SCG bersama salah satu perusahaan afiliasinya, Mitra10 di bawah naungan PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), Kamis (13/06) meresmikan pembukaan gerai ke-50 Mitra10, toko ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan perbaikan rumah. Melalui entitas SCG Retail Holding Company Limited (SCGRH), SCG memegang 30,89% kepemilikan di CSAP. Superstore ke-50 Mitra10 yang dibuka di Shila Sawangan, Depok ini menjadi tonggak sejarah bagi SCG dan CSAP menuju target pembukaan 100 gerai Mitra10 pada tahun 2030 dalam memimpin bisnis ritel modern bahan bangunan di Indonesia.
Wiroat Rattanachaisit, President-SCG Distribution and Retail Business, menjelaskan bahwa sektor perdagangan modern di Indonesia terus tumbuh secara substansial berkat pergeseran perilaku konsumen yang mengedepankan pengalaman berbelanja yang lengkap, terjangkau, nyaman, dan aman (one-stop shopping experience), tidak terkecuali untuk bisnis bahan bangunan.
"SCG secara agresif mendorong pertumbuhan investasi kami melalui ekspansi jejaring ritel modern bahan bangunan di Asia Tenggara, salah satunya melalui Mitra10, raksasa ritel andalan masyarakat Indonesia untuk seluruh kebutuhan rumah, dengan menetapkan target jangka menengah pembukaan 100 gerai Mitra10 di tahun 2030 di seluruh Indonesia," ujarnya, dikutip Jumat (14/6/2024).
Mitra10, pertama kali hadir pada tahun 1997 di Indonesia, hingga hari ini telah berkembang melalui 50 gerai yang tersebar di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sumatra, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi yang mencakup 180.000 meter persegi area penjualan dan 65.000 SKU (Stock Keeping Unit) dari 12 kategori produk home and living termasuk produk-produk SCG seperti Semen SCG, peralatan sanitasi dari COTTO, pipa PVC SCG, ubin keramik, dan beton ringan SCG; mendatangkan lebih dari 1 juta pengunjung setiap bulannya.
Tahun 2023, SCG mengumumkan investasi terbaru senilai Rp265 miliar dalam bentuk pembelian hak memesan efek terlebih dahulu (rights issue) dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Investasi ini akan mengakselerasi pertumbuhan gerai Mitra10 dan memperkuat posisi Mitra10 sebagai Top-of-Mind Brand untuk renovasi rumah bagi masyarakat Indonesia, menegaskan komitmen SCG untuk senantiasa menjadi solusi terdepan bagi setiap kebutuhan pelanggan di Asia Tenggara di berbagai lini.
Bisnis SCG di seluruh area operasi melesat di kuartal pertama 2024 dengan Pendapatan dari Penjualan sebesar Rp54,3 triliun (USD3,5 miliar), meningkat 3% q-o-q, dan EBITDA mencapai Rp5,5 triliun (USD354 juta), naik 16% q-o-q, dengan Laba Bersih Periode sebesar Rp1 triliun (USD68 juta), meningkat Rp1,5 triliun (USD100 juta) q-o-q.