Inovasi menjadi fondasi kesuksesan Samsung di industri teknologi. Bagi Samsung, inovasi bukan hanya tentang produk, tetapi juga mencakup layanan dan ide yang memberikan manfaat nyata bagi konsumen.

Tiga talenta perempuan muda Indonesia, Alishia, Ima, dan Mutiara, membuktikan bahwa inovasi yang relevan bisa lahir dari pemahaman mendalam terhadap budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Cerita Alishia membuat inovasi yang relevan bagi konsumen Indonesia

Alishia Gozal bergabung di departemen Mobile eXperience Product Marketing yang konsisten menjalankan peran strategis untuk merancang marketing produk flagship Samsung.

Berangkat dari pemahaman perilaku konsumen Indonesia, Alishia mendorong tim untuk mengadopsi budaya Indonesia dan Korea melalui kolaborasi Nusantara x Hangul dalam desain aksesori Galaxy Wrap – cover coating Galaxy Z Fold6, Z Flip6, S24 series dan S24 FE - dan mempopulerkan Galaxy AI Bahasa Indonesia.

“Kami memahami bahwa konsumen Indonesia juga menggemari budaya Korea Selatan. Di saat yang sama, mereka juga bangga dengan budaya lokal. Dari insight ini, kami menghadirkan kolaborasi antara elemen Nusantara dan Hangul, sehingga pengguna bisa mempersonalisasi smartphone mereka dengan gaya yang unik dan bermakna secara budaya,” jelas Alishia.

Melalui pengolahan data konsumen dan didukung oleh beberapa tim lainnya, Alishia dan tim Produk Marketing ikut merancang inovasi yang memberikan pengalaman berbelanja yang memanjakan konsumen dengan berbagai keuntungan.

Sejak sebelum penjualan perdana, konsumen diberikan penawaran Samsung Reservation+. Perjalanan bertransaksi konsumen berlanjut dan semakin seru dengan diberikan penawaran trade-in dengan tambahan cashback, ditambah lagi penawaran spesial pembelian ekosistem Samsung dalam satu transaksi.

Alishia juga menekankan bahwa pendekatan lokal tidak hanya dilakukan untuk aksesori produk, tetapi juga pada inovasi Galaxy AI. Pembaruan Galaxy AI Bahasa Indonesia yang diperkenalkan pada bulan April 2024 lalu bertujuan agar Galaxy AI semakin mudah digunakan oleh konsumen Indonesia.

Mulai dari untuk bekerja, berlibur hingga berkomunikasi sehari-hari, Galaxy AI Bahasa Indonesia menjadi asisten yang memudahkan pengguna Indonesia menyelesaikan pekerjaan/tugasnya dan membangun network dengan berbagai bangsa.

“Bekerjasama dengan tim Samsung R&D Institute Indonesia yang mengembangkan Galaxy AI Bahasa Indonesia, tim marketing memperkenalkan Galaxy AI Bahasa Indonesia ini kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya.

“Kami memperkenalkan Galaxy AI Bahasa Indonesia serta mengedukasi manfaatnya bagi konsumen melalui berbagai medium komunikasi, hingga menjangkau masing-masing toko Samsung. Bagi saya, kesuksesan sebuah inovasi dapat dilihat dari seberapa dalam sebuah produk, layanan, atau solusi bisa terhubung secara emosional dengan penggunanya,” tegas Alishia.

Baca Juga: Kisah Sukses Sofi Suryasnia: Merangkai Karier Cemerlang di Dunia Asuransi Tanpa Melupakan Keluarga