Creative Advisor InJourney, Ishak Reza mengatakan kolaborasi dalam industri kreatif merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mendongkrak nilai tambah ekonomi. Dia mengakui kolaborasi menjadi kunci utama sekaligus menjadi nyawa dalam industri kreatif.
Reza mengatakan, di dunia industri kreatif, kolaborasi punya cakupan yang lumayan luas, kerja sama bisa dilakukan antar seniman atau antar seniman dengan brand tertentu. Apabila mereka yang terlibat berkomitmen menjalankan kolaborasi itu dengan sungguh-sungguh, maka dampaknya jelas sangat luas, termasuk memberi dampak secara ekonomi.
Baca Juga: Memahami Faktor Penuaan Otak dan Cara Memperlambatnya
“Ketika kita masuk ke ranah kreativitas, kolaborasi itu penting banget. Misalnya seniman dengan seniman lain membentuk sebuah instalasi yang memang dipamerkan bareng-bareng, dan itu membentuk sebuah experience yang bertahun-tahun dibangun konsisten dan orang datang,” kata Reza kepada Olenka.id ditulis Senin (24/11/2025).
“Nah itu yang saya bilang, berkolaborasi itu sangat penting. Dan tidak hanya antara seniman saja, juga antara brand dengan seniman. Dan itu sudah banyak sukses-sukses tadi bahwa ketika brand berkolaborasi dengan seniman, ada nilai ekonomi yang muncul dari situ,” tambahnya.
Reza sendiri sudah berulang kali terlibat dalam kolaborasi hebat di berbagai event besar, misalnya saja ketika dirinya membuat museum patah hati pada 2013 silam. Ia mengandung sejumlah pihak baik dari pelaku industri kreatif maupun mereka yang di luar industri kreatif. Hasilnya kolaborasi itu sukses besar.
“Waktu saya buat museum patah hati itu, itu salah satu bentuk atraksi atau event. Konsep utamanya adalah kita tidak bisa buat event sendiri. Makanya kita kolaborasi dengan berbagai macam media, dengan grup yang berbeda-beda. Terus ada beberapa artis juga yang mungkin beda. Ada yang dari pelawak, ada yang dari penyanyi, dan lain-lain. Yang kita memang lihat dari awal itu penting. Karena nanti audiensnya akan berbeda-beda,” ujarnya.
Reza mengatakan, semakin luas cakupan kolaborasi, maka semakin besar pula adienes yang bakal disasar, dengan demikian faktor ekonomi bisa terkerek dengan sendirinya.
Sekali lagi reza menekankan bahwa kolaborasi adalah sesuatu yang teramat penting di industri kreatif, tanpa kerja sama, industri kreatif bisa saja stagnan dan tak mengalami perkembangan berarti dari segi ekonomi.
Baca Juga: RI Resmi Punya RS Jantung Canggih , Prabowo Minta Masyarakat Tak Berobat Keluar Negeri
“Sebuah kolaborasi itu menjadi kayak kita ulang tahun rame-rame, karena ada beberapa orang yang mungkin berbeda-beda yang ikut, ah ini seru nih kita kolaborasi bareng deh. Itu yang saya lihat sesuatu itu bisa menjadi besar karena kolaborasi sih. Kalau nggak kolaborasi sih akan ya gitu-gitu aja,” pungkasnya.