Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar menggandeng jajaran pelaku industri teknologi global yang terdiri dari Unreal Engine Indonesia Chapter, komunitas yang mendalami software terdepan dalam pengembangan animasi dan efek visual, penyedia solusi grafis NVIDIA, hingga pembuat perangkat keras Gigabyte untuk mengadakan lokakarya bersama guna memperkuat pengembangan industri film dan animasi di Bali. Inisiatif ini merupakan bagian dari rangkaian pelatihan BDI Denpasar yang ditujukan untuk mahasiswa vokasi, mahasiswa universitas, hingga pekerja awal karier di bidang film dan animasi.

Kolaborasi ini menghadirkan Dimitri Josephine Sahertian, Unreal Engine Authorized Instructor sekaligus Leader Unreal Engine Indonesia Chapter, instruktur wanita pertama di Indonesia yang memegang sertifikat langsung dari Unreal Engine. Ia membagikan pelatihan serta materi edukasi terkini yang dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan tentang penggunaan Unreal Engine dalam pembuatan animasi dan efek visual kelas dunia.

Baca Juga: Ini Dia Tiga IKM yang Jadi Juara Kompetisi Startup Kosmetik Kemenperin

Selain itu, turut hadir NVIDIA dan Gigabyte yang memberikan dukungan berupa perangkat keras canggih yang dirancang khusus untuk kebutuhan industri kreatif. Teknologi mutakhir yang disediakan akan memastikan peserta mendapatkan pengalaman belajar optimal dan mampu mengeksplorasi potensi penuh dari software Unreal Engine.

Berdasarkan data dari Lembaga Demografi FEB UI, subsektor film animasi dan video pada tahun 2020 memberikan sumbangsih sebesar 0,21% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) nasional dan serapan pekerja sebanyak 42.053 individu, masih ada ruang pertumbuhan bagi subsektor film dan animasi, khususnya di Bali yang selama ini konsisten menjadi lokasi syuting favorit untuk film-film internasional dan didukung komunitas perfilman yang terus berkembang. Ditopang talenta-talenta kreatif yang mumpuni, Bali sangat berpotensi menjadi pusat industri perfilman Indonesia.

Masrokhan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, mengemukakan bahwa pengembangan industri kreatif tidak hanya bertujuan untuk kesinambungan ekonomi itu sendiri, tetapi juga berperan mempromosikan pertumbuhan yang inklusif, termasuk membuka lapangan pekerjaan untuk generasi muda yang merupakan populasi terbesar di Indonesia saat ini.

"Indonesia adalah salah satu contoh negara yang telah merasakan keuntungan dari tumbuhnya industri kreatif. Para generasi muda memiliki potensi yang luar biasa dan perlu diasah serta dikembangkan melalui program-program yang relevan dengan kebutuhan industri," ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (23/12/2024).

Arga Mahendra, Kepala BDI Denpasar, menyatakan bahwa BDI Denpasar sebagai satuan kerja di bawah BPSDMI Kemenperin menyambut baik kolaborasi ini. Dukungan dari Unreal Engine Indonesia Chapter, NVIDIA, dan Gigabyte memungkinkan BDI Denpasar untuk memberikan pelatihan yang lebih berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini. "Kami berharap program ini dapat menciptakan tenaga kerja kreatif yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," imbuh Arga.

Materi pelatihan yang diberikan tersebut selaras dengan kecakapan yang paling dibutuhkan oleh pelaku subsektor film dan animasi di Indonesia, yakni pembuatan aset animasi 3 dimensi (3D) sekaligus pembuatan gerak animasi 3D. Jumlah lulusan program pendidikan dan pelatihan (diklat) 3 in 1 yang diselenggarakan BDI Denpasar mencapai sebanyak 2.150 orang lulusan pada 2022 dan 2.996 orang lulusan pada 2023 sehingga kolaborasi ini diharapkan dapat makin melengkapi talenta dalam negeri.

"Ketertarikan dan motivasi saya untuk berkontribusi dalam seminar ini didasari keyakinan bahwa generasi muda harus senantiasa mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini tumbuh dengan pesat. Harapan saya, kita dapat mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang telah lebih dahulu memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal. Saya pribadi berharap dapat senantiasa berperan dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di sektor industri kreatif," ujar Dimitri.

"Teknologi NVIDIA GeForce RTX tengah meningkatkan performa dan kapabilitas dari Unreal Engine 5 dan menghadirkan real time graphics dan pengalaman yang paling imersif serta realistis. Melalui integrasi fitur-fitur termutakhir seperti DLSS (Deep Learning Super Sampling), RTX Global Illumination (RTXGI), dan RTX Direct Illumination (RTXDI), kreator dari berbagai industri, termasuk perfilman, akan dimampukan untuk menciptakan konten dengan kualitas tidak tertandingi serta mendobrak real-time 3D rendering dan pengalaman-pengalaman interaktif," ungkap Adrian Lesmono, Country Consumer Business Lead, Indonesia, NVIDIA.

Salah satu fokus utama dari pelatihan ini adalah mendorong pemanfaatan teknologi real-time rendering yang makin menjadi standar dalam industri film dan animasi. Peserta akan mempelajari teknik-teknik terbaru, mulai dari penciptaan aset digital hingga pengembangan narasi interaktif yang dapat meningkatkan kualitas produksi mereka. Memasuki era kecerdasan artifisial (AI), mereka juga diajarkan bagaimana meningkatkan kualitas serta produktivitas kerja mereka dengan menggunakan teknologi AI yang telah disematkan pada software Unreal Engine.

"Kami melihat pentingnya mempersiapkan angkatan kerja Indonesia yang mampu beradaptasi dengan disrupsi AI. Mengusung slogan Train Your Own AI on Your Desk, Gigabyte sebagai produsen perangkat keras bertaraf dunia menghadirkan perangkat terbaru bernama AI TOP. Dengan AI TOP, pengguna dapat memaksimalkan kapabilitas AI pada Unreal Engine dengan mudah," tegas Abraham Goyomulia, Country Product and Sales Lead, Indonesia, Gigabyte.