Growthmates, apakah ini hari pertama kamu bekerja sebagai karyawan baru? Di satu sisi, rasanya senang karena diterima bekerja, apalagi jika diterima di perusahaan idaman atau bidang yang sesuai passion. Namun di sisi lain, jantung berdetak lebih kencang karena akan bertemu dengan atasan dan rekan kerja.

Bekerja hari pertama bisa jadi pengalaman yang unik. Ini seperti memasuki dunia baru di mana segala sesuatunya terasa berbeda namun mengasyikkan. Perasaan pencapaian, akhirnya mencapai tujuan yang Anda inginkan, dan memulai perjalanan baru.

Untuk menjadikan perjalanan ini lebih menyenangkan, setidaknya ada 5 hal penting yang perlu kamu pelajari tentang budaya perusahaan. Dan dikutip dari laman Times of India, Kamis (2/5/2024), berikut ulasannya.

1. Dokumentasikan semua yang dikerjakan

Mendokumentasikan semua yang dikerjakan sangatlah penting dan bernilai. Ini berfungsi sebagai catatan kontribusi, kemajuan, dan pencapaianmu terhadap perusahaan.

Mendokumentasikan pekerjaan juga dapat membantu kamu tetap terorganisir dan juga memberi kamu pengamatan berharga tentang kinerja kerja. Dengan menyimpan catatan rinci tentang tugas, kamu dapat dengan mudah melacak pencapaianmu sendiri, mengidentifikasi titik lemah diri, dan menunjukkan keahlian dan kontribusimu kepada tim dan atasanmu.

Dokumentasi juga membantu menjaga transparansi dan kejelasan di tempat kerja. Ini adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan kemajuan di dunia usaha, dan juga menggambarkan tekad dan profesionalismemu terhadap perusahaan.

2. Susun jadwal dengan jelas

Dalam dunia kerja atau korporat, penting untuk mengomunikasikan tenggat waktu dengan jelas dan bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum kamu berkomitmen.

Pendekatan menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu yang dijadwalkan menunjukkan dedikasi dan membangun keandalan dalam diri kamu untuk melampaui ekspektasi dan unggul dalam tugas yang diberikan. Ini semakin membangun rasa percaya dengan tim dan atasanmu dan juga meningkatkan kepercayaan diri kamu sendiri.

Baca Juga: 6 Cara Menerapkan Mindfulness di Tempat Kerja, Catat Ya!

3. Jangan takut untuk bertanya

Mengajukan pertanyaan adalah kualitas yang bagus, karena itulah cara kamu mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan diri. Ini membantu kamu memahami apa yang sedang terjadi, dan bahkan penting untuk mempertanyakan berbagai hal. Bertanya membuat kamu memahami pekerjaan dan pekerjaan dengan lebih baik, menunjukkan bahwa kamu bersemangat untuk belajar dan membantumu menghindari kesalahan. Jadi, jangan takut untuk bertanya karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk sukses di dunia usaha.

4. Jangan ragu meminta bantuan

Meminta bantuan tidak apa-apa, tetapi pertama-tama, cobalah yang terbaik. Berusaha adalah hal yang paling penting dan penting. Ini menunjukkan bahwa kamu berusaha keras, dan ini merupakan kualitas yang disukai semua orang.

Mencoba dan berusaha sendiri juga membantu kamu belajar lebih baik. Ketika kamu memang meminta bantuan, pada akhirnya kamu akan lebih percaya diri karena tahu telah memberikan yang terbaik.

Baca Juga: 8 Teknik Menarik ala Orang Jepang Agar Tetap Produktif di Tempat Kerja

5. Teruslah tekun dan jangan mudah menyerah

Ketekunan berarti tidak menyerah, bahkan ketika keadaan menjadi sulit, dan menghindari drama yang tidak perlu. Dalam dunia korporat, penting untuk tetap kuat dan fokus pada tujuanmu sendiri, tidak peduli betapa sulitnya hal tersebut.

Ingatlah untuk konsisten, tenang, dan selalu tersenyum. Ketekunan membantu kamu bergerak maju ketika menghadapi kesulitan atau kemunduran di tempat kerja. Tidak membiarkan masalah kecil berubah menjadi drama adalah hal penting lainnya yang menunjukkan kepada tim dan atasamu bahwa kamu bertekad dan dapat diandalkan.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan Agar Menjadi Lebih Produktif, Catat!