Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar Festival Beli Lokal pada 24-25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan, Jakarta. Gelaran tersebut turut memeriahkan perayaan ulang tahun ke-15 Tokopedia.
Ratusan merek lokal dari beragam industri dihadirkan dalam Festival Beli Lokal. Dalam festival ini pula, Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan pengalaman belanja online-to-offline bagi pengunjung. Hal demikian dilakukan sebagai wujud komitmen Tokopedia dan ShopTokopedia dalam memperkuat UMKM lokal guan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air.
Baca Juga: 90 Tahun Perjalanan Lifebuoy Lindungi Anak Indonesia Meraih Mimpi
President Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, mengungkapkan bahwa UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Keberadaan UMKM amat berperan dalam pertumbuhan ekonomi baru. Menyadari hal itu, pihaknya merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru yang inovatif.
"Selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," tegas Melissa dalam konferensi pers Festival Beli Lokal, Sabtu, 24 Agustus 2024.
Ia menambahkan, penjual yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat. Hal tersebut mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan sederet pelatihan untuk membuat penjual makin fasih membuat konten video promosi.
"Kami pun mencetak lebih banyak kreator konten sekaligus afiliator muda yang bisa membantu promosi produk dari UMKM lokal, misalnya melalui program seperti Creators Lab," tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, Melissa menyamapaikan bahwa Tokopedia dan ShopTokopedia tidak hanya memberikan berbagai edukasi kepada merchant, tetapi juga berkerja sama dengan mitra strategis untuk mendorong UMKM naik kelas. Solusi dari hulu ke hilir terus diupayakan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia guna membantu pemasaran produk UMKM.
"Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan berbagai mitra strategis untuk mendorong kemajuan UMKM, dan membuat produk dari UMKM lokal makin menjadi pilihan masyarakat Indonesia," ungkap Melissa.
Berbagai inisiatif yang telah dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia adalah sebagai berikut.
- Live Shopping: Berkolaborasi bersama sederet menteri dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk UMKM melalui live shopping.
- Ramadan Ekstra: Kampanye spesial selama Ramadan dan Lebaran untuk meningkatkan penjualan para pelaku usaha. Ramadan Ekstra 2024 berhasil membuat pesanan penjual meningkat lebih dari 79%.
- Promo Guncang: Promo setiap tanggal kembar di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk meningkatkan transaksi penjual. Promo Guncang 5.5 dan 6.6, pada tahun 2024, masing-masing berhasil meningkatkan penjualan lebih dari 66% dan lebih dari 72%.
- Jakarta Muslim Fashion Week: Program kolaborasi dengan Kemendag RI untuk mempromosikan fesyen muslim. Pada tahun 2023, kolaborasi ini berhasil membantu peningkatan transaksi sejumlah brand lokal fesyen muslim dengan total lebih dari Rp750 juta.
- Pemberdayaan Petani Kopi: Bekerja sama dengan organisasi maupun instansi terkait untuk membantu petani kopi meningkatkan kualitas dan nilai jual biji kopi. Pada Juli 2024, ada 1.000 petani kopi di Lahat, Sumatra Selatan yang telah diedukasi.
- Melokal Dengan Batik: Bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan pemberdayaan perajin batik melalui dukungan dari hulu ke hilir. Mulai dari pemberian mesin cetak dan pengering, desain baru, promosi digital menyeluruh, hingga akses ke pinjaman modal.