Growthmates, dalam dunia bisnis, menjalani sebuah pertemuan tidak bisa dihindari dalam kehidupan profesional. Baik itu presentasi penting di hadapan para eksekutif perusahaan atau melakukan pertemuan tim rutin dalam sebuah rapat.

Banyak orang setuju bahwa berbagi ide dalam rapat kantor bisa menjadi pengalaman yang menegangkan. Mengatasi rasa gugup dan menyampaikan ide dengan percaya diri adalah keterampilan yang bisa dikembangkan.

Karenanya, cobalah 5 tips ini untuk membantumu merasa lebih nyaman saat berbagi ide maupun presentasi dalam rapat kantor. Yuk, simak

1. Persiapkan dengan matang

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa gugup adalah persiapan yang matang. Sebelum rapat, pastikan kamu memiliki pemahaman mendalam tentang topik atau isu yang akan didiskusikan.

Ini termasuk melakukan penelitian, mengumpulkan data, dan membuat presentasi yang terstruktur dengan baik jika diperlukan. Jika kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik, kemungkinan besar kamu akan merasa percaya diri dengan informasi yang akan dibagikan.

Selain itu, antisipasi pertanyaan atau tantangan yang mungkin muncul selama pertemuan dan bersiaplah dengan tanggapan yang bijaksana. Semakin banyak kamu mempersiapkan diri, semakin kamu dapat mengandalkan pengetahuan dan keahlianmu, yang dapat mengurangi kecemasan secara signifikan.

Baca Juga: 8 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan di Tempat Kerja, Apa Saja?

2. Latih cara penyampaian

Kegugupan muncul karena rasa takut berbicara di depan umum atau menjadi sorotan. Untuk mengatasinya, berlatihlah menyampaikan idemu terlebih dahulu. Kamu dapat berlatih di depan cermin, merekam diri sendiri, atau bahkan mencari teman atau mentor untuk memberikan masukan.

Mempraktikkan penyampaian dapat membantu kamu menjadi lebih akrab dengan materi dan meningkatkan kenyamanan dalam presentasi.

Perhatikan nada suara, bahasa tubuh, dan kebiasaan gugup yang mungkin kamu alami, seperti gelisah atau berbicara terlalu cepat. Mengidentifikasi dan mengatasi masalah ini selama latihan dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam caramu tampil dalam rapat.

3. Fokus pada pesannya

Seringkali, kita menjadi gugup ketika kita merasa minder. Kamu mungkin khawatir tentang persepsi orang atau takut membuat kesalahan. Untuk mengatasi hal ini, alihkan fokusmu dari diri sendiri ke pesan yang akan kamu sampaikan. Ingatlah bahwa ide-ide kamu adalah hal yang paling penting, dan kamu membagikannya untuk berkontribusi pada kesuksesan tim.

4. Kendalikan lingkungan

Merasa nyaman di lingkungan rapat juga bisa membantu. Datanglah lebih awal ke pertemuan jika memungkinkan, sehingga kamu dapat merasa nyaman dan mengenal ruangan tersebut. Periksa apakah teknologi atau materi presentasi berfungsi sesuai harapan.

Jika kamu menggunakan slide dll, pastikan slide tersebut dipersiapkan dengan baik dan mudah diikuti. Rapat yang berjalan lancar dengan sedikit gangguan dapat membantu Anda merasa lebih terkendali, yang pada akhirnya mengurangi rasa gugup.

5. Mendengarkan

Ketika kamu sepenuhnya terlibat dengan apa yang orang lain katakan, kamu kurang fokus pada kecemasanmu. Mendengarkan juga memungkinkan kamu merespons dengan lebih bijaksana dan mengembangkan poin-poin yang dikemukakan orang lain.

Pemahaman dapat menciptakan suasana positif dalam pertemuan sehingga memudahkan kamu dalam menyampaikan ide.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 3 Langkah Efektif Menetapkan Batasan di Tempat Kerja, Catat Ya!