Memperingati Cat International Day, Kucingku, brand makanan kucing dari Kino Indonesia, menggelar kegiatan street feeding sebagai bentuk kepedulian terhadap kucing jalanan. Aksi yang berlangsung sepanjang Juli hingga Agustus 2025 ini melibatkan karyawan Kino Indonesia sebagai relawan dan berkolaborasi dengan berbagai komunitas pecinta kucing di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Brand Manager Kucingku, Jordy Young, menyebut aksi ini sejalan dengan komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) Kino Indonesia. “Sebagai pecinta kucing, saya percaya setiap tindakan kebaikan, sekecil apa pun, dapat membawa dampak besar bagi lingkungan sekitar. Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan ruang bagi para karyawan dan komunitas untuk terlibat langsung dalam aksi nyata yang mencerminkan empati terhadap hewan,” ujarnya kepada Olenka pada Senin (11/08/2025).

Baca Juga: Ellips Ajak Gen Z Lebih Peduli Kesehatan Rambut Lewat Kampanye #RambutSiapDiuji

Untuk diketahui, aksi ini dilakukan di berbagai kota. Di Jakarta, kegiatan berlangsung di Blok M Melawai pada 26 Juli dan Epicentrum Kuningan pada 2 Agustus. Di area pabrik Kino Indonesia, aksi dilakukan serentak di Cikande Serang, Cikembar Sukabumi, Sayung Demak, dan Pandaan Jawa Timur pada 2 dan 9 Agustus. Lebih dari 150 relawan, termasuk komunitas seperti Jakarta Cat Lover, Meowlawai, Pekunsmar, dan Sahabat Kucing Pasuruan, berhasil membagikan lebih dari 800 kilogram makanan kucing jalanan.

Proses street feeding dilakukan secara tertib. Relawan dibagi per wilayah, membawa wadah makanan higienis, dan memberi pakan dengan hati-hati untuk menghindari stres pada kucing. Mereka juga memberikan obat kutu dan cacing secara selektif, sekaligus menjaga kebersihan area sekitar.

Baca Juga: Menapaki Kisah Sukses Perjalanan Larutan Cap Kaki Tiga

Selain itu, produk yang dibagikan adalah makanan Kucingku, diformulasikan sesuai standar Association of American Feed Control Officials (AAFCO) dan direkomendasikan dokter hewan. Diperkaya protein tinggi, vitamin, mineral, dan bebas pewarna buatan, Kucingku dirancang untuk mendukung kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, serta merawat kulit dan bulu kucing.

Shinta Saraswati, perwakilan Jakarta Cat Lovers, mengapresiasi kegiatan ini. “Kehadiran Kucingku sebagai brand yang peduli terhadap kucing jalanan menjadi dukungan moral yang berarti, sekaligus memperkuat kolaborasi membangun lingkungan yang lebih ramah terhadap hewan,” ujarnya.

Bukan hanya memperingati Cat International Day yang jatuh pada 8 Agustus, ke depannya, Kucingku berkomitmen menjadikan program street feeding sebagai agenda berkelanjutan dan memperluas kolaborasi dengan komunitas pecinta hewan di berbagai kota.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Kucing Tidak Suka Minum? Ini yang Wajib Diketahui Pemilik Kucing, Cek Ya!

“Kami percaya peran sebuah brand tidak berhenti di produk, tetapi juga pada bagaimana ia bisa memberi arti, menyentuh kehidupan, dan menjaga ekosistem tempat kita hidup bersama,” tutup Jordy.