3. Amazon
Amazon memiliki kelipatan rata-rata pada tahun 2024 sebesar 4,13. Basis pelanggan yang besar dan kepercayaan pada platform Amazon membuat bisnis ini menarik bagi pembeli bisnis.
Penggerak utama untuk valuasi tinggi Amazon meliputi ulasan produk yang bagus, riwayat penjualan, dan reputasi merek. Optimalkan daftar, kelola inventaris dengan baik, dan berikan layanan pelanggan yang hebat untuk meningkatkan nilai.
4. E-commerce
Pada paruh pertama tahun 2024, bisnis e-Commerce telah terjual dengan kelipatan rata-rata 3,81. Dengan meningkatnya belanja daring sejak pandemi global tahun 2020, bisnis ini telah mempertahankan potensi pertumbuhan yang besar.
Faktor-faktor seperti rangkaian produk yang beragam, hubungan pemasok yang kuat, dan pemasaran yang efektif berkontribusi pada nilai mereka. Untuk lebih meningkatkan valuasi bisnis, sederhanakan operasi, tingkatkan pengalaman pengguna, dan gunakan analitik data.
5. Aplikasi
Aplikasi memiliki kelipatan 3,73 pada paruh pertama tahun 2024 ini. Popularitas dan potensi pertumbuhan viralnya membuat aplikasi menguntungkan. Aspek utama meliputi biaya akuisisi pengguna, tingkat retensi, dan strategi monetisasi.
Tingkatkan aplikasi, fokus pada pengalaman pengguna, dan jelajahi model pendapatan baru untuk meningkatkan nilai.
6. Bisnis berbasis layanan
Bisnis berbasis layanan memiliki kelipatan rata-rata pada tahun 2024 sebesar 3,11. Bisnis ini meliputi konsultasi, pemasaran digital, dan layanan profesional lainnya. Nilainya terletak pada hubungan klien, kontrak berulang, dan keahlian khusus.
Untuk meningkatkan nilai, kembangkan proses standar, bangun portofolio klien yang kuat dan loyal, dan berinvestasilah dalam membangun tim yang kuat untuk mengurangi ketergantungan pada pemilik.
Baca Juga: 11 Ide Bisnis Sampingan untuk Para Introvert, Bisa Dikerjakan Online!