Plaza Indonesia kembali menghidupkan panggung mode Tanah Air melalui Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2025, yang tahun ini hadir dengan semangat baru. Jika sebelumnya acara ini digelar dua tahun sekali, kini Plaza Indonesia resmi menjadikannya agenda tahunan.
Mengusung tema “Love Letter’s to Plaza Indonesia: Celebrating 35th Iconic Years”, PIFW 2025 bukan sekadar rangkaian peragaan busana, tetapi juga sebuah perayaan perjalanan panjang Plaza Indonesia sebagai ikon gaya hidup Indonesia yang telah berdiri selama 35 tahun.
“Untuk pertama kalinya Plaza Indonesia Fashion Week menampilkan 100% Indonesian designers dan Indonesian brands, kecuali untuk kategori kids. We're very proud, very honored to highlight national pride tahun ini,” ujar Zamri Mamat, Deputy CMO Plaza Indonesia, saat acara konferensi pers di La Moda Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (19/8/2025).
Menurut Zamri, langkah ini merupakan bukti nyata dukungan Plaza Indonesia terhadap perkembangan industri mode Indonesia yang kini semakin kreatif, beragam, dan inovatif.
“Kita memang dari dulu selalu ingin memberi ruang untuk brand lokal. Tahun ini akhirnya brand-brand lokal sudah semakin percaya diri untuk tampil di panggung besar. Kami juga mendesain panggung dengan nuansa merah menyala, menampung 450 tamu per show, dan melibatkan tenant F&B serta retail untuk membuat promosi khusus sepanjang acara,” jelasnya.
Menyoal proses kurasi brand dan desainer yang tampil, menurut Zamri, hal itu dilakukan dengan selektif.
“Kami memilih label yang relevan, punya kekuatan karakter, mudah bekerja sama, dan tentu saja sudah memiliki hubungan erat dengan Plaza Indonesia,” tambahnya.
Baca Juga: Indonesia Teguhkan Posisi di Puncak Modest Fashion Dunia
Hadirkan Koleski Anak-anak hingga Kolaborasi Spesial
Sebagai informasi, PIFW 2025 akan berlangsung pada 6–14 September 2025 dengan lima show setiap harinya.
Dan, berikut sorotan jadwal peragaan busana:
- 6 September (Hari Pertama): Dibuka dengan Kids’ Fashion Week, menghadirkan nama-nama besar seperti Marks & Spencer Kids, Mothercare, Gingersnaps, BOSS Kids, Kakapo, Bimbi, hingga KENZO Kids.
- 8 September (Hari Kedua): Giliran desainer lokal dewasa mengambil alih panggung, termasuk Sejauh Mata Memandang, Dear Me Beauty x Wilsen Willim, dan Artkea.
- Hari Ketiga s.d hari Ketujuh: Deretan nama besar kian meramaikan panggung, seperti Buttonscarves, Julianto for Irwan Tirta Private Collection, KLAMBY, IKAT Indonesia by Didiet Maulana, Mel Ahyar Archipelago, serta kolaborasi istimewa Cita Tenun Indonesia x Jeffry Tan hingga bateeq x Ferry Salim.
- 14 September (Hari Terakhir) – PIFW 2025 ditutup dengan pertunjukan spektakuler dari Ivan Gunawan, Danjyo Hiyoji, Wilsen Willim, dan kolaborasi spesial Adrie Basuki x Prisia Nasution.
Untuk memeriahkan panggung, Plaza Indonesia juga menunjuk dua nama sebagai muse acara, yakni Alessandro Georgie (alegeor), fashion influencer, dan Hellen Hiu, runner-up Indonesia’s Next Top Model Cycle 2.
“Dengan semangat perayaan 35 tahun, PIFW 2025 diharapkan tidak hanya menjadi ajang bergengsi di kalender mode, tetapi juga tonggak penting dalam mendorong kebanggaan dan apresiasi terhadap karya-karya desainer Indonesia.,” tutup Zamri.
Baca Juga: ‘Essential Lab’ Jadi Tema JMFW 2026, Targetkan Modest Fashion Indonesia Mendunia