3. Inovasi melalui eco-friendly packaging

Tidak dipungkiri, kemasan skincare menjadi salah satu kontributor sampah di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, konsep keberlanjutan dalam industri kecantikan kini diwujudkan dalam penggunaan kemasan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Tidak sedikit diantaranya juga memberikan benefit bagi konsumen yang mau terlibat dalam upaya brand menerapkan sustainable beauty.

Terkait hal ini pula, Botanical Essentials pun menggunakan botol berbahan rPET atau plastik PET yang dihasilkan dari proses daur ulang menggunakan berbagai beauty brand dan kemasan minuman. Konsumen dapat mendukung movement ini dengan menukarkan empties bottle di waste box Botanical Essentials dan mendapatkan hadiah menarik. Kegiatan ini bisa konsumen lakukan di pop-up booth Botanical Essentials, di Grand Indonesia West Mall 2nd floor.

4. Pemberdayaan industri lokal dan komunitas sekitar

Dengan membeli produk lokal, konsumen secara tidak langsung mengurangi jejak karbon dari transportasi dan produksi jarak jauh, serta memberi dukungan finansial kepada pengusaha dan industri manufaktur lokal. Begitu juga dengan program pemberdayaan komunitas sekitar yang sering dilakukan oleh brand kecantikan, yang dapat merangsang pertumbuhan bisnis lokal dengan menciptakan lapangan kerja.

Botanical Essentials, diproduksi dan dikembangkan di Indonesia, dengan memanfaatkan resources dalam negeri. Bersama Givaudan, Botanical Essentials memberdayakan petani lokal untuk memproduksi beberapa variannya seperti patchouli dan vetiver.

Botanical Essentials juga berkolaborasi dengan Liberty Society, yang memberdayakan kaum marginal untuk memproduksi merchandise ramah lingkungan. Hingga saat ini, terdapat 645 tote bag dan 20.000 pouch yang dipakai oleh konsumen Botanical Essentials, berkat keterampilan dari 15 perempuan pengungsi.

Tren conscious beauty pada konsumen atau kepedulian mereka terhadap kecantikan menyeluruh, termasuk lingkungan, diprediksi akan berlanjut sepanjang 2024. Hal ini juga menjadi komitmen Botanical Essentials melalui inovasi yang mereka lakukan untuk memperkaya pilihan konsumen dalam merawat kesehatan kulit dan bumi.

Lydia, Product Development Botanical Essentials, mengatakan bahwa konsumen perlu dilibatkan dalam kedua hal ini, untuk membangun bisnis kecantikan yang berkelanjutan.

“Botanical Essentials mengusung konsep kind to the skin, kind to the world dalam mengembangkan varian produknya. Mulai dari rangkaian body care seperti body wash, hand wash, body lotion, dan body oil, hair care seperti hair shampoo dan hair conditioner, hingga hand sanitizer dan linen spray. Semuanya kami kembangkan dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip keberlanjutan,” ungkapnya, dalam keterangan resminya kepada OLENKA, belum lama ini.

Semoga informasinya bermanfaat, ya, Growthmates!