"Keyakinan kami atas masa depan Lazada berasal dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang dengan selalu beradaptasi dan meningkatkan resiliensi. Kami tetap berfokus menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan, meningkatkan kesejahteraan ekonomi, serta memperjuangkan pembangunan berkelanjutan di seluruh Asia Tenggara,” tambahnya.

Laporan ini memuat banyak pencapaian dan perkembangan penting Lazada dari sisi ESG selama periode pelaporan, termasuk:

1. Pemberdayaan Masyarakat

o Mendorong inovasi di seluruh ekosistem: Lazada memanfaatkan inovasi teknologi untuk merevolusi pengalaman belanja online dan menjembatani kesenjangan digital:

Aplikasi AI untuk pembeli, seperti fitur Lazada "Ask the Buyers" yang mendorong pembeli yang sebelumnya telah melakukan pembelian untuk merespons pertanyaan seputar produk dan membantu pembeli lain memilih produk. Ada juga peluncuran LazzieChat, chatbot pertama Lazada yang didukung ChatGPT OpenAI di Indonesia, Filipina, dan Singapura.

Inisiatif metode pembayaran dengan kode QR nasional yang memperlancar proses pembayaran di Singapura dan Thailand, melengkapi opsi pembayaran online bagi pembeli, menjadikan belanja online  semakin mudah dan inklusif bagi konsumen yang tidak memiliki kartu kredit atau debit.

o Mendukung usaha lokal: Lazada meluncurkan Lazada Sustainability Academy pada Oktober 2023, program inovatif yang membekali usaha kecil dan menengah di Asia Tenggara dengan pola pikir dan wawasan penting untuk menghadapi masa depan dan bertransformasi secara berkelanjutan.

2. Tenaga Kerja Siap Masa Depan

o Mengubah masa depan digital commerce lewat pemberdayaan digital dan penyuluhan (outreach engagement): Lazada Indonesia bermitra dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia dan menggelar program Training for Trainers "Naik KeLaz" bagi 100 guru sekolah menengah kejuruan.

o Memupuk pemahaman yang lebih baik seputar isu keberlanjutan bagi Lazadians: Lazada meluncurkan modul pelatihan internal tentang ESG yang pertama untuk memberikan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar ESG agar seluruh karyawan bisa mempraktekkannya dalam kegiatan bisnis sehari-hari.

Baca Juga: Kiat-kiat Jitu Agar UMKM Naik Kelas dan Berdaya di Era Digital

3. Pengelolaan Lingkungan

o Menurunkan jejak karbon: Lazada berhasil mengurangi emisi GRK menyeluruh sebesar 40% dibandingkan periode pelaporan sebelumnya, berdasarkan metode penghitungan karbon berbasis aktivitas yang lebih akurat.

o Inisiatif logistik berkelanjutan: Pada September 2023, Lazada Thailand meluncurkan pusat logistik ramah lingkungan pertama di Tha Raeng Ramindra untuk mengurangi dampak lingkungan hidup lewat tiga strategi: penggunaan tenaga surya, pemanfaatan sepeda motor listrik, serta menyediakan seragam bagi mitra pengantaran barang yang terbuat dari botol plastik PET daur ulang. Sebanyak 20% kebutuhan listrik di fasilitas tersebut berasal dari tenaga surya.