Bandara Internasional Hamad (DOH) merayakan ulang tahun ke-10 dengan memenangkan penghargaan 'Bandara Terbaik Dunia' tiga kali di SKYTRAX World Airport Awards serta menduduki peringkat sebagai bandara dengan konektivitas udara terbaik kedua di Timur Tengah dalam Peringkat Konektivitas Udara Airport Council International 2023.

Dari Mei 2014 hingga Mei 2024, Bandara Internasional Hamad menyambut total 325,1 juta penumpang lewat 2,1 juta pergerakan pesawat, membawa 20,5 juta ton kargo, dan memproses 258 juta tas dalam 10 tahun. Hub Qatar Airways saat ini melayani lebih dari 45 mitra maskapai penerbangan–termasuk 14 maskapai lama. Kapasitas bandara tumbuh menjadi 58 juta penumpang per tahun setelah Fase A ekspansi pada tahun 2022 dan saat ini melayani lebih dari 200 tujuan, termasuk tujuan penumpang, kargo, dan penerbangan carteran.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Garuda Indonesia, Bocorocco Hadirkan Instalasi Bandara Pertama di Tanah Air

"Pertumbuhan dan posisi global Bandara Internasional Hamad sejak awal operasinya adalah contoh utama bagaimana berinvestasi pada SDM dan fasilitas kami, mengadopsi solusi inovatif, dan mendorong kolaborasi industri, mengarah pada keunggulan. Kami telah mengatasi berbagai tantangan dan menetapkan standar industri yang telah membantu kami mendapatkan gelar Bandara Terbaik Dunia," ujar Chief Executive Officer Qatar Airways Group, Engr. Badr Mohammed Al-Meer, dikutip Senin (10/6/2024).

Menandai ulang tahunnya yang ke-10, tim dan penumpang Bandara Internasional Hamad merayakannya bersama dengan serangkaian aktivasi yang mencakup pertunjukan budaya dan sesi musik live untuk memperingati acara khusus tersebut.

Berinvestasi pada Manusia

Para staf Bandara Internasional Hamad adalah landasan bagi kesuksesan bandara yang bersinar selama dekade terakhir. Fasilitas ini telah memprioritaskan inisiatif pelatihan dan pengembangan untuk membina tenaga kerja terampilnya dengan memanfaatkan data besar dan analitik untuk mendukung pengembangan bakat. Selain itu, pihak manajemen juga menerapkan standar layanan dan keselamatan tertinggi di tempat kerja dengan meraih Sertifikat ISO 45001 Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja dari BSI.

Pertumbuhan Eksponensial

Pada November 2022, dilakukan perluasan terminal bandara sebesar 125.000 m² dengan luas terminal penumpang hampir 5,5 juta kaki persegi (sekitar 510.000 meter persegi) dengan 40 gerbang. Sembilan proyek diluncurkan termasuk taman tropis dalam ruangan Orchard–bagian dari Central Concourse dengan aula transfer baru, Remote Transfer Baggage Facility (RTBF) dan lounge baru–termasuk Al Mourjan Garden Lounge, rumah bagi satu-satunya Louis Vuitton Lounge di bandara.

Selain itu, bandara ini menyediakan layanan antar-jemput untuk membantu penumpang berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ruang sensorik khusus–Muzn Lounge, dan Animal Relief Area yang telah diperbaharui untuk penumpang yang bepergian dengan hewan pemandu atau hewan pendukung emosional. Melalui pelatihan khusus, staf yang berhadapan dengan pelanggan di Bandara Internasional Hamad diperlengkapi untuk mendukung penumpang sepanjang perjalanan bandara mereka.

Untuk mendukung penumpang, Bandara Internasional Hamad memperkenalkan beberapa solusi pencarian arah yang didistribusikan di seluruh titik kontak utama di seluruh terminalnya. Dengan memanfaatkan lebih dari 65 kode QR dan memasang 40 perangkat digital, penumpang di bandara dapat dengan mudah menavigasi ke gerbang atau gerai ritel atau makan yang diinginkan dengan mudah.