Kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk kecantikan dan perawatan tubuh terus meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan industri kecantikan tanah air. Menurut data pemerintah, produk kosmetik dan perawatan tubuh masuk dalam tiga besar kategori dengan penjualan tertinggi di marketplace.*
Seiring dengan tren ini, ShopTokopedia yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, pun merasakan dampaknya, khususnya terkait perkembangan industri kecantikan dan perawatan tubuh, lewat platform tersebut.
Beauty, Personal Care, Health and Home Supplies Category Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, Ita Puspita Megawati, mengatakan bahwa kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh termasuk salah satu dari berbagai kategori yang paling laku di ShopTokopedia sepanjang 2024.
Bahkan, penjualan kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh ini naik hampir 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2023. Deretan produk seperti serum eksfoliasi, clay mask, deodoran, dan krim tirai matahari adalah yang terpopuler di kategori tersebut pada 2024.
Baca Juga: Napak Tilas Kisah Awal William Tanuwijaya Dirikan Tokopedia
“Antusiasme masyarakat yang tinggi mendorong ShopTokopedia untuk meluncurkan kampanye 'Semua Jadi Syantik' yang fokus mengusung makna kecantikan yang inklusif. Lewat 'Semua Jadi Syantik', kami memberikan kesempatan bagi semua kalangan, termasuk berbagai latar belakang, umur, dan kondisi kulit, untuk bisa menemukan produk kecantikan dan perawatan tubuh yang sesuai dengan preferensi mereka. Kampanye ini juga menjadi panggung bagi deretan brand lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka,” ujar Ita dalam rilis yang diterima Olenka, Rabu (18/12/2024).