Trisula Grup yang dikendalikan oleh PT Trisula International Tbk (TRIS) mencatatkan pertumbuhan double digit di kuartal 3 tahun 2025. Penjualan TRIS pada periode ini tercatat Rp1,18 triliun, meningkat 10% dibandingkan periode sebelumnya yang hanya Rp1,08 triliun. Laba TRIS juga mengalami pertumbuhan 29% yoy (secara tahunan), menjadi Rp80,23 miliar.

Sampai dengan September 2025, segmen manufaktur menjadi kontributor terbesar penjualan TRIS dengan perolehan Rp974,10 miliar, naik 10% dibandingkan periode sama sebelumnya. Disusul oleh segmen distribusi yang juga alami kenaikan sebesar 7% yoy menjadi Rp240,22 miliar, dan segmen seragam Rp234,30 miliar atau tumbuh 111% dibandingkan periode sebelumnya.

Baca Juga: Laba Bersih Danamon Naik 21% Sepanjang Sembilan Bulan Pertama 2025

“Capaian positif TRIS sampai dengan periode ini adalah bukti keberhasilan kami menjaga reputasi dan kepercayaan di mata para pelanggan selama ini. Apalagi, saat ini posisi industri tekstil dan garmen Indonesia yang mulai menguat semakin memberikan kami optimisme untuk kinerja perusahaan di masa mendatang,” ujar Presiden Direktur TRIS, Widjaya Djohan, dikutip Jumat (7/11/2025).

Lebih lanjut dijelaskan, penjualan TRIS yang didominasi oleh pasar ekspor masih menjadi kontributor utama, menyumbang 61% terhadap total penjualan. Pada periode ini, penjualan ekspor TRIS mencatatkan Rp720,10 miliar, mengalami pertumbuhan 13% dibandingkan periode sama sebelumnya. Adapun negara tujuan ekspor terbesar adalah Australia, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Meski fokus penjualan TRIS adalah pasar global, penjualan lokal TRIS juga mengalami kenaikan sebesar 5% yoy menjadi Rp468,77 miliar.

"Meskipun sempat menghadapi tantangan pada industri seperti tarif Trump di pasar global dan bersaing dengan produk impor murah di pasar domestik, TRIS sukses melanjutkan kinerja positif sampai dengan kuartal tiga tahun ini, seiring dengan kondisi industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang juga ikut membaik," terang Widjaya.

TRIS optimis target pendapatan 10% yang telah ditetapkan dapat dicapai berkat berbagai langkah yang terus jalankan perusahaan. Di samping itu, TRIS selalu menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan sebagai salah satu poin terpenting dalam bisnis. Selain itu, TRIS juga terus memperluas jangkauan ekspor ke pasar potensial untuk mendorong kinerja perusahaan ke depan.