Radynal menjelaskan bahwa pelatihan ekspor ini akan diselenggarakan secara hybrid di beberapa kota di Indonesia.

“Pelatihan bagi 1.000 Santriwan dan Santriwati akan dilangsungkan secara bertahap di beberapa kota di Indonesia. Kami juga telah menyiapkan metode pembelajaran bagi para santri sesuai dengan kurikulum Program Ekspor Shopee dengan modul-modul yang diharapkan dapat memberikan wawasan seputar bisnis digital dan e-commerce, hingga kiat-kiat dalam mengekspor produk lokal karya santri ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin bersama lebih dari 26 juta produk UMKM lainnya yang sudah berhasil ekspor bersama Shopee,” jelas Radynal. 

Penyelenggaraan pelatihan ekspor ini terbagi ke dalam lebih dari 20 Batch dan dilaksanakan secara online dan offline mulai 29 Mei-31 Agustus 2024 di beberapa provinsi di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan, Sulawesi, Tangerang Raya, Bogor, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Solo Raya, DIY, Jawa Timur, Malang Raya, dan Bali - Nusa Tenggara. Para Santri akan diberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan yang meliputi beberapa modul seputar bisnis digital dan e-commerce hingga ekspor, di antaranya: 

  • Modul 1: Membuka Wawasan Bisnis Digital & Berjualan di E-Commerce
  • Modul 2: Persiapan & Langkah Berjualan di Shopee dan Manajemen Toko
  • Modul 3: Cara Memproses Pesanan di Shopee
  • Modul 4: Program dan Fitur Promosi di Shopee
  • Modul 5: Program Ekspor Shopee 

Radynal melanjutkan, nantinya, tidak hanya pelatihan bisnis digital dan ekspor, para Santri juga akanberkesempatan untuk bisa mendapatkan Sertifikasi Halal melalui Shopee yang menjadi kerja sama Shopee Barokah dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bagi Shopee Barokah, dan bangga bisa mendampingi langkah para Santri untuk memperluas dampak positif bagi sesama,” tutup Radynal. 

Sebelumnya, Shopee Barokah meluncurkan beberapa inisiatif sejalan dengan komitmen berkelanjutan ‘Shopee Ada Untuk UMKM’ guna mendukung perkembangan para UMKM, santri, dan pondok pesantren di Indonesia, seperti fasilitas Sertifikasi Halal di Seller Center Shopee, Kompetisi Bisnis Digital ‘Santripreneur’ bagi para santri di 4 kota, serta menghadirkan kampanye dengan promo menarik mulai dari Shopee Barokah ‘Semarak Hari Hijab Sedunia’, Semarak Isra Miraj, dan ‘Semarak Ramadan’. 

Baca Juga: Bicara Mitos Time Freedom Entrepreneur, Pinpin Bhaktiar: Bisnis Tak Bisa Dibangun dengan Semangat Jalan-jalan