla Award 2025, di Jakarta, Senin (29/9/2025).

Menurutnya, kurasi 100 Hotlist menjadi tonggak baru dalam penyelenggaraan Sociolla Award.

“Produk yang masuk hotlist harus memenuhi tiga pilar, yakni punya rating minimal 4,5 dari pengguna, memiliki catatan penjualan konsisten sepanjang Juni 2024–Juni 2025, dan relevan dengan tren yang terdeteksi oleh Soco Insight Factory. Dari 100 hotlist inilah publik bisa menentukan pemenang melalui proses voting terbuka di Soco App hingga 29 Oktober 2025,” jelasnya.

Transparansi dan Inovasi dalam Penjurian

Sementara itu, Amanda Melissa, selaku VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, menambahkan bahwa sistem baru ini membuat penghargaan lebih holistik dibanding award kecantikan lainnya.

“Kami ingin memastikan produk yang terpilih memang the best of the best. Review real shopper dengan rating di atas 4,5 menjamin kualitas, data penjualan menunjukkan konsistensi dan repurchase, sementara analisis tren memastikan produk relevan dengan kebutuhan konsumen hari ini. Tapi ujungnya, siapa pemenangnya tetap ditentukan publik lewat voting. It’s a game changer,” terang Amanda.

Lebih jauh, Amanda menilai kombinasi review, sales, dan tren menjadikan Sociolla Award berbeda dari penghargaan lain di Indonesia.

“Kita satu-satunya yang bisa menghadirkan award yang benar-benar holistik. Nggak hanya sales, nggak hanya review, tapi gabungan data yang utuh. Harapannya, brand pemenang bisa menginspirasi konsumen sekaligus memotivasi brand lain untuk terus berinovasi,” tambahnya.

Baca Juga: Love Local 2025: Cara Sociolla Rayakan Kemerdekaan dengan Dukung Brand Lokal

Ekosistem, Brand Lokal, dan Tren Industri

Lebih lanjut, Ghea juga menegaskan komitmen Sociolla untuk mendukung perkembangan industri kecantikan Indonesia, termasuk brand lokal. Saat ini, lebih dari 200 brand lokal telah bergabung dalam jaringan distribusi Sociolla melalui kampanye Love Local.

“Kami ingin Sociolla Award menjadi tolok ukur baru di industri kecantikan, mendorong brand-brand untuk menghadirkan produk yang lebih baik lagi, sekaligus membantu konsumen menemukan produk yang paling sesuai kebutuhan mereka,” ungkap Ghea.

Sementara itu, Amanda mengungkap faktor-faktor yang mendorong pergeseran tren makeup dan skincare di Indonesia, mulai dari meningkatnya literasi kecantikan, perubahan demografi, hingga perkembangan teknologi.

“Konsumen sekarang jauh lebih pintar, lebih detail, dan lebih demanding. Mereka mencari produk yang bukan hanya efektif, tapi juga sesuai kebutuhan spesifik. Inilah yang membuat industri makin dinamis,” jelas Amanda.

Dijelaskan Amanda, Sociolla pun memanfaatkan data masif dari Soco Insight Factory untuk tidak hanya memprediksi, tapi juga menciptakan tren baru.

“Data kami bisa menunjukkan apa yang sedang diminati dan apa yang akan menjadi tren 2–3 tahun ke depan. Dari situ, kami bersama brand menghadirkan produk yang sesuai, lalu mendistribusikannya secara cepat melalui jaringan omni-channel kami,” tutur Amanda.

Kemudian, Ghea menuturkan, sebagai bagian dari perayaan 10 tahun, Sociolla juga menghadirkan sejumlah rangkaian acara hingga akhir tahun.

Menurutnya, setelah peluncuran Sociolla Award 2025, akan digelar Sociolla K-Beautyland pada 1–5 Oktober di Central Park, serta kampanye tahunan Sociolla Beauty Wonderland di seluruh toko hingga Desember.

Sociolla juga mengajak media berpartisipasi dalam kompetisi konten Media Reward dengan total hadiah Rp27 juta.

“Kepercayaan konsumen adalah aset paling berharga bagi setiap brand. Dengan award ini, kami ingin menghadirkan proses yang kredibel, transparan, dan relevan, sekaligus merayakan semangat inovasi di industri kecantikan Indonesia,” tutup Ghea.

Baca Juga: 4 Tren Kecantikan 2025 ala Sociolla, Bikin Kulit Glowing Sepanjang Masa