Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT MD Pictures Tbk (FILM) menyetujui rencana perubahan nama perusahaan menjadi PT MD Entertainment Tbk. Perubahan nama tersebut tidak diikuti dengan perubahan kegiatan usaha perusahaan.oan.
Pada 2023, FILM mencatatkan kinerja positif pada 2023 dengan capaian laba sebesar Rp95,3 miliar. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp25 per lembar saham dibagikan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham. Penjualan film dari digital memiliki kontribusi terbesar Rp177,5 miliar atau sebanyak 52,51% dari total pendapatan segmen film, dan didukung pendapatan film layar lebar sebesar Rp148,3 miliar.
Baca Juga: 11 Ide Bisnis Sampingan untuk Para Introvert, Bisa Dikerjakan Online!
MD Pictures juga mencatatkan Kas dan Setara Kas Perusahaan yang positif di tahun 2023 sejumlah Rp518 miliar mengalami kenaikan sebesar 27,90% atau naik sejumlah Rp113 miliar dibandingkan tahun 2022, yang didukung oleh film "Sewu Dino" yang menjadi film lokal dengan pendapatan tertinggi untuk tahun 2023. Direktur Utama MD Entertainment, Manoj Punjabi, menyatakan bahwa pesatnya pertumbuhan layanan digital mendorong persaingan di sektor over the top saat ini sangat ketat.
"Tantangan ini tentu membuat kami untu semakin kuat berkomitmen menyuguhkan hasil karya terbaik agar di sektor bioskop MD Entertainment tetap berada di garis terdepan di industri. Terbukti pada 2023, dua film produksi MD Entertainment, "Sewu Dino" dan "Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul," berhasil masuk dalam jajaran 12 besar dan meraih pangsa pasar sebesar 21% untuk kategori film blockbuster lokal. Selain itu, kemitraan strategis dengan Lionsgate juga semakin memantapkan posisi MD Entertainment di industri perfilman serta memperkuat jangkauan pasar lokal dan internasional yang lebih luas," pungkasnya, dilansir pada Kamis, 4 Juli 2024.
Dalam public expose yang diselenggarakan setelah RUPS, FILM memaparkan kinerja kuartal pertama di tahun 2024 (Q1-2024) yang mencatat pencapaian penting dengan merilis prekuel yang sangat dinanti dari film lokal terlaris "KKN: Di Desa Penari" berjudul "Badarawuhi: Di Desa Penari", film tersebut berhasil menarik perhatian lebih dari 3,5juta penonton dalam negeri dalam waktu kurang dari tiga minggu sejak perilisannya sehingga mencapai 4.013.558 jumlah penonton.
“Melalui film-film yang akan kami hadirkan, MD Entertainment tetap teguh pada komitmen untuk menyediakan konten berkualitas bagi masyarakat luas dan juga memberikan nilai bagi para pemegang saham," tambah Manoj.
Yang terbaru, pada 13 Juni lalu MD Entertainment merilis film terbarunya berjudul ‘Ipar adalah Maut’ disambut antusiasme tinggi dari masyarakat hingga mampu menembus lebih dari 3,5 juta penonton pada hari ke-17 tayang. Film yang diadaptasi dari kisah nyata yang viral di Tik Tok ini mampu menduduki posisi teratas box office tahun 2024 dan masih terus bertambah.
“Film-film yang kami produksi tidak hanya memenuhi preferensi pasar, tetapi juga menunjukkan pendekatan inovatif MD Entertainment dalam pembuatan film,“ ungkap Manoj Punjabi.