Filosofi Bisnis dan Tips Sukses
Dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu, Martha Tilaar mengaku bahwa dalam menjalankan bisnisnya ia memiliki filosofi dan tips tersendiri untuk membuatnya tetap berada di jalur bisnis yang benar.
Martha meyakini, filosofi bagi kehidupan menjadi penting karena membantu kita untuk tetap berada di dalam jalur yang benar dan fokus pada visi awal kita, dan itu mengajarkan kita untuk bertanggung jawab terhadap apa yang kita kerjakan, jangan sampai apa yang kita kerjakan justru merugikan orang lain atau lingkungan.
Dikutip dari Liputan6.com, filosofi hidup Martha adalah Tri Hita Kirana yang berasal dari Bali, di mana jika usaha kita menggunakan tanaman, lanjut dia, maka kita harus menanamnya kembali. Dan, jika ingin sukses berbisnis kita harus berbagi.
Martha juga punya prinsip ‘jangan senang pada jalan yang mudah, karena setiap tantangan justru mengasah skill ( dan memperbesar kapasitas diri (disiplin, kerja keras, ketekunan)’. Dia mengatakan, skill dan mental yang terasah baik, dua hal yang akan membawa ke puncak keberhasilan hidup.
Martha kemudian tak lupa mengajak kita untuk mempraktikkan lima kunci kesuksesan yang disingkat DJITU (Disiplin, Jujur, Inovatif, Tekun, dan Ulet), dimana juga merupakan kunci kesuksesan dirinya dan menjadi dasar filosofis perusahaan Martha Tilaar Gorup.
"Mulailah dari diri sendiri untuk menjadi manusia DJITU. Dengan disiplin, jujur, inovatif, tekun, dan ulet, saya yakin sekali Anda bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan," tutur Martha.
"Jika belum juga mendapatkan hingga saat ini, saya yakin anak cucu Anda yang nanti akan mendapatkannya," tambahnya optimis.
Baca Juga: 10 Tokoh Perempuan di Dunia Bisnis Indonesia, Siapa Role Model Kamu?
Strategi Sukses Sariayu
Sejak berdiri di tahun 1983, PT Sari Ayu Indonesia dikenal sebagai sebuah perusahaan kosmetik terkemuka yang memproduksi dan menyediakan produk serta pelayanan kecantikan yang inovatif dan berkualitas tinggi.
Dengan produk-produk yang dikenal luas dan berada di bawah payung Martha Tilaar, perusahaan ini menawarkan rangkaian produk kecantikan yang dapat menjadi pilihan terbaik setiap wanita dari segala kelompok usia dan penghasilan.
Tak hanya di dalam negeri, semua produk Sariayu pun sudah merambah pasar internasional seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hongkong, Tiongkok, Mauritius dan beberapa negara di Afrika Timur. Lantas, apa rahasia dan strategi Sariayu dalam menghadapi persaingan pasar kosmetik di dalam negeri?
Product Executive PT Sari Ayu Indonesia, Angel Antameng, mengungkapkan, dalam menghadapi persaingan pasar kosmetik yang semakin ketat, pihaknya melakukan berbagai inovasi produk dan tetap mempertahankan kualitas dan kuantitas produk.
Menurutnya, langkah ini dilakukan agar PT Sari Ayu Indonesia agar tetap menjadi pemain utama bisnis kosmetik di Indonesia.
Angel juga melanjutkan, Sariayu juga kerap memberikan feedback melalui media sosial kepada para konsumen tentang manfaat serta produk kosmetik apa yang mereka butuhkan. Menurutnya, hal ini penting dilakukan agar Sariayu sendiri dapat memproduksi kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Sedangkan konsep bisnis lain yang dijalankan PT Sari Ayu Indonesia adalah dengan meluncurkan produk dengan tema lokal terbaru setiap tahunnya. Jadi produk kosmetik yang diproduksi PT Sari Ayu Indonesia bakal dikemas dengan memberikan label bertema lokal.
Menurut Angel , seluruh produk-produk perawatan kecantikan yang dihasilkan PT Sari Ayu Indonesia dibuat dari bahan-bahan herbal tradisional serta ekstrak tanaman alami lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.
Saat ini PT Sari Ayu Indonesia telah memproduksi berbagai produk perawatan wajah, perawatan tubuh, make up dekoratif, dan produk-produk perawatan rambut untuk wanita modern. Dan puluhan tahun berlalu, Sariayu pun tetap eksis dengan segala ujian yang datang, termasuk banyaknya produk kecantikan modern lainnya.
Baca Juga: Generasi Kedua Tilaar Group Ungkap Fundamental Penting Bisnis Keluarga