Dalam rangka memperingati bulan peduli kanker payudara internasional di bulan Oktober di tahun ini, brand pembalut wanita Charm dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mengadakan edukasi periksa payudara sendiri (SADARI) kepada lebih dari 400 siswi dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta, sesuai dengan slogan yang dicanangkan pada tahun 2022 ‘Ayo SADARI Setelah Menstruasi’, yang bertempat Balai Komando, Jakarta Timur, Rabu (2/10/2024).

Dalam kegiatan kali ini, dokter spesialis Bedah Onkologi dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K),MPH memberikan penjelasan kepada para peserta tentang gejala kanker payudara, dan cara untuk mengatasi temuan kanker payudara stadium lanjut.

dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K)., menjelaskan, sama halnya dengan penyakit lain, kanker payudara pun sangat penting untuk bisa dideteksi secara dini. Karena, jika bisa dideteksi secara dini, maka peluangnya tinggi untuk bisa disembuhkan.

“Oleh karena itu, pertama-tama marilah biasakan untuk melakukan periksa payudara sendiri secara rutin setiap bulan pada 1 minggu hingga 10 hari pertama setelah selesai menstruasi,” ujar dr. Iskandar.

dr. Iskandar lantas melanjutkan, jika menemukan adanya perubahan sekecil apapun pada payudara ataupun rasa sakit, jangan dibiarkan dan tidak perlu ditutup-tutupi, diskusikan bersama orang tua, dan segera pergi ke instansi kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan.

“Dan yang terakhir, tentunya yang tidak kalah penting untuk menjaga tubuh baik dari resiko kanker payudara maupun penyakit lainnya adalah pola hidup yang sehat. Dengan makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga teratur akan dapat mencegah timbulnya penyakit,” papar dr. Iskandar.

Sementara itu, Syifa Hadju, selaku Brand Ambassador Charm, mengatakan, sebagai generasi muda wanita Indonesia, dirinya selalu peduli dengan berbagai permasalahan sosial, termasuk masalah kesehatan.

Menurut Syifa Hadju, kegiatan yang diadakan oleh Charm dan YKPI kali ini sangat bermanfaat karena memberikan wawasan baru kepada para remaja putri tentang pentingnya periksa payudara sendiri setelah menstruasi.

“Saya sendiri sudah mulai membiasakan diri untuk rutin melakukannya, sesuai slogan dari Charm dan YKPI ‘Ayo SADARI Setelah Menstruasi’. Lalu, saat sedang menstruasi, saya selalu memakai Charm karena selain kualitas produknya yang baik, Charm juga selalu aktif berkontribusi dalam memecahkan permasalahan kesehatan yang dihadapi wanita,” tutur Syifa Hadju.

“Saya dan Charm berharap dapat menjadikan periksa payudara sendiri setelah menstruasi sebagai suatu kebiasaan. Dan kepada para siswi yang hadir di kegiatan hari ini, mari sebarkan hal-hal yang dipelajari kepada teman-teman dan keluarga di sekitar kalian, dan mari mendukung sesama wanita Indonesia,” sambung Syifa Hadju.

Baca Juga: Uni-Charm dan YKPI Gelar Edukasi SADARI kepada Lebih dari 400 Siswi SMP & SMA di Jakarta

Di kesempatan yang sama, Founder YKPI, Ibu Linda Agum Gumelar mengatakan, Charm dan YKPI memulai kolaborasi pada tahun 2021 dengan dilandasi adanya visi yang sama yaitu melindungi wanita Indonesia di seluruh usia dari resiko terkena kanker payudara.

“Hingga saat ini berbagai upaya telah dilakukan, dan selama 1 tahun ini kami telah melakukan screening kanker payudara kepada lebih dari 6,000 siswi, mahasiswi dan guru wanita, serta mengajarkan cara periksa payudara sendiri,” tutur Ibu Linda Agum Gumelar.

“Pada kegiatan kali ini pun, kami tidak hanya mengajarkan cara periksa payudara sendiri saja, tetapi juga menjawab pertanyaan dari para siswi dari beberapa SMP dan SMA melalui talkshow, sehingga diharapkan dapat memberi pemahaman dasar terkait kanker payudara, serta tips untuk deteksi dini kanker payudara,” lanjut Ibu Linda Agum Gumelar.

Kemudian, Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Sri Haryani, menuturkan, kegiatan kali ini dihadiri oleh lebih dari 400 siswi dari beberapa SMP dan SMA di Jakarta. Melalui edukasi dari para ahli terkait cara deteksi dini kanker payudara, Uni-Charm berharap dapat berkontribusi terhadap upaya Pemerintah dalam membina dan melindungi generasi masa depan Indonesia.

“Lalu, terkait upaya yang kami lakukan melalui produk-produk kami, melanjutkan inisiatif yang sudah dilakukan di tahun lalu, di tahun ini kami meletakkan logo Ayo SADARI Setelah Menstruasi di semua kemasan produk Charm,” ujar Sri Haryani.

“Tujuannya tentu adalah untuk lebih menyebarluaskan slogan Ayo SADARI Setelah Menstruasi, dan juga mengingatkan para wanita untuk melakukan periksa payudara sendiri setiap kali melihat kemasan produk Charm, terutama saat akan mengganti pembalut di masa menstruasi,” lanjut Sri Haryani.

Baca Juga: Popok Bayi hingga Tisu Basah Antibakteri, Unicharm Luncurkan Produk Limited Edition dengan Bio Material