Growthmates, dalam lingkungan kerja yang dinamis saat ini, stres seringkali tak dapat dihindari. Dari tenggat waktu yang ketat hingga tugas yang berat, kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan adalah keterampilan berharga yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan.
Berikut 5 tips efektif untuk membantumu mengelola stres secara efektif dan menjaga ketenangan di tempat kerja. Yuk, simak!
1. Latih pernapasan dalam
Di tengah meningkatnya tingkat stres, luangkan waktu sejenak untuk latihan pernapasan dalam. Nafas yang lambat dan disengaja dapat menenangkan pikiran dan mengurangi indikator stres fisiologis seperti peningkatan detak jantung dan ketegangan otot.
Gabungkan teknik mindfulness dengan memusatkan perhatian pada momen saat ini dan mengamati pikiranmu tanpa menghakimi. Latihan ini dapat membuat kamu tetap terpusat dan lebih siap untuk menangani tantangan yang muncul.
2. Mengatur dan memprioritaskan tugas
Perasaan kewalahan sering kali disebabkan oleh disorganisasi dan prioritas yang tidak jelas. Mulailah setiap hari dengan membuat daftar tugas dan memprioritaskannya berdasarkan tenggat waktu dan kepentingannya.
Memecah tugas-tugas kompleks menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan mudah dikelola dapat membuat tugas tersebut tidak terlalu menakutkan. Dengan mengatur beban kerja, kamu dapat melakukan setiap tugas secara sistematis dan mengurangi stres yang disebabkan oleh ketidakpastian.
Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas di Tempat Kerja, Mau Coba?