Lebih dari 270 juta pengguna internet di Indonesia yang tersebar di berbagai platform, menawarkan potensi besar dalam pemasaran afiliasi (affiliate) yang kian diminati setiap tahunnya. Tak hanya membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan, skema affiliate ini juga membuka kesempatan bagi banyak orang untuk memanfaatkan ekosistem ekonomi digital.
Riset Suara UKM Negeri Vol. 5 dari Populix pada bulan Mei 2024 lalu mengungkapkan, 80% orang cenderung melakukan pembelian online melalui link affiliate yang dibagikan pengguna media sosial biasa, dibandingkan artis atau influencer. Hal ini menunjukkan bahwa siapa pun bisa memanfaatkan kesempatan untuk berkembang melalui program affiliate.
Kesempatan ini tak dilewatkan oleh Norma Mutia Apriliyanti, seorang ibu rumah tangga di Jawa Barat, yang berhasil mengubah hidupnya dan keluarga melalui program Laz Affiliates dari Lazada. Di tengah badai pandemi COVID-19 yang berimbas pada penurunan penjualan bisnis online-nya, Norma mencoba berbagai peruntungan untuk membantu perekonomian keluarganya hingga akhirnya menemukan peluang dengan menjadi affiliate partner di Lazada yang membuatnya dapat membeli sepeda motor hingga tanah dalam kurun waktu dua tahun.
Baca Juga: Cara Mudah Jadi Affiliate di E-Commerce untuk Pemula
Memanfaatkan Peluang Laz Affiliates
Kisah suksesnya menjadi affiliate partner di Laz Affiliates berawal dari memanfaatkan ‘murah pol’, ajang Lazada memberikan sederetan produk dengan harga terbaik, yang kemudian dipromosikan oleh Norma dengan menggunakan link affiliates lewat Facebook dan berbagai media sosial miliknya. Promosi tersebut membuahkan hasil, dan Norma pun mulai mendapatkan pemasukan tambahan yang terus meningkat. Merasakan manisnya pemasukan tambahan yang didapatkannya, Norma melanjutkan peruntungannya dengan menawarkan berbagai macam produk lainnya, mulai dari produk fesyen hingga produk ibu dan anak.