Hankook Tire merupakan salah satu perusahaan otomotif yang menjadi produsen berbagai perlengkapan otomotif seperti ban, baterai, roda paduan, dan kampas rem.

Didirikan 1941, perusahaan asal Korea Selatan itu tak butuh waktu lama untuk menembus pasar internasional. 

Di kemudian hari Hankook mulai mengekspansi pasar internasional dengan membuka pabriknya di berbagai negara termasuk di Indonesia seperti Tiongkok, Hungaria, dan Amerika Serikat. 

Perusahaan yang dulunya bernama Chosun Tire Company itu  juga memiliki pusat teknis di Daejon, Korea; Akron, Ohio, Amerika Serikat; Hannover, Jerman, Osaka, Jepang, dan Tiongkok.

Nama Hankook semakin dikenal dunia otomotif internasional setelah mereka berhasil mencatatkan pencapain mentereng dengan memproduksi 102 juta ban per tahun yang dipasok ke berbagai negara. 

Kualitas ban yang jempolan bikin Hankook masuk menjadi salah satu yang terbaik dalam jajaran produsen alat-alat otomotif khususnya produsen ban. 

Masuk Ajang Balap Dunia

Pamor Hankook yang semakin mentereng sukses membuat sejumlah promotor ajang olahraga bergengsi mulai kepincut. Perusahaan ini kemudian menjadi pemasok utama ban kendaraan balap di Eropa, Amerika Utara dan Asia.

Mereka juga bekerja sama bareng Farnbarcher Racing (FBR) untuk pembalap Ferrari F430 GT musim 2009. Lalu untuk ajang rimetime Race Group GT2 pada American Le Mans Series tahun 2008, Hankook juga menjadi pemasok utama ban kendaraan balap. 

Kiprah Hankook di ajang balap internasional terus menanjak naik, para penyelenggara ajang balap menaruh kepercayaan besar pada perusahaan ini. Sejak 2007 hingga 2009, mereka memasok ban untuk IMSA Prototype Lites, seri pendukung American Le Mans Series, mereka juga memasok ban untuk tim Hankook KTR yang membalap di Super GT, Asian Le Mans Series, dan Formula 3 Euro Series.

Di reli, Hankook adalah sponsor dari Scottish Rally Championship. Ban buatan perusahaan ini juga pernah digunakan pada Intercontinental Rally Challenge.

Pamor Hankook tidak hanya dikenal di sirkuit, di luar arena balap, popularitas  Hankook semakin tak terbendung,  pada 2011, Hankook menjadi mitra ban Deutsche Tourenwagen Masters, salah satu seri mobil touring paling populer di dunia.

Geser Dominasi Michelin 

Popularitas ban bikinan Hankook terus mendunia, mereka berhasil mempertahankan pamornya sebagai salah satu produsen ban paling jempolan untuk ajang balap di berbagai kelas. 

Nama Hankook mulai mendominasi dunia balap internasional, hal ini yang kemudian membuat mereka menggeser posisi Michelin, produsen ban asal Prancis yang sudah malang melintang di dunia balap digusur Hankook  untuk ajang balap Formula E. 

Ajang balap Formula E musim 2003 atau di musim perdana Hankook sebagai pemasok tunggal ban mobil balap, mereka mampu membetot perhatian publik dengan produksi ban yang sangat unik. 

Untuk menunjang balap kendaraan bebas emisi itu, Hankook secara khusus merancang ban Formula E dengan bahan-bahan ramah lingkungan dengan tetap mempertahankan kualitas ban.  Ban bikinan mereka tak menumbalkan performa kendaran balap, hal ini yang membuat Hankook semakin diapresiasi dunia. 

Sponsor Utama Klub Raksasa Eropa

Dari lintasan balap, Hankook tancap gas mengembangkan usahanya di luar arena. Sukses mencatatkan namanya sebagai salah satu produsen ban terbaik di dunia, Hankook mulai merambah dunia sepak bola, bukan sebagai pemasok, Hankook kini datang sebagai sponsor utama. 

Tak main-main, Hankook menjadi sponsor utama klub raksasa asal Spanyol Real Madrid.  Kerja sama ini menjadi salah satu yang paling unik sebab Hankook yang bergerak di bidang otomotif justru menjadi sponsor utama cabang olahraga sepak bola yang tak ada hubungannya dengan bidang usaha mereka. 

Hankook Tire dan Real Madrid resmi menjalin kemitraan global. Kontrak antara kedua pihak dimulai dari Juli 2016 dengan periode durasi awal selama 3 musim.

Kerjasama Hankook dengan klub sepak bola tersukses di dunia lain iklan perimeter selama pertandingan di stadion klub sepak bola Santiago Bernabéu, dan berbagai bentuk pemasaran global lainnya. 

Hankook Tire memiliki tujuan untuk meningkatkan pengenalan brand dan memperluas pasar global bersama dengan popularitas Real Madrid.

Dari Spanyol, Hankook terus berupaya menjadi sponsor utama di klub sepak bola lainnya seperti AS Monaco, salah satu klub sepak bola yang bermain di kasta teratas liga Prancis dan Borussia Dortmund raksasa Jerman yang bermain Bundesliga.  Tujuannya masih sama: memperluas pasar global lewat popularitas sepak bola yang mendunia.