Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diperingati setiap 12 Desember sudah di depan mata. Momen 12.12 yang jatuh esok hari tentunya dinantikan oleh pelaku usaha dan pecinta belanja online. Berbagai diskon dan promo menarik pun bertebaran, khususnya di sejumlah platform e-commerce.
Peringatan Harbolnas 2024 yang sudah mulai berlangsung ini, diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Riset Compas Market Insights memprediksi pertumbuhan nilai penjualan sebesar 25,2% pada Harbolnas 2024. Selain itu, Kementerian Perdagangan juga menargetkan peningkatan transaksi hingga Rp29,812 triliun, naik 16% dari tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan optimisme dan antusiasme masyarakat dalam festival puncak belanja akhir tahun kali ini.
Lazada Indonesia (Lazada) sebagai salah satu pelopor Harbolnas di Indonesia turut memeriahkan pesta belanja akhir tahun kali ini melalui kampanye bertajuk Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan dengan serangkaian penawaran terbaik yang bisa dinikmati pelanggan sejak 9 Desember lalu hingga 16 Desember 2024 mendatang.
Kemeriahan ini tentunya perlu diantisipasi pelanggan, mengingat berbagai promo dan antusiasme yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan keputusan pembelian yang tepat.
Berikut sejumlah tips jitu yang bisa bantu maksimalkan keuntungan belanja pada momentum Harbolnas 2024, sebagaimana dikutip dalam rilis yang diterima Olenka, Rabu (11/12/2024).
Baca Juga: Rayakan Harbolnas, Lazada Percepat Hadirnya '12.12 Promo Habis-Habisan'
1. Susun Rencana Belanja Online
Untuk memaksimalkan keuntungan pada musim belanja online, penting untuk membuat perencanaan yang tepat. Buat daftar produk yang kamu incar dan prioritaskan belanja sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan.
Misalnya, kamu ingin membeli baju, peralatan elektronik, dan alat rumah tangga tertentu, maka sebelum Harbolnas dimulai, kamu bisa menuliskan dulu semua barang yang ingin dibeli, lengkap dengan harganya, agar kamu bisa memperkirakan berapa estimasi pengeluarannya dan kamu bisa terhindar dari pola pembelian yang impulsif.
Di aplikasi Lazada, pengguna juga bisa meminta bantuan AI Lazzie untuk mencari inspirasi dan rekomendasi produk dengan anggaran tertentu melalui fitur Pesan+ dan menghemat waktumu dalam berbelanja online!
2. Pilih Produk Terbaik dan Terpercaya
Laporan Kantar dan Lazada yang berjudul “Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara” pada Oktober 2024 lalu mengungkapkan bahwa ulasan produk adalah fitur terpenting di platform eCommerce bagi 62% pembeli online di Indonesia. Dengan ulasan produk, pembeli dapat membuat keputusan pembelian yang lebih terinformasi.
Akan tetapi, melimpahnya informasi justru sering kali membuat pembeli kesulitan mengambil keputusan atau malah takut memilih barang yang salah. Untuk itu, Lazada melalui AI Lazzie memiliki fitur AI Summary yang dapat merangkum semua ulasan pembeli.
Di halaman toko, terdapat juga rangkuman dari performa toko di bagian ‘Impresi Toko’. Hal ini tentu bisa membantu kamu ketika browsing produk terbaik dan membeli dari toko terpercaya di platform Lazada.
3. Selalu Ikuti Info Terbaru tentang Promo Harbolnas
Masih dalam laporan Kantar, sebanyak 49% pembeli online di Indonesia mengaku takut ketinggalan informasi terkait voucher dan diskon. Ketinggalan informasi akan membuat kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penawaran terbaik. Maka itu, penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru terkait promo yang kamu incar.
Nyalakan notifikasi aplikasi eCommerce dan akun media sosial resmi seperti aplikasi Lazada, akun Instagram @lazada_id, dan TikTok @lazadaid agar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru dan kesempatan menguntungkan lainnya. Temukan berbagai penawaran menarik yang diumumkan di media sosial.
Baca Juga: Undang 1.000 Penjual, Lazada Seller Conference 2024 Dorong Penjual Online Unggulan dan Siap Bersaing
4. Catat Promo dan Pasang Reminder
Kalau kamu suka riset lebih untuk dapetin harga terbaik, kamu nggak sendiri! Laporan yang sama dari Kantar juga mengungkapkan bahwa 36% pembeli online di Indonesia sangat memperhatikan harga. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, memang penting untuk selalu membandingkan harga, mencari flash sale, dan menunggu promo.
Dalam festival belanja online Lazada 12.12, kanal LazMall juga menawarkan pilihan brand box berisi bundling produk favorit dengan harga spesial dan hadiah eksklusif dari berbagai brand kesayangan.
Selain itu, ada banyak cara mudah untuk mendapatkan potongan harga lebih di aplikasi Lazada, salah satunya adalah mengumpulkan LazRewards yang muncul ketika membuka aplikasi Lazada. Kamu juga bisa masuk ke Pesan+ dan mengetik LazzieChatHunt setiap hari dan mengumpulkan LazRewards harian. Selain LazRewards, ada juga koin yang bisa dikumpulkan secara harian juga.
5. 12.12 Dimulai, Saatnya Belanja!
Selesai persiapan, saatnya mulai belanja di Harbolnas! Menyambut semarak pesta belanja pada akhir tahun ini, Lazada menggelontorkan diskon hingga 90% dan voucher bonus senilai Rp1,2 juta.
Tak hanya itu, melalui kampanye Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan pelanggan bisa mendapatkan rice cooker, smart watch, mesin cuci, smart TV, iPhone 14, hingga motor Yamaha Gear 125 hanya dengan harga Rp12 ribu menggunakan kode voucher yang akan diumumkan di aplikasi Lazada pada tanggal 10-16 Desember 2024 setiap pukul 12.00.
Melalui kanal khusus kebutuhan harian dan rumah tangganya, LazMart, Lazada juga menawarkan diskon tambahan sebesar 10% hingga Rp70 ribu dengan minimum pembelian Rp70 ribu. Pelanggan juga bisa mendapat keuntungan berlipat dengan penawaran “beli banyak, lebih hemat” dan kenyamanan single-delivery untuk pembelanjaan dari berbagai brand berbeda.
“Kami melihat antusiasme yang tinggi dari pelanggan dalam menyambut momen Harbolnas kali ini serta didukung juga oleh momen akhir tahun. Lazada senantiasa memberikan penawaran dan layanan terbaik untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Karena itu, kami meluncurkan Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan dengan berbagai potongan spesial dan jaminan harga terbaik, serta periode yang lebih panjang dibandingkan biasanya. Kami berharap pelanggan bisa menutup akhir tahun ini dengan pengalaman belanja online terbaik bersama Lazada,” jelas Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.