Produk perawatan kulit atau skincare sudah menjadi kebutuhan masyarakat terutama perempuan. Berbagai macam merek pun hadir dengan kualitas hingga harga yang bersaing.

Konsumen Indonesia pun terpantau telah jatuh hati dengan kualitas produk skincare lokal yang tidak kalah saing dengan brand luar negeri.

Menurut survei yang dilakukan oleh Populix, sebesar 57% konsumen Indonesia merasa kualitas produk kecantikan merek lokal cukup baik apabila dibandingkan dengan produk kecantikan merek internasional.

Dan berikut ini Olenka ulas brand skincare ternama di Indonesia, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Jumat (11/4/2025).

1. Wardah

Wardah merupakan brand kosmetik halal asli Indonesia yang berdiri sejak 1995 di bawah PT. Paragon Technology and Innovation (PT. PTI). Didirikan oleh Nurhayati Subakat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris, Wardah selalu mengedepankan kualitas untuk mendukung perempuan tampil cantik sesuai karakternya.

Wardah juga disebut sebagai pelopor kosmetik halal di Indonesia. Menurut popularitasnya, Wardah disebut sebagai skincare no. 1 di Indonesia. Menurut data Compas.co.id, pada periode 1 Juli 2021—31 Juli 2022 lalu, Wardah pernah berhasil mencapai sales revenue di Shopee, Tokopedia, dan BliBli masing-masing sebesar Rp380 miliar, Rp50 miliar, dan Rp25 miliar.

Selain lekat dengan label “halal”, Wardah yang merupakan anak PT Paragon dikenal sebagai “pemain lama” yang masih terus berjaya hingga kini. Hal ini disebabkan Wardah selalu tampil inovatif dalam meluncurkan produk-produk baru.

2. Mustika Ratu

Mustika Ratu adalah sebuah perusahaan kosmetik dan perawatan kecantikan yang berasal dari Indonesia. Kisah Mustika Ratu dimulai pada tahun 1975, ketika BRA Mooryati Soedibyo merintis Mustika Ratu dengan mengembangkan resep yang diwarisinya sebagai keturunan keluarga Keraton Jawa.

Brand ini dikenal karena menggunakan bahan-bahan alami yang diambil dari kekayaan alam Indonesia dalam produk-produk kecantikan mereka. Mustika Ratu telah ada selama beberapa dekade dan telah menjadi salah satu merek terkenal di Indonesia.

3. Viva Cosmetics

Viva Cosmetics menjadi salah satu brand kecantikan lokal legendaris yang masih banyak digunakan oleh beauty enthusiast tanah air. Ada beberapa faktor yang membuat brand ini tetap eksis, mulai dari varian produk yang beragam, harga yang terjangkau, hingga kualitasnya yang memuaskan.

Untuk mempertahankan eksistensinya di industri kecantikan tanah air, Viva Cosmetics pun terus berinovasi menghadirkan produk terbaru, seperti eye cream dan sleeping mask yang juga sukses mendapatkan respon positif dari para pengguna.

4. Sariayu

Sariayu merupakan brand kecantikan tanah air yang berada di naungan PT. Martina Berto, sebuah perusahaan yang didirikan Martha Tilaar pada tahun 1977. Sariayu menghadirkan berbagai produk kecantikan, antara lain makeup, skin care, serta body care.

Setiap produknya terinspirasi dari kearifan lokal dan kekayaan alam Indonesia. Namun, diproses dengan pengetahuan dan teknologi modern berbasis green science.

Produk dari Sariayu pun menggunakan bahan-bahan natural sebagai kandungan utamanya. Tak hanya dikenal di tanah air, brand ini juga memiliki gerai di negeri tetangga, seperti Singapura, misalnya.

5. Somethinc

Brand skincare lokal yang sering disangka merek luar negeri ini didirikan sejak tahun 2013 oleh Irene Ursula.

Sampai saat ini, Somethinc tidak hanya memiliki produk perawatan, seperti essence, toner, facewash, serum, eyecream, sunscreen, dan moisturizer, tapi juga berkembang dengan kosmetik, seperti cushion, mascara, face palette, dan masih banyak lagi.

Brand Somethinc terinspirasi dari minimnya pilihan produk kecantikan berkualitas tinggi berstandar internasional.

6. Scarlett

Scarlett merupakan brand produk perawatan tubuh asal Indonesia dan terkenal dengan rangkaian produk whiteningnya. Brand ini sendiri baru didirikan pada tahun 2017 oleh Felicya Angelista, seorang publik figur yang pernah menghiasi layar kaca Indonesia, baik melalui film maupun sinetron.

Scarlett sendiri sudah mengeluarkan beberapa rangkaian produk perawatan kulit yang menjadi favorit seperti body lotion, body scrub, dan juga shampoo. Salah satu produk yang jadi favorit, yakni Scarlett Whitening Acne Serum.

Menurut data Compas.co.id, total penjualan untuk brand Scarlett pernah menembus angka Rp40.9 miliar pada periode April – Juni 2022.

Baca Juga: 7 Artis yang Punya Bisnis Makeup dan Skincare, Ada Favorit Kamu?

7. Avoskin

Brand skincare lokal yang satu ini merupakan salah satu brand naungan PT AVO Innovation Technology. Brand Avoskin mulai muncul pada tahun 2014 dan didirikan oleh Anugrah Pakerti.

Terkenal dengan menggunakan green beauty concept, produk-produk skincare brand ini konsisten menggunakan bahan yang baik dan lembut dari alam seperti tea tree, aloe vera, dan raspberry.

