Sering menemukan pasien anak dengan sejumlah permasalahan kulit yang kerap dianggap remeh, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, MPH, berinovasi menciptakan skincare lokal khusus si kecil yang lebih aman dan terbukti klinis, Expert Care by Tentang Anak (Expert Care).

Produk perawatan kulit khusus anak-anak memang kian dicari keberadaannya. Data Compas Market Insight menunjukkan, pertumbuhan yang menjanjikan pada kategori perawatan kulit bayi di eCommerce pada tahun 2024 lalu. Produk baby lotion cream contohnya, mencatat lonjakan penjualan sebesar 85% dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan minat pasar yang tinggi terhadap produk perawatan kulit bayi.

“Permasalahan kulit ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan meningkatkan risiko gangguan perilaku, IQ pada anak, bahkan tubuh yang lebih pendek,” ungkapnya kepada Lazada Indonesia dalam keterangan resminya seperti dikutip, Selasa (6/5/2025).

Seringkali Mesty merasa berat hati bila harus meresepkan produk perawatan kulit import dengan harga yang sangat mahal bagi pasiennya. Hal itu pula yang mendorongnya untuk menciptakan produk skincare anak yang berkualitas tinggi, tetapi lebih terjangkau. 

“Saya berharap lebih banyak keluarga Indonesia yang terbantu dengan produk ini,” tambahnya.

Baca Juga: Jaga Kepercayaan Konsumen, Lazada Ambil Langkah Proaktif Berantas Produk Palsu

Bekerja sama dengan sejumlah dokter kulit dan dokter anak, Mesty mengembangkan Expert Care dengan pendekatan berbasis ilmiah. Salah satu produk unggulannya adalah calming rub yang mengandung colloidal oatmeal dan ceramide—kombinasi yang secara klinis terbukti membantu mempercepat regenerasi kulit bayi tanpa menimbulkan risiko alergi.

Hal ini menjadi penting, mengingat misinya untuk menyediakan produk lokal berkualitas tinggi yang dikembangkan berdasarkan data dan penelitian dermatologis terkini, serta diformulasikan bersama dokter kulit. Setiap produk dirancang secara selektif menggunakan bahan aktif yang terbukti efektif dalam konsentrasi optimal. 

“Kami percaya bahwa lebih banyak bahan bukan berarti lebih baik. Kami hanya menggunakan bahan yang terbukti efektif dengan kadar yang optimal, sehingga produk kami tidak hanya aman, tetapi juga memberikan hasil nyata bagi kulit,” papar dr. Mesty.

Menariknya, produk Expert Care diproduksi langsung di pabrik lokal dengan standar tinggi, memungkinkan rantai pasok yang lebih efisien dan berkelanjutan. Pendekatan ini tidak hanya mempercepat distribusi ke pelanggan, tetapi juga mencerminkan komitmen kami dalam mendukung industri lokal tanpa mengorbankan kualitas.

Baca Juga: Rayakan Hari Kartini, Ini Wujud Komitmen Mom Uung dan Lazada Dukung Pemberdayaan Perempuan

Sejak diluncurkan pada tahun 2023 lalu, Expert Care terus menerima tanggapan positif dari pelanggannya. Banyak calon ibu dan orang tua merasa terbantu dengan produk-produk Expert Care, terutama dalam menangani masalah kulit seperti kulit kering dan eksim. 

Hal ini terbukti dari penilaian atau rating produk di platform eCommerce yang konsisten tinggi. Bahkan, Mesty mengungkapkan, rangkaian produk perawatan kulit yang ditawarkan Expert Care berhasil menjadi solusi efektif bagi pasiennya yang sebelumnya harus berobat ke luar negeri.

