Growthmates, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa beberapa bisnis online bernilai tinggi sementara yang lain mengalami kesulitan? Dalam artikel ini, Olenka akan menunjukkan kepada kamu bisnis online apa yang menghasilkan uang paling banyak dan mengapa bisnis tersebut sangat berharga.

Banyak pengusaha gagal untuk mencapai kesuksesan besar, karena mereka tidak tahu apa yang membuat sektor tempat mereka beroperasi menjadi berharga dan mengapa. Mari kita ubah itu hari ini.

Nilai bisnis online ini biasanya dihitung dengan mengambil laba bisnis (EBITDA) dan mengalikannya dengan angka khusus sektor yang disebut kelipatan.

Dan, berikut adalah 6 bisnis online teratas dengan kelipatan tertinggi pada tahun 2024, sebagaimana dikutip dari Forbes, Kamis (10/10/2024).

1. Perangkat Lunak sebagai Layanan

Bisnis SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan) menduduki puncak daftar dengan kelipatan 6,03 pada paruh pertama tahun 2024. Pendapatan berulang, retensi pelanggan yang tinggi, dan skalabilitas menjadikan bisnis SaaS sangat berharga.

Investor menyukai arus kas yang dapat diprediksi dan potensi pertumbuhan. Untuk memaksimalkan nilai, pemilik bisnis harus mengurangi tingkat churn, menaikkan harga langganan, dan terus berinovasi pada perangkat lunak.

2. Bisnis konten

Bisnis konten, seperti blog, saluran YouTube, dan podcast, berada di urutan berikutnya dengan kelipatan 4,92. Konten berkualitas tinggi menarik audiens yang loyal, mendorong pendapatan iklan dan kesepakatan sponsor.

Untuk meningkatkan nilai sebagai pemilik bisnis konten, secara konsisten hasilkan konten yang menarik, diversifikasikan aliran pendapatan, dan bangun kehadiran merek yang kuat.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Online untuk Ibu Rumah Tangga, Tanpa Modal dan Hasilkan Cuan dari Rumah!

3. Amazon

Amazon memiliki kelipatan rata-rata pada tahun 2024 sebesar 4,13. Basis pelanggan yang besar dan kepercayaan pada platform Amazon membuat bisnis ini menarik bagi pembeli bisnis.

Penggerak utama untuk valuasi tinggi Amazon meliputi ulasan produk yang bagus, riwayat penjualan, dan reputasi merek. Optimalkan daftar, kelola inventaris dengan baik, dan berikan layanan pelanggan yang hebat untuk meningkatkan nilai.

4. E-commerce

Pada paruh pertama tahun 2024, bisnis e-Commerce telah terjual dengan kelipatan rata-rata 3,81. Dengan meningkatnya belanja daring sejak pandemi global tahun 2020, bisnis ini telah mempertahankan potensi pertumbuhan yang besar.

Faktor-faktor seperti rangkaian produk yang beragam, hubungan pemasok yang kuat, dan pemasaran yang efektif berkontribusi pada nilai mereka. Untuk lebih meningkatkan valuasi bisnis, sederhanakan operasi, tingkatkan pengalaman pengguna, dan gunakan analitik data.

5. Aplikasi

Aplikasi memiliki kelipatan 3,73 pada paruh pertama tahun 2024 ini. Popularitas dan potensi pertumbuhan viralnya membuat aplikasi menguntungkan. Aspek utama meliputi biaya akuisisi pengguna, tingkat retensi, dan strategi monetisasi.

Tingkatkan aplikasi, fokus pada pengalaman pengguna, dan jelajahi model pendapatan baru untuk meningkatkan nilai.

6. Bisnis berbasis layanan

Bisnis berbasis layanan memiliki kelipatan rata-rata pada tahun 2024 sebesar 3,11. Bisnis ini meliputi konsultasi, pemasaran digital, dan layanan profesional lainnya. Nilainya terletak pada hubungan klien, kontrak berulang, dan keahlian khusus.

Untuk meningkatkan nilai, kembangkan proses standar, bangun portofolio klien yang kuat dan loyal, dan berinvestasilah dalam membangun tim yang kuat untuk mengurangi ketergantungan pada pemilik.

Baca Juga: 11 Ide Bisnis Sampingan untuk Para Introvert, Bisa Dikerjakan Online!