Sembilan tahun perjalanan Kopi Tuku mewarnai industri kopi Tanah Air. Berdiri sejak Juni 2015, Tuku konsisten menghadirkan produk otentik dengan keunggulan penggunaan bahan kopi berkualitas dari petani lokal. 

Merayakan hari jadi ke-9 tahun, Tuku kembali menegaskan komitmen untuk menjadi lokomotif industri kopi Indonesia. Hal demikian ditegaskan oleh Founder dan CEO Tuku, Andanu Prasetyo. Sebagai wujud syukur atas segala pencapaian, Tuku menghadirkan Festival Tetangga Tuku (Festaku) untuk para Tetangga (sebutan pelanggan Tuku) pada Kamis, 27 Juni 2024 di Jakarta.

Baca Juga: Menilik Kisah Sukses Brand Kopi Tuku: Pernah Viral Berkat Pak Jokowi, Kini Menembus hingga Korea Selatan?

"Tuku lahir dari mimpi dan besar karena Tetangga. Nyali yang kami pinjam dari para Tetangga sejak toko pertama kami di Cipete telah mendorong kami untuk terus berinovasi dan mewujudkan mimpi kami menjadi lokomotif industri kopi Indonesia," pungkas Tyo dalam talkshow Festaku di Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Tyo menambahkan, Tuku tak bisa sendiri dalam mewujudkan mimpi memajukan industri kopi Tanah Air hingga ke kancah global. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi untuk mencapai hal tersebut, seperti halnya kolaborasi Tuku dengan BERAGAM dan Adena Coffee. Melalui kolaborasi tersebut, Tuku secara bersama-sama membangun ekosistem kopi Indonesia yang berkelanjutan.

"Bersama-sama, mereka mendalami cita rasa lokal serta menerapkan skema pembayaran yang menguntungkan bagi pemasok dan petani kopi," tambahnya.

Kinerja positif mampu ditorehkan Tuku dalam sembilan tahun ke belakang. Menjadi pelopor bisnis kopi lokal di Indonesia, Tuku kini telah memiliki 50 toko, 10 cloud kitchen, dan 3 toko Serba Tuku (Toserbaku). Tak kurang dari 646 barista dipekerjakan oleh Tuku dengan penjualan mencapai lebih dari 50.000 cup kopi setiap harinya.

"Secara tahunan, kami membukukan peningkatan pendapatan signifikan hingga 77%. Kami sangat berhati-hati dalam menyeimbangkan pertumbuhan dan keberlanjutan finansial," katanya lagi.

Tak ingin puas sampai di situ, Tuku juga menjajaki peluang untuk berekspansi baik di dalam maupun luar negeri. Langkah awal dijajaki Tuku melalui pembukaan Pop Up Store di pasar global, seperti di Seoul, Korea Selatan. Tuku juga turut berpartisipasi dalam Amsterdam Coffee Festival beberapa waktu lalu.