2. Fashion

Kanal fashion yang lengkap dengan pilihan untuk wanita, pria, anak-anak, dengan penawaran harga terbaik, membuat kategori ini tetap menjadi primadona bagi pelanggan Lazada. Menariknya, aksesoris menjadi produk yang paling banyak dibeli di tahun lalu. Aksesoris khusus rambut, seperti jepit rambut termasuk ‘jedai’ aneka warna, pita dan ikat rambut, mendominasi keranjang belanja pelanggan, dengan penjualan yang meningkat puluhan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Kaos kaki juga menjadi aksesoris yang banyak dibeli, terutama kaos kaki anak sekolah. 

Saat Harbolnas Lazada 12.12 lalu berlangsung, sepatu olahraga menjadi incaran konsumen, diikuti dengan pakaian dan tas olahraga. Penawaran Lazada akan kemudahan pengembalian barang di Lazada membuat pelanggan tidak ragu membeli produk fashion seperti sepatu dan pakaian. 

Pada tahun 2025, Lazada memperkirakan produk fashion yang mendukung gaya hidup sporty dan stylish akan terus berkembang dan membuka peluang bagi pebisnis online.

3. Beauty

Sama halnya dengan kategori groceries dan fashion, produk kecantikan harian atau perawatan tubuh juga menjadi barang yang paling laris dibeli pelanggan sepanjang tahun 2024. Penjualan sabun mandi menjadi barang terlaris dan meningkat sebanyak enam kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, diikuti oleh kapas wajah, dan acne patch. 

Produk kecantikan lokal juga masih terus memiliki tempat yang spesial di hati para pelanggan Lazada. Produk skincare khusus pria dan parfum juga menjadi produk yang menonjol di kategori beauty, dengan puluhan ribu parfum dari berbagai brand terjual saat Harbolnas Lazada 12.12 yang lalu. 

Baca Juga: Dorong Logistik eCommerce Berkelanjutan, Lazada Resmikan Penggunaan Panel Surya di Gudang Utama

4. Elektronik

Sederhana namun penting, ternyata pengaman kabel jadi aksesoris elektronik yang paling banyak dibeli di Lazada sepanjang tahun, diikuti dengan mini fan yang sempat menjadi tren dengan berbagai variasi bentuk dan warna yang menarik, serta headset. 

Promo tanggal kembar pun dimanfaatkan pelanggan untuk membeli produk dengan harga yang lebih fantastis, dengan smartphone dan ragam perangkat audio speaker menjadi barang yang paling banyak dibeli. Selain itu, tingkat kepercayaan pelanggan Lazada untuk membeli perangkat elektronik berukuran besar seperti kulkas, mesin cuci hingga kompor listrik, pun cukup tinggi.

5. Kebutuhan Ibu dan Anak

Kesehatan dan kenyamanan si kecil juga menjadi fokus utama para pelanggan Lazada. Produk-produk esensial seperti popok masih menjadi favorit pelanggan, demikian juga dengan perlengkapan perawatan pribadi bayi seperti baby wipes dan minyak telon. Produk lainnya yang juga mengalami peningkatan penjualan adalah snack dan bedak bayi. Tingginya angka penjualan produk-produk perawatan bayi ini bisa menjadi pertimbangan bagi penjual yang ingin mengembangkan bisnis dalam kategori produk ini.

Memahami tren belanja terkini jelas menjadi kunci utama bagi para penjual untuk menyusun strategi bisnis yang tepat dan meraih kesuksesan.

 “Oleh karena itu, melalui fitur Bisnis Analisis di Seller Center Lazada, kami terus berupaya memberikan data, informasi, dan wawasan yang strategis dan menarik yang bisa dijadikan referensi untuk penyusunan strategi pengembangan bisnis para penjual di Lazada. Pasar eCommerce di Indonesia adalah pasar yang sangat dinamis dan penuh potensi. Kami terus meningkatkan komitmen kami untuk menciptakan ekosistem eCommerce yang inklusif dan berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia,” imbuh Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.