Apple memberikan penghargaan kepada 17 aplikasi dan game dengan mengumumkan para pemenang App Store Award 2024. Para pengembang pemenang tahun ini dinilai telah menciptakan aplikasi dan game yang meningkatkan kehidupan pengguna dan memengaruhi budaya di seluruh dunia. Dari pengusaha perorangan hingga tim multinasional, para pemenang App Store Award ini dipilih dari 45 finalis oleh Editor App Store karena menunjukkan pengalaman terbaik bagi pengguna, desain, dan inovasi yang luar biasa.

"Kami sangat gembira dapat memberikan penghargaan kepada kelompok pengembang mengagumkan ini yang memanfaatkan perangkat dan teknologi Apple untuk memberikan pengalaman yang memperkaya kehidupan pengguna dan memberikan dampak yang besar pada komunitas mereka," ujar Tim Cook, CEO Apple, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (12/12/2024).

Baca Juga: Mendorong Investasi Apple di Indonesia: Peluang dan Tantangan dalam Era Digital

Berikut Pemenang App Store Award 2024

  • Aplikasi iPhone Tahun Ini: Kino dari Lux Optics Inc.;
  • Aplikasi iPad Tahun Ini: Moises dari Moises Systems Inc.;
  • Aplikasi Mac Tahun Ini: Adobe Lightroom, dari Adobe Inc.;
  • Aplikasi Apple Vision Pro Tahun Ini: What If…? An Immersive Story dari Disney;
  • Aplikasi Apple Watch Tahun Ini: Lumy dari Raja V;
  • Aplikasi Apple TV Tahun Ini: F1 TV dari Formula One Digital Media Limited;

Game

  • Game iPhone Tahun Ini: AFK Journey dari Farlight Games;
  • Game iPad Tahun Ini: Squad Busters dari Supercell;
  • Game Mac Tahun Ini: Thank Goodness You’re Here! from Panic, Inc.;
  • Game Apple Vision Pro Tahun Ini: THRASHER: Arcade Odyssey, dari Puddle, LLC;
  • Game Apple Arcade Tahun Ini: Balatro+ dari Playstack Ltd.

Pemenang yang Berikan Dampak Budaya

Selain memberikan penghargaan kepada aplikasi dan game di seluruh perangkat Apple, Editor App Store juga memilih enam pemenang kategori Dampak Budaya yang mengakui dampak berkelanjutan yang diberikan aplikasi dan game ini terhadap kehidupan pengguna dan komunitas. Pemenang tahun ini memberdayakan pengguna untuk memanfaatkan rasa ingin tahu intelektual mereka, membina hubungan antara keluarga dan teman, serta memperjuangkan dunia yang lebih mudah diakses.

  1. Oko dari AYES BV: menggabungkan inovasi dan kesederhanaan untuk membantu pengguna tunanetra atau yang memiliki gangguan penglihatan menjelajahi jalan-jalan kota dengan percaya diri;
  2. EF Hello dari Signum International AG: mengintegrasikan pendekatan pembelajaran sistematis untuk mendukung pelajar bahasa di semua tingkatan, membantu mereka meningkatkan komunikasi dan terlibat lebih baik dengan dunia di sekitar mereka;
  3. DailyArt dari Zuzanna Stanska: dengan menghubungkan pengguna ke karya seni luar biasa lintas abad dan pergerakan, DailyArt memicu keingintahuan intelektual dan rasa ingin tahu pengguna;
  4. NYT Games dari The New York Times Company: NYT Games menghubungkan keluarga dan teman lintas generasi dengan berbagai permainan harian yang seru dan sederhana;
  5. The Wreck dari The Pixel Hunt:menggambarkan perjuangan batin pikiran saat menghadapi krisis lewat adegan sinematik dan narasi interaktif;
  6. Do You Really Want to Know 2 dari Gamtropy Co., Ltd: mengeksplorasi nuansa hidup dengan HIV, menawarkan sumber daya lokal dan materi pendidikan kepada pengguna untuk mengarahkan percakapan dengan keluarga dan teman.