Dokter sekaligus entrepreneur, Tirta Mandira Hudhi, menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap laporan keuangan bagi para pelaku bisnis, khususnya mereka yang berada di posisi puncak, seperti CEO atau pemilik usaha.

Menurutnya, kemampuan membaca financial statement bukan hanya nilai tambah, tetapi syarat mutlak untuk memastikan keberlanjutan bisnis.

Baca Juga: Revenue Bukan Acuan, Dokter Tirta Ungkap Ini Ciri Sosok Pebisnis Hebat

"Menjadi seorang business owner atau CEO itu harus melek keuangan. Harus bisa membaca financial statement," ujar Dokter Tirta dalam sebuah video yang dikutip Olenka pada Selasa (17/06/2025).

Ia menegaskan bahwa aspek finansial merupakan fondasi utama yang menopang operasional usaha. Tanpa penguasaan di bidang ini, risiko salah arah dalam pengambilan keputusan bisa meningkat, bahkan berujung pada kerugian besar.

Baca Juga: Dokter Tirta: Privilege Itu Modal, Tinggal Kita Mau Pakai untuk Apa

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa seorang pemimpin di level eksekutif sebaiknya menguasai tiga kemampuan utama, yakni keuangan, decision analysis, dan framework analysis. Tanpa itu, risiko ditipu pegawai hingga gagal menganalisis kondisi bisnis sangat besar.

"Taunya revenue naik, emang bisnis itu ditentukan dari revenue? Enggak lah. Revenue tinggi tapi kalau COGS (Cost of Goods Sold) boncos, dia gak bisa bayar liabilitas, gak bisa bayar interest, habis dia," tegasnya.

Dokter Tirta juga menyebut bahwa indikator kesehatan bisnis tidak hanya diukur dari pertumbuhan pendapatan. Namun, dilihat dari net profit marginnya.

Baca Juga: Dokter Tirta Ungkap Skill Ajaib Seorang Leader: Delegasi

“Perusahaan itu dilihat dari apa? Net profit margin, titik tanpa koma. Kalau NPM-nya merah, walau growth 20%, bagiku itu perusahaan bleeding, mengurangi equity,” terangnya.

Ia mengakui bahwa aspek lain dalam bisnis seperti pemasaran dan sumber daya manusia memang penting, tetapi dapat didelegasikan kepada profesional di bidangnya masing-masing. Tidak perlu semuanya dibebankan kepada CEO.

Baca Juga: 2 Langkah Strategis Agar CEO Menutup Tahun 2025 Sebagai Pemimpin yang Lebih Tajam dan Lebih Sehat

"Marketnya gimana Dok? Mending bayar orang, CMO (Chief Marketing Officer). HR bayar orang, PP management," katanya.

Sejalan dengan itu, di akhir pernyataannya, Dokter Tirta menyarankan agar para pelaku bisnis mau belajar dari orang-orang finansial jika belum memahami aspek tersebut.

“Kalau gak tau, belajar,” tutupnya.