Industri kosmetik lokal terus menunjukkan perkembangan pesat, menjadi salah satu sektor yang menawarkan pertumbuhan dan prospek bisnis yang menjanjikan. Faktor seperti populasi generasi muda yang terus bertambah dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga penampilan, juga berkontribusi pada lahirnya banyak brand kosmetik lokal unggulan.
Salah satu cerita inspiratif datang dari Implora, sebuah brand lokal yang berhasil berjaya di pasar kosmetik nasional dengan berbagai pencapaiannya. Berdiri sejak tahun 2002, Implora hadir dengan penuh inovasi untuk menjawab kebutuhan perempuan Indonesia akan produk kosmetik berkualitas tinggi.
Hendrata Liadi, selaku Chief Marketing Office Implora, mengisahkan perjuangan awal Implora dalam menjajakan produk kosmetik dari pintu ke pintu di wilayah Jawa dan Bali.
Tidak pernah terbayang oleh mereka bahwa perjalanannya bisa bertahan lebih dari dua dekade dan mendapat kepercayaan dari masyarakat. Melihat semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang jeli dan selektif dalam memilih produk kosmetik, Implora hadir dengan visi besar, yakni menyediakan produk kosmetik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
“Kami percaya bahwa Industri kosmetik nasional mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, mengingat melimpahnya ketersediaan sumber daya alam sebagai bahan baku kosmetik. Tak hanya itu, transformasi digital turut berperan penting dalam perjalanan Implora,” tutur Hendrata.
Hendrata mengakui, kehadiran e-commerce seperti Shopee memberikan kontribusi besar dalam memperluas jangkauan pasar Implora, melalui berbagai program, fitur interaktif, dan kampanye belanja.
“Sebagai contoh, kami mencatatkan rata-rata peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada setiap puncak kampanye belanja Shopee dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu, pada kuartal I 2024, transaksi kami di Shopee mengalami lonjakan sebesar 50 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” jelas Hendrata.
Transformasi Implora
Implora dirintis oleh dua pendiri inspiratif asal Surabaya, Go Wi Liem dan Sri Melani, yang memulai perjalanan bisnis mereka dengan mengembangkan produk parfum pada awal tahun 2000-an.
Berbekal tekad kuat, mereka meluncurkan merek parfum Implora yang mendapat sambutan positif dari masyarakat. Kesuksesan awal ini mendorong pasangan tersebut memperluas lini produk Implora dengan menghadirkan berbagai produk kosmetik non-parfum, seperti bedak, eyeshadow, dan lipstik, pada 2010-an.
Di tahun 2017, Implora juga mendapat antusiasme yang luar biasa dari para pecinta kosmetik saat meluncurkan Urban Lip Cream Matte. Melihat potensi pasar yang lebih luas, Implora kemudian mengembangkan kategori skincare, dengan face serum sebagai produk perdananya.
Menyasar segmentasi perempuan muda, mulai dari mahasiswa hingga pekerja profesional, Implora membawa filosofi kosmetik adalah milik semua orang, sehingga mereka senantiasa berkomitmen menghadirkan produk inklusif.
“Selaras dengan Tagline kami, “Berani Jadi Aku,” mencerminkan komitmen kami untuk membantu perempuan merasa nyaman dengan dirinya sendiri melalui produk yang sesuai kebutuhan, dengan merancang berbagai produk kosmetik yang sesuai dengan karakter paras perempuan Indonesia,” beber Hendrata.
Dalam menjaga kualitas, Hendrata memastikan seluruh produk Implora memenuhi standar tinggi, mulai dari perizinan BPOM, sertifikasi halal, hingga uji klinis oleh dermatologis.
“Serta, seluruh proses produksi kami dilakukan sesuai Good Manufacturing Practices dan dilakukan secara lokal di pabrik kami di Sidoarjo, Jawa Timur,” tambah Hendrata.
Baca Juga: Kisah Sukses Bonavie, Parfum Lokal yang Merasakan Peningkatan Bisnis Berkat Fitur Live Shoping