Industri makanan dan minuman nasional terus tumbuh pesat, namun pelaku UMKM kuliner dihadapkan pada tantangan besar, mulai dari perubahan tren, persaingan ketat, hingga meningkatnya biaya bahan baku. Melihat kondisi tersebut, Dairy Champ menilai pentingnya dukungan bagi pelaku usaha agar dapat berinovasi dan menjaga kualitas produk mereka.
Data KADIN menunjukkan terdapat sekitar 6,4 juta unit usaha penyedia makanan dan minuman hingga akhir 2024, sementara BPS mencatat 4,85 juta usaha serupa pada 2023, meningkat lebih dari 21% sejak 2016. Angka ini menggambarkan potensi ekonomi kuliner yang besar, namun juga menegaskan perlunya inovasi dan efisiensi agar UMKM tetap kompetitif.
Menjawab kebutuhan tersebut, Dairy Champ kembali hadir di SIAL Interfood 2025, membawa rangkaian produk kental manis dan susu evaporasi yang praktis dan konsisten dalam rasa untuk mendorong pertumbuhan UMKM kuliner.
Selama tiga tahun terakhir, partisipasi Dairy Champ di SIAL Interfood terbukti efektif memperkuat kehadirannya di industri. Pada tahun pertama, hanya sekitar 5% pengunjung booth yang mengenal Dairy Champ, namun di tahun berikutnya angkanya melonjak menjadi lebih dari 25%, sekaligus mengantarkan Dairy Champ meraih “Best Booth Award.”
Baca Juga: Sambut Ramadhan, Dairy Champ Hadirkan Sederet Menu Berbuka Puasa
“Memasuki tahun ketiga, kami ingin menyampaikan pesan inovasi melalui pengembangan menu, baik minuman maupun makanan. Tahun ini, kami menghadirkan Chef Jerry untuk menciptakan menu-menu baru yang bisa langsung diaplikasikan oleh para pelaku bisnis. Pameran ini juga menjadi momen untuk meluncurkan “menu kota baru” dan “menu kota juara”. Intinya kami ingin menghadirkan sesuatu yang segar dan relevan untuk pelaku industri kuliner yang kompetitif,” tutur Marketing Manager PT Etika Beverages Indonesia, Dodi Afandi, saat ditemui awak media, Sabtu (14/11/2025), di Jiexpo Kemayoran.

"Tahun ini, berdasarkan pengamatan saya selama tiga hari, lebih dari 50% pengunjung sudah mengenal dan bahkan menggunakan Dairy Champ. Banyak yang datang langsung membeli 5–10 karton karena mereka tahu kualitasnya," tambahnya.
Lebih dari sekadar ajang pameran, partisipasi Dairy Champ juga menjadi strategi jangka panjang untuk memperkuat posisi sebagai mitra pertumbuhan UMKM kuliner Indonesia. Tahun ini, Dairy Champ menghadirkan pengalaman yang lebih dekat dengan pelaku usaha melalui kolaborasi bersama Chef Jerry Andrean, Juara MasterChef Indonesia Season 7.
“Kolaborasi dengan Chef Jerry Andrean menjadi salah satu langkah inovatif Dairy Champ dalam menghadirkan inspirasi baru bagi pelaku usaha kuliner. Melalui demo masak dan ide resep yang mudah diterapkan, kami ingin membantu UMKM menemukan peluang menu yang kreatif, efisien, dan bernilai jual tinggi. Inilah bentuk komitmen Dairy Champ untuk terus hadir lebih dekat dan relevan bagi pelaku bisnis kuliner di Indonesia,” ujarya.
Dalam sesi cooking demo eksklusif, Chef Jerry memperkenalkan resep dessert terbaru menggunakan produk Dairy Champ yang cocok untuk peluang usaha, “Mango Coconut Panna Cotta Juara”. Kolaborasi ini dirancang untuk menginspirasi pelaku usaha kafe, restoran, hingga bisnis rumahan agar dapat menghadirkan menu yang lebih gurih, creamy, dan efisien untuk produksi skala besar, sekaligus menguntungkan secara bisnis.

Sementara itu, Chef Jerry Andrean menyampaikan, kualitas bahan dasar adalah kunci utama dalam bisnis kuliner. Sebagai Chef, ia selalu mencari bahan baku yang tidak hanya enak, tapi juga konsisten hasilnya.
Baca Juga: JFOODO Perkenalkan Kuliner Jepang Bersertifikat Halal Lewat 'Authentic Cultural Dining'
“Produk Dairy Champ punya kualitas yang stabil, teksturnya creamy, rasanya seimbang, dan mudah diolah untuk berbagai kreasi menu, dari dessert, minuman, sampai hidangan savoury. Buat pelaku usaha kuliner, kualitas seperti ini penting karena bisa menjaga cita rasa sekaligus efisiensi produksi. Dengan bahan yang tepat, ide kreatif bisa lebih cepat jadi peluang bisnis yang menguntungkan,” imbuhnya.
Kedepannya, Dairy Champ berkomitmen untuk terus memperluas kolaborasi dengan pelaku industri kuliner, mulai dari UMKM hingga brand besar, guna menghadirkan inovasi produk yang relevan dengan kebutuhan pasar. Melalui langkah ini, Dairy Champ berharap dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem kuliner Indonesia yang lebih kuat dan berkelanjutan.
“Selama pameran, kami memberikan harga termurah di Indonesia dan berlaku untuk semua pelaku usaha, baik yang membeli satu piece maupun 100 karton. Mereka bisa mendapatkan harga yang sama, selama mengambil barangnya langsung di lokasi. Ini bentuk dukungan kami agar UMKM bisa tumbuh tanpa terbebani harga bahan baku,” tukas Dodi.