Maskapai nasional Garuda Indonesia dan Singapore Airlines melakukan perluasan kerja sama komersial keduanya melalui kerja sama frequent flyer program. Melalui kerja sama ini, baik anggota GarudaMiles maupun anggota KrisFlyer akan dapat meningkatkan jumlah maupun melalukan redemption miles yang dimiliki melalui penerbangan codeshare yang dioperasikan oleh kedua maskapai.
Lebih lanjut, kedua maskapai juga memperkuat komitmennya dalam mendukung upaya pengembangan pariwisata kedua negara melalui kolaborasi strategi pemasaran. Inisiatif ini mencakup upaya bersama dalam menarik wisatawan ke Indonesia, termasuk pelaksanaan familiarisation trips baik bagi travel agent maupun media.
Baca Juga: Produksi Sandal Berkualitas, Gripp Marketing Indonesia Ajak Kerja Sama Produsen Asal Thailand
"Kerja sama ini menjadi fase monumental bagi kami yang turut menggenapi 58 tahun kiprah Garuda Indonesia dalam menghubungkan Indonesia dan Singapura melalui layanan rute penerbangan Jakarta–Singapura. Ke depannya, kami harapkan kerja sama ini akan dapat terus dikembangkan melalui hadirnya kolaborasi strategis bersama Singapore Airlines terhadap berbagai sektor ekonomi strategis antarkedua negara," ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dikutip Senin (27/5/2024).
Dengan perluasan kerja sama ini, jelas Irfan, diharapkan menghadirkan lebih banyak pilihan nilai tambah layanan penerbangan antara Singapura dan Indonesia yang dapat diakses baik dari Garuda Indonesia maupun Singapore Airlines.
Selain program frequent flyer dan joint promotion tourism, melalui perluasan kerja sama tersebut, kedua maskapai juga sepakat untuk membuka peluang potensi kerja sama sharing revenue yang saat ini tengah dikaji dengan mengacu kepada ketentuan regulasi yang berlaku.
Rencana pengembangan kerja sama tersebut merupakan bagian tindak lanjut dari inisiatif rencana kerja sama joint venture yang secara intensif mulai dijajaki sejak tahun 2023 lalu dan saat ini terus dimatangkan antara kedua maskapai.