Lakukan ekspansi dan Inovasi Produk

Bisnis kuliner yang dijalankan Rizka dan suaminya ini nyatanya tak hanya menyasar Kota Bogor saja. Namun, sudah ekspansi ke kota-kota lain dengan mengusung makanan khas lokal, bertema Nusantara.

Di Surabaya, misalnya, sejoli ini meluncurkan produk Lapis Kukus Pahlawan sejak 2016. Lalu, untuk pasar Jadetabek, diluncurkan Lapis Botani. Pada 2017, Bolu Susu Lembang diluncurkan di Bandung untuk menggebrak dominasi pilihan kuliner di Kota Kembang dalam bentuk bolu kukus.

Adapun Bakpia Kukus Tugu Jogja diluncurkan di Yogyakarta dan menjadi merek fenomenal yang selalu dicari pelancong jika datang ke Kota Pelajar.

Lalu, tahun 2018, Kota Malang menjadi tempat diluncurkannya Bolu Malang Singosari dengan citarasa bolu kukus, berpadu dengan bahan-bahan khas Malang, yaitu ubi ungu dan apel malang. Tak pelak lagi, omzet bulanan bisnis yang digeluti Rizka ini sudah mencapai hitungan puluhan miliaran.

Lebih lanjut, Rizka percaya bahwa inovasi, kualitas, dan nilai budaya serta keunikan lokal yang dihadirkan oleh Agrinesia merupakan kunci mengapa ia bisa bertahan dari persaingan bisnis oleh-oleh lain di luar sana.

Rizka pun berharap bisa terus bersama mengembangkan usaha yang sudah dirintis dari nol bersama suaminya. Mereka ingin pengalaman mereka dalam membangun bisnis bisa menjadi inspirasi bagi pasangan-pasangan ataupun individu lain yang sedang berjuang merintis usaha.

Kini, target pasangan muda yang memilih resign dari perusahaan papan atas itu adalah melantai di bursa dan ekspansi ke kancah internasional.

Penghargaan

Keberhasilan Rizka mengembangkan Agrinesia menuju pertumbuhan yang sukses akhirnya diganjar sederet penghargaan bergengsi. Salah satunya adalah Best CEO in Emerging Growth Company 2023 dan Best Company To Work in Asia 2022.

Lewat penghargaan itu pula, Rizka berhasil membuat bisnis yang berawal dari industri rumahan ini, menjadi perusahaan yang mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada di tengah kondisi pasar yang semakin dinamis.

Tak hanya itu, beberapa produk oleh-oleh besutan Rizka pun beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kuliner legendaris Indonesia. Selain itu, bisnis ini juga menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha muda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner.

Tips Sukses

Saat awal merintis usaha, Rizka mengaku, mengenalkan lapis talas ini merupakan sebuah tantangan besar baginya. Oleh karena itu, Rizka terus meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap Lapis Bogor Sangkuriang ini.

“Kita juga terus tingkatkan brand awareness terhadap Lapis Talas Sangkuriang sebagai ‘Pertama dan Terbesar’ sesuai tagline-nya,” ungkapnya.

Kini, untuk menghadapi berbagai tantangan lainnya, perusahaan ini menerapkan sejumlah strategi. Seperti di 2024 lalu, Agrinesia memiliki tiga prioritas kunci, yakni elevate the brand, channel, and product; expand the market and category; serta, unleash the potential from within, untuk bisa meraih kembali kemenangan dengan baik.

Lalu, menyoal tips sukses menjalankan bisnisnya, Rizka menjawab bahwa sebagai pebisnis haruslah fokus. Ia belajar banyak dari pengalamannya dulu, yang tak fokus ke satu bidang bisnis, dan akhirnya gagal.

Di samping itu, kata Rizka, manajemen keuangan juga memegang peranan penting dalam kelancaran berbisnis. Selain itu, kata Rizka, salah satu kunci sukses dalam membesarkan bisnis oleh-oleh adalah kolaborasi dengan pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan berkaitan pariwisata.

“Komitmen untuk terus berinovasi, menjaga kualitas, dan menjamin kepuasan konsumen menjadi semangat kami untuk terus menghadirkan produk terbaik,” tandas Rika.

Baca Juga: Mengenal Sosok Nanik Soelistiowati, Pengusaha Sukses di Balik Pisang Goreng Madu Bu Nanik