Menjadi agenda tahunan, Lazada Seller Conference kembali hadir menyapa para penjual atau pelaku usaha di Tanah Air. Hadir berbeda dengan tahun sebelumnya, Lazada Seller Conference 2024 baru saja berlangsung, Sabtu (26/20/2024), di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan. 

Sudah berlangsung dilaksanakan sejak 2011 silam, Lazada Seller Conference hadir sebagai inisiatif e-commerce kenamaan ini untuk membekali para penjual ataupun calon penjual online untuk dapat berkembang dan membangun bisnis online di tengah kompetisi pasar yang semakin ketat.

“Lazada Seller Conference ini adalah salah satu inisiatif Lazada yang sudah diadakan sejak tahun 2011 untuk memberikan wawasan untuk membantu berjualan yang ada di Lazada dan untuk meningkatkan penjualan dan sekaligus membangun jaringan komunitas,” ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, dalam agenda media briefing jelang pelaksanaan Lazada Seller Conference 2024, di kawasan Gunawarman, Jumat (25/10/2024).

Baca Juga: 6 Strategi Bangun Bisnis Online ala Pengusaha Madu, Bikin Dagangan Laku Keras di e-Commerce!

Lanjut Amelia, di tahun ini turut mengundang 1.000 penjual yang turut berpartisipasi dalam Lazada Seller Conference 2024. Di mana nantinya, para penjual akan mendapatkan insight berupa kiat-kiat mengenai penjualan, termasuk menjelang rangkaian Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), dari para speakers pilihan.

“Kita akan menyediakan lebih banyak informasi-informasi penting terutama dengan adanya campaign 11.11 dan 12.12, jadi kita akan memberikan banyak tips agar seller-seller bisa memaksimalkan penjualan. Kita juga akan menghadirkan host dan speaker-speaker yang lebih bagus yang akan menyampaikan materi-materi penting terkait penjualan,” jelas Amelia.

Kembali hadir dengan mengangkat tema “Level Up”, Lazada Seller Conference 2024 mendorong para penjual dan calon penjual unggulan yang mampu bersaing dalam persaingan pasar yang semakin ketat.

CEO Lazada Indonesia, James Chang, turut mengungkapkan berbagai strategi Lazada untuk mendukung pertumbuhan penjual lokal Indonesia, termasuk melalui strategi hiperlokal. Strategi hiperlokal Lazada adalah salah satu landasan rencana pertumbuhan perusahaan, mengingat besarnya potensi penjual dan produk pasokan lokal.  

“Data kami menunjukkan semakin banyak pembeli yang mencari merek dan produk pasokan lokal, dan kami berkomitmen membantu Anda memenuhi permintaan tersebut,” ujar James  saat membuka gelaran Lazada Seller Conference – Level Up 2024.

Perkembangan industri eCommerce ini tak hanya ditunjukkan di tingkat nasional, tetapi juga lokal. Data Lazada menunjukkan bahwa 75% pembeli di Jabodetabek membeli produk yang berasal dari penjual lokal. 

Fenomena yang sama juga terlihat di daerah seperti Jawa Timur, di mana kebutuhan akan pemasok lokal terus meningkat. Melihat kebutuhan yang kian meningkat di tingkat lokal ini, Lazada mulai menjalankan strategi hiperlokal, dengan Surabaya menjadi kota fokus hiperlokal pertama Lazada.

Untuk mendukung strategi hiperlokal, hingga saat ini, Lazada telah memiliki tujuh fasilitas pergudangan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia yang memungkinkan penjual untuk menjangkau konsumen dengan lebih cepat dan efisien melalui layanan logistik “Fulfillment by Lazada (FBL)".

Baca Juga: Dorong Logistik eCommerce Berkelanjutan, Lazada Resmikan Penggunaan Panel Surya di Gudang Utama

Tak hanya itu, dalam acara Lazada Seller Conference 2024, Lazada juga mengumumkan peluncuran kanal belanja lengkap untuk produk sehari-hari, “LazMart”, untuk menjawab kebutuhan konsumen akan belanja kebutuhan sehari-hari yang mudah dan praktis, serta mendukung brand dan penjual produk kebutuhan sehari-hari untuk mendorong visibilitas dan penjualan.

Lazada Seller Conference 2024 menghadirkan serangkaian sesi edukatif yang komprehensif, dipandu para pakar industri dan penjual top Lazada. Dalam gelaran ini, penjual dan calon penjual dapat memilih untuk mengikuti beragam sesi yang dapat membantu mereka menavigasi perjalanan bisnisnya. Mulai dari cara memaksimalkan penjualan selama festival belanja online, membangun brand yang berkelanjutan, hingga mencapai keunggulan operasional dengan mengintegrasikan bisnis online dan offline.

Dalam salah satu sesi, eCommerce Expert, yang juga mentor penjual Lazada bersertifikasi LazStar Trainer, Johanes Lie, membagikan pentingnya mempersiapkan kampanye akbar 11.11 dan 12.12, salah satunya dengan menggunakan fitur-fitur canggih Lazada yang bisa memberikan insight untuk strategi bisnis.  

"Untuk mempersiapkan kampanye 11.11 dan 12.12 yang merupakan kampanye tersibuk sepanjang tahun, penjual dapat memanfaatkan data dan insight yang tersedia di Seller Center Lazada untuk memantau performa produk, khususnya dari segi traffic dan konversi. Dengan memahami data yang dihimpun di Seller Center, penjual dapat mengetahui apa yang dapat ditingkatkan dari setiap produk," papar Johanes.

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rifan Ardianto, turut hadir dan memberikan sambutan dalam Lazada Seller Conference 2024. Ia mengapresiasi langkah Lazada dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri.

Baca Juga: Lazada Group Rilis Laporan Dampak ESG untuk Tahun Keuangan 2024

 “Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil di atas 5% ini tidak terlepas dari kontribusi ekonomi digital yang meningkat sejak pandemi Covid-19, dan hampir 1/3 dari ekonomi digital ditopang oleh industri eCommerce. Kami mengapresiasi tim Lazada yang terus berkomitmen dalam mendorong kapasitas pelaku usaha dan penjualan produk dalam negeri di platform digital,” ungkap Rifan.

Tak hanya memfasilitasi penjual dan calon penjual dengan serangkaian sesi edukatif, Lazada Seller Conference 2024 juga menganugerahkan penghargaan kepada para penjual terbaik di berbagai kategori di lazada. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Lazada atas kontribusi dan prestasi para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka bersama Lazada.

Lazada akan terus meningkatkan komitmennya dalam memberdayakan para pebisnis lokal Indonesia. Dalam waktu dekat, Lazada juga akan menggelar LazADA Surabaya Summit 2024 sebagai bagian dari inisiatif hiperlokal Lazada di Surabaya. Konferensi pertama Lazada di Surabaya ini juga akan dihadiri oleh ratusan mitra penjual dan affiliate Lazada dari Surabaya dan sekitarnya.