Memasuki satu dekade kiprahnya sebagai pionir omni-channel beauty retailer di Indonesia, Sociolla kembali menghadirkan Sociolla Award 2025.
Tahun ini, penghargaan tahunan tersebut dikemas lebih istimewa melalui kurasi eksklusif “100 Hotlist”, daftar 100 produk kecantikan dari 58 brand ternama, yang dipilih secara komprehensif berdasarkan real user reviews, performa penjualan, serta analisis tren dari Soco Insight Factory.
Ghea Yantra, selaku SVP Marketing Operations Social Bella, menegaskan bahwa Sociolla sejak awal berkomitmen membangun ekosistem kecantikan yang kredibel dan transparan.
“Selama 10 tahun, kami tidak hanya hadir sebagai omni-channel retailer terpercaya, tapi juga menciptakan ekosistem kecantikan yang lengkap. Hingga kini, kami punya lebih dari 7,6 juta pengguna dan lebih dari 3,5 juta ulasan di Soco App, serta lebih dari 125 toko di 55 kota Indonesia. Semua produk yang kami hadirkan pasti autentik, aman, dan relevan bagi para beauty enthusiast,” papar Ghea, saat Press Conference Kick-Off Sociolla Award 2025, di Jakarta, Senin (29/9/2025).
Menurutnya, kurasi 100 Hotlist menjadi tonggak baru dalam penyelenggaraan Sociolla Award.
“Produk yang masuk hotlist harus memenuhi tiga pilar, yakni punya rating minimal 4,5 dari pengguna, memiliki catatan penjualan konsisten sepanjang Juni 2024–Juni 2025, dan relevan dengan tren yang terdeteksi oleh Soco Insight Factory. Dari 100 hotlist inilah publik bisa menentukan pemenang melalui proses voting terbuka di Soco App hingga 29 Oktober 2025,” jelasnya.
Transparansi dan Inovasi dalam Penjurian
Sementara itu, Amanda Melissa, selaku VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, menambahkan bahwa sistem baru ini membuat penghargaan lebih holistik dibanding award kecantikan lainnya.
“Kami ingin memastikan produk yang terpilih memang the best of the best. Review real shopper dengan rating di atas 4,5 menjamin kualitas, data penjualan menunjukkan konsistensi dan repurchase, sementara analisis tren memastikan produk relevan dengan kebutuhan konsumen hari ini. Tapi ujungnya, siapa pemenangnya tetap ditentukan publik lewat voting. It’s a game changer,” terang Amanda.
Lebih jauh, Amanda menilai kombinasi review, sales, dan tren menjadikan Sociolla Award berbeda dari penghargaan lain di Indonesia.
“Kita satu-satunya yang bisa menghadirkan award yang benar-benar holistik. Nggak hanya sales, nggak hanya review, tapi gabungan data yang utuh. Harapannya, brand pemenang bisa menginspirasi konsumen sekaligus memotivasi brand lain untuk terus berinovasi,” tambahnya.
Baca Juga: Love Local 2025: Cara Sociolla Rayakan Kemerdekaan dengan Dukung Brand Lokal