Avoskin juga jadi salah satu skincare lokal yang sering menuai respons positif dari beauty enthusiast terkait inovasi produknya. Setiap produk Avoskin yang rilis di pasaran selalu diserbu habis oleh para pencinta skincare. Selain di Indonesia, Avoskin juga kini sudah melebarkan sayap dengan diekspor ke negara lain di Asia seperti ke Vietnam.

Menurut data Compas.co,id, brand ini pun termasuk 10 skincare terbaik di Indonesia dan pernah meraih penjualan Rp 28 miliar pada tahun 2022 lalu.

8. Azarine

Azarine merupakan salah satu produk skincare local yang berasal dari Jawa Timur. Brand ini dilahirkan oleh Yuniati Sastera Kusuma. Produk ini sudah mulai eksis di pasaran sekitar tahun 2002 yang kini terus berkembang dan berinovasi.

Menyasar pasar perempuan dengan rentang usia 18-40 tahun dan SES menengah, Azarine menawarkan produk dengan value proposition seperti menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk kulit, harga terjangkau, dan memiliki aroma yang sangat nyaman bagi penggunanya.

Brand ini pun pernah menggaet aktor Korea Lee Min Ho sebagai brand ambassador dan berhasil masuk 10 besar dengan penjualan Rp22,8 miliar.

9. Bio Beauty Lab

Bio Beauty Lab merupakan merek lokal yang memproduksi produk perawatan wajah di bawah PT Bintang Berlian Laboratoria. Brand ini berhasil mencuri perhatian lewat konsep unik yang memadukan Science dan Natural Ingredients.

Sejak hadir di tahun 2018, brand Bio Beauty Lab sudah fokus untuk memproduksi skin care dalam bentuk face oil. Balancing Facial Oil dan Nourishing Facial Oil menjadi dua produk yang ditawarkan pertama kali oleh Bio Beauty Lab. Semakin berkembang, produk face oil yang ditawarkan juga semakin beragam, mulai dari Healing Facial Oil hingga Ultralight Lavender Cleansing Oil.

Menurut research yang dilakukan Compas.co.id, brand skincare ini pun berhasil meraih total penjualan sebesar Rp5.7 miliar pada periode April – Juni 2022.

10. Erha

Erha merupakan brand skincare lokal yang awalnya populer dari sebuah klinik kecantikan yang berdiri sejak tahun 1999. Adapun, pendiri ERHA adalah dr. Ronny Handoko, SpKK (K), seorang dokter kulit terkemuka di Indonesia yang memiliki semangat dalam merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut.

Produk-produk Erha dikenal manfaatnya melalui kliniknya yang telah beroperasi sejak lama tersebut. Tak mengherankan jika produk Erha mampu laris di pasaran karena sudah duluan dikenal masyarakat dari kliniknya.

Menurut research yang dilakukan Compas.co.id, Erha pernah mencatat penjualan sebesar Rp11,5 miliar pada kuartal II – 2022.

11. N’Pure

NPURE merupakan brand skincare lokal yang telah berdiri sejak 2017. Sejak pertama kali didirikan oleh Willy Handoko, brand ini berkomitmen mengutamakan penggunaan bahan baku utama alami.

Brand lokal yang menyuarakan 'Pure Beauty in Natural Way' ini pun mendukung perempuan Indonesia untuk tampil lebih percaya diri dengan kulit sehat alami.

Brand ini pun pernah menjadi skincare natural terbaik di Indonesia. Pada April 2022 lalu, NPURE meraih penghargaan dari Rekor Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan kategori Skincare Lokal Pertama di Indonesia yang menggunakan daun untuh pada setiap kemasannya.

12. Emina

Emina merupakan kosmetik lokal yang berasal dari Indonesia, yaitu dari PT Paragon Technology and Innovation yang didirikan oleh Nurhayati Subakat. Dia tak hanya mengelola Wardah, termasuk Emina namun juga sejumlah merek kosmetik populer lainnya.

Emina sendiri populer di kalangan remaja Indonesia. Produk-produk Emina yang populer di antaranya lip tint, CC cream, dan produk perawatan kulit. Brand ini pun telah menghadirkan berbagai produk skincare mulai dari face wash, moisturizer, toner, dan lainnya.

Dengan harganya yang terjangkau dan juga packaging yang manis, tak heran bahwa brand ini berhasil masuk ke dalam top 10 brand skincare lokal.

Menurut data Compas.co.id, penjualan brand Emina di marketplace telah mencapai Rp7.4 miliar selama kuartal II – 2022.

13. Whitelab

Whitelab yang dirintis oleh Jessica Lin ini merupakan salah satu skincare lokal dengan formulasi khusus untuk membantu perempuan Indonesia mengatasi permasalahan sekaligus merawat wajah.

Berdiri sejak 2020, Whitelab sudah mendapatkan penghargaan bergengsi, seperti Tokopedia Beauty Awards 2021, Line Today Choice 2021, dan Female Daily Best of Beauty Awards 2021.

14. MS Glow

Didirikan pada 2013 oleh Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala, MS Glow berhasil mencatat penjualan sebesar Rp29,4 miliar pada 2022.

Brand ini menawarkan produk pencerah kulit dan juga memperkenalkan produk perawatan untuk pria, yaitu MS Glow Men Skincare.

Menurut data Compas.co.id, total penjualan MS Glow pernah mencapai Rp29.4 miliar pada periode April – Juni 2022.

Baca Juga: 5 Urutan Skincare yang Tepat untuk Jaga Kulit Tetap Sehat