Salah satu brand kopi terkemuka di Indonesia, Kopi Kenangan resmi mengumumkan akan melebarkan sayap bisnisnya ke Filipina dan India. Kabar baik tersebut disampaikan ke publik bertepatan dengan perayaan hari jadinya yang ke-7 tahun.

Perlu diketahui, sejak tahun 2022 Kopi Kenangan telah mewujudkan visinya untuk memperkenalkan kopi Indonesia sebagai sebuah brand, dan bukan hanya sekadar komoditas dengan melebarkan sayap ke kancah internasional dan membuka gerai pertama di Malaysia, dilanjutkan dengan Singapura pada 2023. 

"Kita buka di dua negara lagi sesuai visi misi Kopi Kenangan yang tidak hanya jago kandang saja, tetapi kita mau membawa high quality Indonesian coffee to the world," kata Group CEO of Kenangan Brands Edward Tirtanata dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/08/2024).

Baca Juga: Kisah Sukses Kopi Kenangan, Raja Kopi Asia yang Menembus Belantara Pasar Internasional

Menurutnya, pembukaan cabang di Asia Tenggara ini dilakukan seiring dengan tren konsumsi kopi di wilayah tersebut yang terus meningkat. Sama dengan negara-negara terdahulunya, Filipina dan India akan beroperasi di bawah nama merek internasional Kenangan Coffee.

Untuk diketahui, Filipina menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang akan disambangi oleh Kenangan Coffee. Menurut Edward, negara tersebut memiliki selera kudapan manis yang mirip dengan Indonesia. Ia meyakini Filipina menjadi langkah ekspansi yang tepat.

Sementara itu, awal tahun 2025 akan menjadi langkah pertama Kopi Kenangan untuk melakukan ekspansi ke negara di luar Asia Tenggara, yaitu India. Konsumsi kopi di India sedang naik daun di kalangan Gen Z dan Millennials. Pertumbuhan ini juga dicerminkan dengan pertumbuhan penjualan chained cafes di India pada tahun 2020-2022 yang mencapai 29%. Ekspektasi pertumbuhan pasar cafe juga diprediksi akan meningkat 19-21% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan berdasarkan data dari CRISIL MI&A Research.

Baca Juga: Kolaborasi Epic! Kopi Kenangan X One Piece dan Tahilalats, Hadirkan 4 Varian Minuman dengan Petualangan Rasa yang Unik

"Pasar kafe India diprediksi tumbuh antara 19 hingga 21 persen pada lima tahun ke depan. Target kami 500 toko dibuka hingga tahun 2027 mendatang di luar Indonesia," terang VP General Management of Kenangan Coffee Malaysia & Singapore Jordan Lung di kesempatan yang sama.

Hal tersebut juga diamini oleh Edward bahwa Kopi Kenangan akan terus melebarkan sayap ke berbagai negara lainnya.

"Di ulang tahun ke-7 Kopi Kenangan, kami merayakan perjalanan luar biasa yang telah membawa kami dari sebuah kedai kecil di Indonesia ke panggung internasional. Ekspansi kami ke Malaysia dan Singapura adalah bukti komitmen kami untuk menyajikan kopi berkualitas kepada lebih banyak orang di seluruh dunia. Ke depan, harapan kami adalah terus memperluas jangkauan dengan membuka 500 gerai internasional Kenangan Coffee yang akan tersebar di berbagai negara," tutup Edward.