Siapa yang tak kenal dengan brand skincare satu ini, MS Glow. Ya, popularitas brand perawatan kulit ini diraih berkat semangat para pendirinya. Hingga saat ini, omzet yang diperoleh brand MS GLOW sudah mencapai ratusan miliar. Dengan pemasaran yang hampir merata di seluruh Indonesia melalui sebaran reseller dari berbagai wilayah.
MS GLOW adalah sebuah brand kecantikan yang merupakan salah satu lini di bawah naungan PT. Kosmetika Cantik Indonesia. Perjalanan brand ini dimulai pada tahun 2013. Berawal dari penjualan online dan akhirnya memiliki klinik sendiri setahun setelahnya.
Hingga kini, MS GLOW telah memiliki 14 klinik yang tersebar di Indonesia dan pabrik yang memproduksi produk-produk MS GLOW. Tidak hanya itu, kini brand tersebut juga telah berhasil mematenkan satu ingredients, yaitu white cell dna.
Lantas, seperti apa kisah perjalanan bisnis MS Glow? Olenka.id pun akan mengulas informasi lengkapnya sebagai berikut.
Sejarah Awal Bisnis MS GLOW
Shandy Purnamasari adalah nama di balik kesuksesan brand kosmetik MS GLOW yang tersohor. Wanita kelahiran Surabaya, 10 Oktober 1991 ini dikenal berkat kiprahnya sebagai pengusaha kosmetik serta filantropis Tanah Air.
Kisah sukses Shandy di dunia bisnis diawalinya dari nol di tahun 2010. Sejak masa kuliah, ia sudah hobi jualan dan memanfaatkan beragam media untuk berjualan, seperti BlackBerry Messenger (BBM), Facebook, Kaskus, dan lainnya. Barulah, wanita lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga ini kemudian menjajal usaha beauty product pada tahun 2013 silam.
Sebelum mencetuskan brand kecantikannya sendiri, Shandy menjadi seorang reseller dari sebuah produk kecantikan seorang dokter yang saat itu adalah tetangganya. Melalui Blackberry Messenger, ia pun berkenalan hingga membentuk jaringan penjualan dengan Kadek Maharani Kemala Dewi.
Selama dua tahun lamanya, Maharani menjadi reseller Shandy tanpa pernah berjumpa. Belakangan, kekompakan Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala yang punya satu visi misi ini pun melahirkan ide bisnis yang sukses besar. Keduanya pun lantas merintis bisnis produk kecantikan dengan brand inisial nama mereka sendiri, yakni M dan S.
Dengan nama MS GLOW yang dibentuk tahun 2013 di Malang, Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala pun melebarkan sayapnya hingga berkembang pesat di ranah bisnis kecantikan.
Sukses Pasarkan Produk di 7 Negara
MS GLOW sukses dikenal masyarakat Tanah Air melalui strategi omnichannel marketing, dengan mengintegrasikan penjualan online maupun offline. Dengan berbagai reseller yang dimiliki, semakin banyak lah produk MS GLOW yang terjual.
Terlebih, saat itu belum ada kompetitor sejenis, kebanyakan saat membeli produk kecantikan secara online, rata-rata belum memiliki izin edar dan BPOM. Karena itu, penjualan online pun membludak. Barulah setelah satu tahun berjalan, kompetitor dan plagiator pun bermunculan.
Dari tahun 2013 hingga saat ini, MS GLOW telah berhasil mendapatkan lebih dari 78 ribu orang yang bergabung sebagai seller MS Glow, yang aktif di 7 negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Jepang, Arab, Hongkong, Taiwan, dan Singapura.
Tak hanya menciptakan peluang bisnis, MS GLOW juga menciptakan lapangan kerja dengan lebih dari 1.000 pegawai yang berdedikasi. Dengan 80% pelanggan utama adalah wanita, MS GLOW menjadi pilihan favorit di kalangan milenial dan Gen-Z yang sangat memperhatikan kesejahteraan dan perawatan diri mereka.
Mereka juga telah mendirikan 14 klinik kecantikan di berbagai daerah di Indonesia, yang menyediakan beragam solusi perawatan wajah dan tubuh, dengan penanganan langsung oleh dokter-dokter berpengalaman.
Baca Juga: Menilik Sepak Terjang Brand Mills, Eks Apparel Timnas Indonesia yang Kini Mendunia