Growthmates, merawat kulit kini tak lagi semata-mata soal mengejar wajah yang lebih cerah atau menghilangkan garis halus. Bagi sebagian orang, skincare justru menjadi bagian dari upaya merawat diri agar proses bertambahnya usia dapat dijalani dengan lebih nyaman dan percaya diri.
Perspektif inilah yang coba dihadirkan melalui CollaSence™ Facial Treatment, perawatan wajah yang memadukan rangkaian skincare berbasis kolagen dengan ritual facial. Treatment tersebut dapat dijajal di House of ULTIMA II, yang berlokasi di Tempo Scan Tower Lobby, Jakarta, dan hadir dalam dua pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit.
Olenka.id sendiri berkesempatan mencoba salah satu rangkaian perawatan tersebut. Menariknya, treatment tidak langsung dimulai dengan penggunaan skincare utama. Kulit terlebih dahulu dipersiapkan melalui sejumlah tahapan, mulai dari pembersihan, eksfoliasi, pijatan, hingga lymphatic massage, sebelum masuk ke rangkaian Pro-Collagen.
General Manager Sales & Marketing ULTIMA II Indonesia, Sully Suharjo, mengatakan, pendekatan tersebut merupakan bagian dari konsep yang ingin dibawa ULTIMA II melalui CollaSence™.
“Melalui CollaSence™ Facial Treatment, kami ingin menghadirkan pengalaman perawatan yang tidak hanya berorientasi pada kulit yang sehat, tetapi juga mengedepankan pentingnya ritual perawatan yang dilakukan secara menyeluruh. Kami percaya bahwa healthy aging merupakan sebuah perjalanan, dan perawatan kulit yang tepat dapat menjadi bagian dari perjalanan tersebut,” jelas Sully.

CollaSence™ Facial Treatment sendiri hadir dalam dua varian, yakni CollaSence™ Age Defense Facial dan CollaSence™ Pro-Youth Facial. Keduanya memiliki fokus yang berbeda sehingga pengguna dapat memilih perawatan berdasarkan kondisi serta kebutuhan kulit.
Age Defense Facial ditujukan untuk membantu merawat tampilan kekencangan dan elastisitas kulit, tekstur, serta garis-garis halus. Rangkaian ini ditutup dengan penggunaan ULTIMA II Procollagen Supreme Caviar. Sementara itu, Pro-Youth Facial lebih diarahkan pada kebutuhan hidrasi, tampilan kulit yang lebih plump, serta membantu merawat elastisitas dan tampilan volume kulit. Pada tahap akhir, digunakan ULTIMA II Procollagen Extrema.
Dokter Aesthetic House of ULTIMA II, dr. Elisa Hadiwijaya, menjelaskan bahwa kedua produk tersebut memiliki sasaran penggunaan yang berbeda.
“Jadi kita ada dua produk sebenarnya. Ada yang ULTIMA II Procollagen Extrema, ada yang ULTIMA II Procollagen Supreme Caviar,” jelas dr. Elisa.

Menurutnya, Procollagen Extrema lebih ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan perawatan untuk membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan sekaligus menjaga hidrasi dan tampilan kulit.
“Yang Extrema ini lebih dikhususkan untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Kemudian untuk lebih menghidrasi kulit, untuk lebih mencerahkan kulit,” ujarnya.
Sementara itu, Procollagen Supreme Caviar lebih diarahkan untuk kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan.
“Kalau Extrema itu ibaratnya untuk yang berusia 20-30 tahun, untuk mencegah (penuaan). Tapi kalau yang berusia 35 ke atas lebih disarankan pakai produk Supreme Caviar,” jelas dr. Elisa.
Ia menambahkan, Supreme Caviar juga ditujukan untuk kondisi ketika tanda-tanda penuaan mulai terlihat.
“Kalau yang Supreme Caviar itu dia lebih advance lagi untuk tanda-tanda aging. Jadi, kalau misalkan udah mulai ada tanda-tanda aging, kerutan-kerutan halus, nah bisa pakai Supreme Caviar ini,” imbuhnya.
Dalam praktiknya, rangkaian facial tidak langsung masuk ke penggunaan produk Pro-Collagen. Nova, therapist ULTIMA II, menjelaskan bahwa tahap awal dimulai dengan membersihkan wajah secara menyeluruh untuk mengangkat sisa makeup, debu, dan kotoran yang menempel di permukaan kulit.
Sebelum masuk ke tahap berikutnya, customer juga diajak menghirup aromaterapi untuk membantu menciptakan suasana yang lebih rileks selama perawatan.
Setelah wajah bersih, therapist melakukan eksfoliasi menggunakan scrub, kemudian dilanjutkan dengan pijatan menggunakan ULTIMA II CHR Gentle Moisturizer. Produk tersebut, menurut Nova, dapat digunakan untuk berbagai jenis dan usia kulit. Tahapan berikutnya adalah penggunaan facial serum, sebelum perawatan dilanjutkan dengan lymphatic massage.
“Kalau untuk lymphatic massage-nya tadi, itu untuk mengurangi puffiness. Jadi kayak kita bangun tidur tuh kan bengkak, jadi mengurangi bengkaknya,” jelas Nova.
Setelah pijatan selesai, wajah diberikan masker. Dalam treatment yang dijajal Olenka.id, Nova menggunakan rangkaian ULTIMA II Hydra Botanic, termasuk Hydrating Essence Mist, sebagai bagian dari tahapan untuk memberikan hidrasi pada kulit.

Menurut Nova, penggunaan beberapa lini produk tersebut merupakan bagian dari rangkaian untuk mempersiapkan kulit sebelum masuk ke tahap utama menggunakan produk Pro-Collagen. Advanced Activator ini berperan sebagai Skin Booster
Dr. Elisa pun menjelaskan, Advanced Activator diaplikasikan lebih awal untuk membantu mempersiapkan kulit sebelum rangkaian skincare berikutnya digunakan.
“Advanced Activator-nya itu dikasih pertama untuk membantu muka kita supaya lebih prepare dan lebih siap menerima skincare yang akan dipakai di rangkaian selanjutnya,” papar dr. Elisa.
Setelah itu, perawatan dilanjutkan dengan serum untuk area mata, wajah, dan leher. Rangkaian kemudian dilengkapi dengan Day Lotion yang telah memiliki SPF 50 dan PA++++, serta moisturizer pada tahap akhir. Adapun, moisturizer tersebut berfungsi sebagai tahap penutup rangkaian skincare.
“Fungsinya buat ngelock. Jadi sebelum dikasih skincare ada activatornya dulu supaya wajah lebih siap dan juga penyerapan yang lebih baik. Kemudian diaplikasikan skincare-nya, kemudian dikunci dengan moisturizer gel yang terakhir itu,” jelas dr. Elisa.
Untuk perawatan di rumah, rangkaian tersebut juga dilengkapi dengan pilihan produk untuk penggunaan siang maupun malam.
Baca Juga: 67 Tahun Jadi The Collagen Expert, ULTIMA II Hadirkan CollaSence, Teknologi Kolagen Generasi Baru