The LEGO Group melaporkan kenaikan pendapatan di tahun 2023 sebesar dua persen menjadi DKK 65,9 miliar meskipun lingkungan operasi eksternal yang sulit dan mampu melampaui pasar mainan serta meningkatkan pangsa pasar. Sementara itu, laba operasional perusahaan mencapai DKK 17,1 miliar.

CEO Niels B. Christiansen mengaku senang dengan kinerja perusahaan selama tahun 2023, mengingat tahun lalu merupakan pasar mainan yang paling negatif dalam lebih dari 15 tahun terakhir.

Baca Juga: Bank QNB Indonesia Catatkan Laba Bersih Rp69,2 Miliar di 2023

"Kami terus tumbuh di atas tiga tahun pertumbuhan yang luar biasa dan melihat momentum yang kuat pada kuartal terakhir tahun 2023. Kami secara signifikan melampaui pasar, meningkatkan pangsa pasar, dan membuktikan daya tarik portofolio kami yang kuat dan beragam. Kami terus berinvestasi untuk masa depan dan membuat kemajuan yang baik dalam inisiatif digital, keberlanjutan, dan ritel yang akan mendukung pertumbuhan jangka panjang," terangnya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, Minggu (17/3/2024).

Selain melaporkan adanya kenaikan pendapatan, diketahui bahwa arus kas dari aktivitas operasi meningkat satu persen menjadi DKK 15,4 miliar dari DKK 15,3 miliar di tahun 2022. Perusahaan menginvestasikan DKK 8,5 miliar terutama di kantor dan pabrik baru dan yang sudah ada untuk meningkatkan kapasitas guna mendukung pertumbuhan, naik dari DKK 6,0 miliar pada tahun 2022. Hal ini menghasilkan arus kas bebas sebesar DKK 6,9 miliar pada tahun 2023 dibandingkan DKK 9,3 miliar pada tahun 2022.

Beragam inisiatif pun terus diakselerasi untuk pertumbuhan jangka panjang sebagai berikut: 

  • Perusahaan terus berupaya meningkatkan pengalaman pembeli di seluruh saluran yang dimiliki. Pada tahun 2023, LEGO Group membuka 147 LEGO Branded Stores baru sehingga total keseluruhannya menjadi 1.031 toko. Perusahaan meluncurkan LEGO® Insiders, program keanggotaan baru untuk menghubungkan, memberi penghargaan, dan menginspirasi para penggemar;
  • Memperluas jaringan rantai pasokan global: LEGO Group terus berinvestasi dalam memperluas dan meningkatkan kapasitas dan kemampuan manufaktur di pabrik-pabriknya di Hongaria, Meksiko, dan Tiongkok serta membangun dua pabrik baru di Richmond, Virginia, A.S. dan Binh Duong, Vietnam;
  • Memajukan ambisi digital: Tim ahli digital perusahaan tumbuh sebesar 27 persen dibandingkan tahun 2022 dan mendukung teknologi baru untuk meningkatkan pengalaman bagi konsumen, pembeli, mitra ritel, dan karyawan.

Sementara itu, melalui program tanggung jawab sosial, The LEGO Group memberikan dampak kepada 9,8 juta anak pada tahun 2023, di atas target 8,8 juta anak. Ini termasuk program unggulannya, Build the Change, yang melibatkan lebih dari dua juta anak di seluruh dunia dalam isu-isu lingkungan.

"Kami tahu bahwa bermain memberikan anak-anak keterampilan yang dapat membantu mereka mencapai potensi mereka. Kami beruntung berada dalam posisi keuangan yang kuat untuk berinvestasi dalam kegiatan-kegiatan yang memberikan pembelajaran sambil bermain kepada anak-anak di seluruh dunia dan berinvestasi untuk masa depan sehingga kami dapat terus memberikan dampak positif kepada anak-anak untuk generasi yang akan datang," pungkas Niels B. Christiansen.