Kembali hadir dengan mengangkat tema “Level Up”, Lazada Seller Conference 2024 mendorong para penjual dan calon penjual unggulan yang mampu bersaing dalam persaingan pasar yang semakin ketat.

CEO Lazada Indonesia, James Chang, turut mengungkapkan berbagai strategi Lazada untuk mendukung pertumbuhan penjual lokal Indonesia, termasuk melalui strategi hiperlokal. Strategi hiperlokal Lazada adalah salah satu landasan rencana pertumbuhan perusahaan, mengingat besarnya potensi penjual dan produk pasokan lokal.  

“Data kami menunjukkan semakin banyak pembeli yang mencari merek dan produk pasokan lokal, dan kami berkomitmen membantu Anda memenuhi permintaan tersebut,” ujar James  saat membuka gelaran Lazada Seller Conference – Level Up 2024.

Perkembangan industri eCommerce ini tak hanya ditunjukkan di tingkat nasional, tetapi juga lokal. Data Lazada menunjukkan bahwa 75% pembeli di Jabodetabek membeli produk yang berasal dari penjual lokal. 

Fenomena yang sama juga terlihat di daerah seperti Jawa Timur, di mana kebutuhan akan pemasok lokal terus meningkat. Melihat kebutuhan yang kian meningkat di tingkat lokal ini, Lazada mulai menjalankan strategi hiperlokal, dengan Surabaya menjadi kota fokus hiperlokal pertama Lazada.

Untuk mendukung strategi hiperlokal, hingga saat ini, Lazada telah memiliki tujuh fasilitas pergudangan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia yang memungkinkan penjual untuk menjangkau konsumen dengan lebih cepat dan efisien melalui layanan logistik “Fulfillment by Lazada (FBL)".

Baca Juga: Dorong Logistik eCommerce Berkelanjutan, Lazada Resmikan Penggunaan Panel Surya di Gudang Utama

Tak hanya itu, dalam acara Lazada Seller Conference 2024, Lazada juga mengumumkan peluncuran kanal belanja lengkap untuk produk sehari-hari, “LazMart”, untuk menjawab kebutuhan konsumen akan belanja kebutuhan sehari-hari yang mudah dan praktis, serta mendukung brand dan penjual produk kebutuhan sehari-hari untuk mendorong visibilitas dan penjualan.

Lazada Seller Conference 2024 menghadirkan serangkaian sesi edukatif yang komprehensif, dipandu para pakar industri dan penjual top Lazada. Dalam gelaran ini, penjual dan calon penjual dapat memilih untuk mengikuti beragam sesi yang dapat membantu mereka menavigasi perjalanan bisnisnya. Mulai dari cara memaksimalkan penjualan selama festival belanja online, membangun brand yang berkelanjutan, hingga mencapai keunggulan operasional dengan mengintegrasikan bisnis online dan offline.