Produk perawatan kulit atau skincare sudah menjadi kebutuhan masyarakat terutama perempuan. Berbagai macam merek pun hadir dengan kualitas hingga harga yang bersaing.

Konsumen Indonesia pun terpantau telah jatuh hati dengan kualitas produk skincare lokal yang tidak kalah saing dengan brand luar negeri.

Menurut survei yang dilakukan oleh Populix, sebesar 57% konsumen Indonesia merasa kualitas produk kecantikan merek lokal cukup baik apabila dibandingkan dengan produk kecantikan merek internasional.

Dan berikut ini Olenka ulas brand skincare ternama di Indonesia, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Jumat (11/4/2025).

1. Wardah

Wardah merupakan brand kosmetik halal asli Indonesia yang berdiri sejak 1995 di bawah PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI). Didirikan oleh Nurhayati Subakat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris, Wardah selalu mengedepankan kualitas untuk mendukung perempuan tampil cantik sesuai karakternya.

Wardah juga disebut sebagai pelopor kosmetik halal di Indonesia. Menurut popularitasnya, Wardah disebut sebagai skincare no. 1 di Indonesia. Menurut data Compas.co.id, pada periode 1 Juli 2021—31 Juli 2022 lalu, Wardah pernah berhasil mencapai sales revenue di Shopee, Tokopedia, dan BliBli masing-masing sebesar Rp380 miliar, Rp50 miliar, dan Rp25 miliar.

Selain lekat dengan label “halal”, Wardah yang merupakan anak PT Paragon dikenal sebagai “pemain lama” yang masih terus berjaya hingga kini. Hal ini disebabkan Wardah selalu tampil inovatif dalam meluncurkan produk-produk baru.

2. Mustika Ratu

Mustika Ratu adalah sebuah perusahaan kosmetik dan perawatan kecantikan yang berasal dari Indonesia. Kisah Mustika Ratu dimulai pada tahun 1975, ketika BRA Mooryati Soedibyo merintis Mustika Ratu dengan mengembangkan resep yang diwarisinya sebagai keturunan keluarga Keraton Jawa.

Brand ini dikenal karena menggunakan bahan-bahan alami yang diambil dari kekayaan alam Indonesia dalam produk-produk kecantikan mereka. Mustika Ratu telah ada selama beberapa dekade dan telah menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia.

3. Viva Cosmetics

Viva Cosmetics menjadi salah satu brand kecantikan lokal legendaris yang masih banyak digunakan oleh beauty enthusiast tanah air. Ada beberapa faktor yang membuat brand ini tetap eksis, mulai dari varian produk yang beragam, harga yang terjangkau, hingga kualitasnya yang memuaskan.

Untuk mempertahankan eksistensinya di industri kecantikan tanah air, Viva Cosmetics pun terus berinovasi menghadirkan produk terbaru, seperti eye cream dan sleeping mask yang juga sukses mendapatkan respon positif dari para pengguna.

4. Sariayu

Sariayu merupakan brand kecantikan tanah air yang berada di naungan PT. Martina Berto, sebuah perusahaan yang didirikan Martha Tilaar pada tahun 1977. Sariayu menghadirkan berbagai produk kecantikan, antara lain makeup, skin care, serta body care.

Setiap produknya terinspirasi dari kearifan lokal dan kekayaan alam Indonesia. Namun, diproses dengan pengetahuan dan teknologi modern berbasis green science.

Produk dari Sariayu pun menggunakan bahan-bahan natural sebagai kandungan utamanya. Tak hanya dikenal di tanah air, brand ini juga memiliki gerai di negeri tetangga, seperti Singapura, misalnya.

5. Somethinc

Brand skincare lokal yang sering disangka merek luar negeri ini didirikan sejak tahun 2013 oleh Irene Ursula.

Sampai saat ini, Somethinc tidak hanya memiliki produk perawatan, seperti essence, toner, facewash, serum, eyecream, sunscreen, dan moisturizer, tapi juga berkembang dengan kosmetik, seperti cushion, mascara, face palette, dan masih banyak lagi.

Brand Somethinc terinspirasi dari minimnya pilihan produk kecantikan berkualitas tinggi berstandar internasional.

6. Scarlett

Scarlett merupakan brand produk perawatan tubuh asal Indonesia dan terkenal dengan rangkaian produk whiteningnya. Brand ini sendiri baru didirikan pada tahun 2017 oleh Felicya Angelista, seorang publik figur yang pernah menghiasi layar kaca Indonesia, baik melalui film maupun sinetron.

Scarlett sendiri sudah mengeluarkan beberapa rangkaian produk perawatan kulit yang menjadi favorit seperti body lotion, body scrub, dan juga shampoo. Salah satu produk yang jadi favorit, yakni Scarlett Whitening Acne Serum.

Menurut data Compas.co.id, total penjualan untuk brand Scarlett pernah menembus angka Rp40.9 miliar pada periode April – Juni 2022.

Baca Juga: 7 Artis yang Punya Bisnis Makeup dan Skincare, Ada Favorit Kamu?