Keberanian memulai, pantang menyerah, dan semangat untuk terus belajar jadi kunci transformasi luar biasa. Inilah kalimat yang dapat merangkum perjalanan Agustin Ningsih, sosok di balik akun Shopee Live  'tintintinwin'.

Siapa sangka, dampak dari pemutusan hubungan kerja yang dialaminya mampu mendorong wanita 30 tahun ini untuk mengubah hidupnya dengan membangun karir sebagai konten kreator bersama Shopee Live.

Dengan latar belakang pendidikan di bidang Akuntansi, Agustin kini dikenal sebagai kreator populer di kategori kecantikan, setelah memulai perjalanannya bergabung dengan Shopee Affiliates Program di tahun 2023 lalu.

Walaupun baru mulai banting setir saat usianya 28 tahun, Agustin tidak patah semangat. Berbekal dukungan dari sang suami, ia mulai belajar dunia afiliasi dan langsung terjun ke Shopee Live setelah mendaftar dalam Affiliate program.

Memulai dengan membuat sesi live streaming berdurasi 2-3 jam per hari, Agustin membagikan rekomendasi produk sambil menyampaikan review dan menjawab pertanyaan penonton, hingga akhirnya ia bisa mendapatkan komisi tambahan hingga ratusan juta rupiah tiap bulan nya.

Agustin mengatakan, dirinya memulai karir sebagai kreator ini tanpa tahu apa-apa dan semua dimulai dari nol. Ia harus mempelajari semuanya dari awal, bahkan hanya berbekal alat yang sederhana seperti handphone dan pencahayaan seadanya.

"Produk yang aku bawa ke live awalnya campur aduk, dari sembako sampai aksesoris. Tapi setelah pas dengan produk kecantikan, aku mulai fokus dan lebih serius mengembangkan konten nya. Dan kini aku bisa membangun studio sendiri dan mempekerjakan hingga 10 karyawan termasuk 4 co-host, sehingga sekarang akun-ku bisa menjalankan sesi live streaming selama 24 jam,” beber Agustin.

Baca Juga: Strategi IniVindy Dorong Pertumbuhan Brand Parfum Lokal bersama YouTube Shopping Affiliates dan Shopee

Konsistensi Tema dan Interaksi Otentik Menjadi Kunci Sukses Tintintinwin Bersama Fitur Interaktif Shopee

Kini, memasuki tahun kedua sebagai seorang kreator, menemukan jenis konten yang tepat menjadi titik balik penting dalam perjalanan Agustin. Ia mengusung konten bertema “Cantikmu Kebutuhanmu” dalam setiap sesi Shopee Live-nya, terinspirasi dari tren melek skincare dan kebutuhan masyarakat, khususnya perempuan, untuk tampil percaya diri dan merawat diri.

Menurutnya, kecantikan kini bukan lagi sekadar keinginan, melainkan bagian dari kebutuhan sehari-hari bahkan juga bagi sebagian pria.

Fokus pada kategori kecantikan, seperti skincare dan makeup membuat kontennya lebih terarah dan mampu membangun koneksi yang kuat dengan audiens. Kontennya pun menjadi ruang interaktif, di mana penonton bisa berbagi cerita, berkonsultasi soal permasalahan kulit, dan mendapatkan rekomendasi produk yang benar-benar sesuai.

“Banyak yang kasih feedback positif karena produk yang mereka beli dari live aku beneran cocok, sesuai ekspektasi, dan sama seperti yang sudah aku spill sebelumnya. Produk seperti lip cream dan blush on jadi produk favorit kesukaan para penonton sesi Shopee Live aku,” ujar Agustin.

Agustin terus mengembangkan potensi dan peluang yang ada sebagai kreator Shopee dan ikut memanfaatkan fitur Shopee Video juga. Di Shopee Video, ia juga membuat konten review dan tutorial kecantikan yang berdurasi pendek, simpel, tidak bertele-tele, dan mudah dimengerti.

Formula ini terbukti efektif, karena kontennya lebih banyak ditonton dan mampu menjangkau lebih banyak pengguna. Seiring waktu, ia pun ikut “glow up”—bukan hanya dari sisi tampilan konten yang kini jauh lebih profesional dengan sistem terbaru dan studio pribadi, tapi juga sebagai host yang lebih percaya diri, tampil menarik, dan makin mampu membangun kepercayaan para pengguna.

“Begitu banyak hal positif yang aku rasakan setelah bergabung dengan Shopee Affiliates Program. Tapi tentu semua itu tidak datang secara instan, bahkan aku harus melewati tidak tidur dua hari satu malam karena harus live sendirian di momen kampanye tanggal kembar Shopee. Untungnya, semua kerja keras ini akhirnya berbuah manis, dan aku bisa menjadikan komisi dari Shopee Live dan Shopee Video sebagai sumber penghasilan utamaku. Dan semua ini bisa membawa aku untuk dapat membeli rumah bagi keluarga, membangun studio pribadi, mempekerjakan lebih dari 10 karyawan, hingga mewujudkan impian memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci,” tutur Agustin.

Kunci utama dalam memilih dan merekomendasikan produk bagi Agustin terletak pada pemahaman terhadap tren, kualitas produk, dan kebutuhan audiens. Jika trend yang berkembang sedang fokus pada skincare, ia juga tetap menyematkan produk turunan seperti lip cream, bedak, dan lipstik yang relevan dengan tema live-nya untuk memberikan banyak pilihan kepada pengguna.

Cara penyampaiannya pun dibuat menarik dan interaktif, mulai dari mencoba langsung di wajah hingga menunjukkan warna di tangan atau alat peraga agar penonton lebih yakin dan tertarik untuk membeli.

“Bersama Shopee, aku tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru dan menjalin kerjasama dengan siapa pun. Ke depannya, aku akan terus mengolah strategi yang efektif sehingga aku bisa menjadi top creator di kategori Kecantikan dan bisa memiliki penonton yang loyal dan aktif di setiap sesi live. Aku juga ingin mengembangkan kanal media sosial lain untuk mendukung trafik ke Shopee Live dan Shopee Video dan menarik lebih banyak penonton,” tutup Agustin.

Shopee Live dan Shopee Video tidak hanya platform untuk berjualan, tapi juga ruang bagi siapapun untuk berkarya, berbagi, dan berkembang. Kisah Agustin menjadi bukti bahwa dengan niat, konsistensi, dan semangat belajar, siapa pun bisa meraih kesuksesan di era digital saat ini.

Bagi yang ingin bergabung dalam program Shopee Affiliates, pengguna dapat mengakses tautan berikut https://shopee.co.id/m/affiliates atau mencari kata kunci ‘Shopee Affiliates Program’ pada fitur pencarian di aplikasi Shopee.

Baca Juga: Kisah Sukses Meissie Gali Potensi lewat YouTube Shopping Affiliates dan Shopee