Berikut enam langkah strategis Lazada dalam memerangi produk palsu. 

  1. Lazada IPP (Intellectual Property Protection) Feature 

Lazada menghargai dan menjunjung tinggi Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Fitur Lazada IPP ini memungkinkan pemilik merek dan pemegang hak kekayaan intelektual untuk dengan mudah melaporkan produk mencurigakan. Setiap laporan akan segera ditindaklanjuti untuk ditinjau dan, jika terbukti melanggar, listing produk di platform akan langsung dihapus. 

  1. Deteksi Berbasis Teknologi Canggih 

Dukungan teknologi canggih berbasis artificial intelligence (AI) dan machine learning memungkinkan sistem cerdas milik Lazada mampu mengenali ciri-ciri produk ataupun pola listing produk yang melanggar ketentuan Lazada. Teknologi ini membantu menyaring ribuan listing setiap harinya untuk memastikan penawaran produk yang sesuai kebijakan yang berlaku di Lazada.

Baca Juga: Rayakan Hari Kartini, Ini Wujud Komitmen Mom Uung dan Lazada Dukung Pemberdayaan Perempuan

  1. LazMall: Jaminan Produk 100% Asli

LazMall hadir sebagai kanal khusus produk autentik di Lazada, yang menampilkan produk dari brand resmi atau distributor dan reseller yang telah terverifikasi. Selain itu, konsumen juga dilindungi oleh kebijakan pengembalian barang hingga 30 hari, memberikan kenyamanan ekstra bagi pelanggan jika produk yang diterima tidak sesuai ekspektasi.

Lazada mengembangkan fitur pengembalian barang yang mudah di Lazada untuk membangun kepercayaan dan memberikan ketenangan (peace of mind) bagi konsumen saat berbelanja di Lazada. Konsumen dapat mengajukan pengembalian dengan mengeklik fitur ‘Pengembalian Produk” di aplikasi, pilih opsi barang dijemput kurir atau lakukan drop-off produk, lalu pengembalian dana akan diproses.