Memanfaatkan Data, Raih Keuntungan 15 Kali Lipat Lewat LazMall

Hingga saat ini, brand yang didirikan oleh Mesty ini konsisten menduduki peringkat empat besar dalam kategori produk perawatan kulit anak di eCommerce. Sebagai brand baru, Expert Care menyadari pentingnya menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau target pasarnya, khususnya pemasaran online melalui platform eCommerce seperti Lazada. Di Lazada sendiri, Expert Care bisa didapatkan pelanggan di toko resmi “Expert Care by Tentang Anak” di dalam kanal LazMall.

Kanal LazMall merupakan kanal khusus di Lazada yang menjual produk dari ribuan brand lokal dan internasional serta distributor resmi, yang menjamin 100% keaslian produk, pengiriman tepat waktu, jaminan ketersediaan stok, juga pengembalian gratis dan mudah.

Co-Founder Expert Care, Garri Juanda, MBA menekankan pentingnya peran eCommerce dalam pertumbuhan brand, terutama dalam menyediakan data yang komprehensif. Expert Care juga melakukan proses produksi yang berbasis data, sehingga mampu memaksimalkan efektivitas dan efisiensi operasionalnya.

“Kami memanfaatkan data secara maksimal dan didukung oleh tim data scientist yang mumpuni, sehingga kami dapat benar-benar memperhatikan kebutuhan pelanggan dengan baik,” jelas Garri. 

“Dengan berdasarkan data, tim kami juga berhasil menjaga pengeluaran iklan yang optimal, sehingga kami dapat terus mencatatkan peningkatan penjualan signifikan di Lazada dengan keuntungan yang positif,” sambungnya.

Baca Juga: Laporan Lazada: 76% Penjual eCommerce Asia Tenggara Butuh Dukungan Adopsi AI

Dengan fitur seperti Seller Center yang menyediakan data real-time untuk memantau performa toko, Expert Care telah mencatat peningkatan traffic dan kenaikan rata-rata nilai pesanan yang signifikan sejak bergabung dengan Lazada. Tak hanya itu, Expert Care juga mencatat peningkatan angka penjualan sebesar 15 kali lipat pada kampanye tanggal kembar 12.12 lalu, dibandingkan penjualan di hari biasa.

“Lazada sangat membantu kami, terutama melalui dukungan Relationship Manager yang proaktif untuk berbagai kampanye seperti flash sale dan voucher, meskipun kami adalah brand baru. Keberadaan kami di LazMall juga membantu memberikan eksposur kepada pengguna Lazada sebagai brand yang terpercaya,” sambung dr. Mesty.

Melalui pendekatan multi-channel di platform online, digital marketing, hingga komunitas, Expert Care terus berupaya untuk menjadi brand perawatan kulit anak yang terpercaya dan relevan bagi keluarga Indonesia. 

“Kami ingin terus mengedukasi dan menyediakan produk yang relevan dengan kebutuhan orang tua dan anak, bukan hanya ikut-ikutan pasar. Kami tidak mengejar hypergrowth yang instan dengan klaim yang berlebihan. Bagi kami, keberlanjutan, kepercayaan, dan dampak positif pada pelanggan adalah prioritas utama,” tegasnya.

Dengan kolaborasi yang erat bersama Lazada dan fokus pada keberlanjutan, Expert Care optimis dapat terus tumbuh dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya skincare anak yang tepat. Tagline mereka, "Tenang, Percayakan pada Expert-Nya!," mencerminkan komitmen untuk menghadirkan produk yang berkualitas tinggi, aman, dan berbasis bukti ilmiah untuk anak-anak Indonesia.

Baca Juga: Lazada Hadirkan Ramadan Mega Sale dengan Diskon hingga 90 Persen dan Umroh Gratis

Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata turut mengapresiasi pencapaian Expert Care. Pihaknya senang dapat mendukung Expert Care sebagai salah satu brand lokal yang berkembang pesat di kanal LazMall dalam aplikasi Lazada. 

“Melalui berbagai fitur dan layanan berbasis teknologi, kami berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi inovatif yang membantu para seller, termasuk brand lokal baru, agar dapat berkembang dan bersaing di pasar eCommerce Indonesia,” tutup Stefan.