Wardah sebagai brand ParagonCorp resmi meluncurkan inovasi terbarunya, yaitu Hijab Studio AI, Hijab Color Sync, dan Hair Color Match. Peluncuran dilakukan pada ajang Stage Hijab Fest yang dihelat Jumat (31/10/2025).

Wardah menghadirkan pengalaman interaktif bagi pengunjung untuk mengeksplorasi gaya dan warna hijab yang sesuai dengan karakter masing-masing melalui studio AI.

Lewat aplikasi ini pula pengunjung dapat mencoba berbagai model untuk mengetahui style yang cocok seperti pashmina dan square. Tidak hanya dari segi model, pengunjung juga dapat menyesuaikan pilihan warna hijab berdasarkan seasonal color secara digital.

Baca Juga: Wardah Jadi Merek Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia

Hijab Studio AI menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) yang mampu memapping warna kulit dan fitur wajah pengguna secara akurat. Melalui proses pemetaan tersebut, sistem kemudian melakukan transformasi visual (morphing) menjadi secara nyata ketika pengguna mengenakan berbagai gaya hijab yang tersedia, sehingga menghasilkan visual akhir berupa tampilan hijab yang sesuai dengan wajah masing-masing pengguna.

Selain itu, Wardah juga memperkenalkan Hijab Color Sync, inovasi yang dirancang untuk membantu pengguna mencoba berbagai warna hijab dengan teknologi kamera interaktif.

 “Misalnya, pengguna yang biasanya mengenakan warna abu-abu dapat melihat secara langsung bagaimana tampilannya jika mengganti hijab dengan warna coklat atau warna lain. Teknologi color harmony yang digunakan akan menyesuaikan warna hijab dengan pallet warna yang tersedia, sehingga hasilnya tampak lebih selaras,” ujar Mona Hollaw, Wardah Digital Strategist.

Ia berharap pengalaman ini dapat membantu para beauties dalam mengeksplorasi berbagai gaya hijab dengan makeup. Wardah juga akan terus mengembangkan palet warna agar mencakup lebih banyak variasi, menyesuaikan dengan tren model dan warna hijab yang semakin beragam.

Sebagai pelengkap, Wardah menghadirkan fitur Hair Color Match, inovasi yang ditujukan bagi pengguna yang belum mengenakan hijab namun ingin mengeksplorasi warna rambut yang sesuai dengan personal color masing-masing. Melalui fitur ini, pengguna dapat mencoba berbagai warna rambut secara virtual dan menemukan paduan yang paling harmonis dengan karakter kulit dan gaya pribadinya.

Menurut Anggina, pendiri ARKTIV, Wardah juga berkomitmen menghadirkan teknologi yang mengedepankan kaidah keamanan dan kenyamanan bagi muslimah. Fokus pengembangan tidak hanya pada fungsi, tetapi juga pada jenis aktivitas, termasuk olahraga, agar sesuai dengan kebutuhan perempuan aktif.

Dari sisi warna, Wardah tetap mengikuti tren warna global, namun tetap mempertimbangkan karakter dan preferensi perempuan muslimah yang dikenal cerdas dalam memilih produk.

Mereka cenderung mencari produk yang tahan lama, memiliki harga terjangkau, serta dapat digunakan untuk berbagai jenis olahraga. Karena itu, warna-warna dasar, tetap menjadi pilihan andalan bagi banyak muslimah.

Melalui fitur berbasis kecerdasan buatan (AI), Wardah memudahkan perempuan untuk mengakses layanan inovatif melalui situs resmi Wardah maupun fitur yang tersedia di aplikasi Shopee, tanpa perlu mengunduh aplikasi lainnya. Fitur Hijab Studio AI sendiri untuk sementara diluncurkan secara eksklusif dalam ajang Hijab Fest Indonesia 2025, dan belum dapat diakses secara umum di luar acara tersebut. 

Setelah penyelenggaraan Hijab Fest, Wardah berencana mengintegrasikan fitur ini ke dalam situs resminya yaitu wardahbeauty.com, sehingga pengguna diseluruh Indonesia dapat menggunakannya melalui perangkat masing-masing. 

Fitur ini akan tersedia di beberapa outlet tertentu dalam bentuk kode QR, konsumen dapat mencoba secara langsung melalui handphone pribadi, tanpa harus menggunakan device tertentu seperti iPad atau alat skin check, sebagai langkah awal pengoptimalan fitur daring.

Setelah fitur digunakan oleh lebih banyak perempuan dan preferensi pengguna mulai terpetakan, Wardah berencana mengintegrasikan hasil tersebut ke dalam database Indonesia, supaya sistem dapat menyesuaikan rekomendasi secara lebih akurat dengan karakteristik wajah masing-masing pengguna. 

Baca Juga: Peran Wardah dan Kahf sebagai Pionir Authentic Halal Brand

Ke depannya, Wardah juga berencana melakukan peluncuran ulang Hijab Studio AI dengan teknologi AI terbaru dan menjalin kerja sama dengan sejumlah outlet mitra lainnya. Saat ini, perangkat tersebut telah tersedia di berbagai toko Wardah di seluruh Indonesia, meskipun belum mencakup semua lokasi. 

Wardah berharap ke depan seluruh toko dapat dilengkapi dengan perangkat tersebut agar setiap konsumen memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba langsung fitur inovatif.